Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Cara Terbaik Meningkatkan Peringkat Kata Kunci Google



Pada satu titik dalam karier sebagai blogger, pasti pernah bertanya hal yang persis.


Bagaimana sih teknik meningkatkan peringkat kata kunci atau keyword di Google?


Mungkin anda sudah membuat 10 artikel, 100 artikel atau lebih. Kemudian melakukan optimasi halaman, maupun sudah membangun backlink. 


Lantas mengapa sulit sekali masuk page one Google hingga saat ini?


Itulah yang nantinya dibahas dalam konten ini. 


Siapkan perlengkapan anda. Baik itu perangkat komputer, paket data, buku tulis dan hal lainnya. 


Pada konten ini dibahas teknik meningkatkan peringkat kata kunci Google secara tuntas.


Ok. Mari kita lanjutkan.



Mengapa Sih Peringkat Situs Website Maupun Blog Google Anda Begitu Penting 


Meningkatkan Peringkat Kata Kunci



Sudah menjadi rahasia umum bila mesin pencari Google memproses jutaan hingga miliaran permintaan setiap harinya.


Pertanyaannya: Berapa besar traffic yang bisa blogger dapatkan termasuk anda?


Bila sebelumnya anda belum mengenal SEO. Jawabannya jelas NOL BESAR.


Saya bisa memahami bila blogger baru mungkin menghindar dari SEO. 


Alasannya, ya memang betul SEO itu lumayan membuat anda pusing.


Namun sebenarnya SEO sangat berguna bagi website maupun blog. 


Dengan SEO bisa membuat kata kunci berada di posisi teratas Google.


Tidak perlu khawatir. Konten ini dibuat untuk menunjukkan teknik meningkatkan peringkat kata kunci di mesin pencari Google. 


Lantas Apa Bedanya Konten Ini Dari yang Lain?


Ok kita lanjutkan. Mungkin ini bukanlah panduan SEO pertama kali yang anda baca.


Pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai Penelitian Kata Kunci kemudian Tools Kata Kunci serta cara Meningkatkan Pengunjung Blog


Setelah anda terapkan berhari-hari dan melakukan eksperimen berulang kali. Tetap saja tidak memberikan hasil terbaik. 


Mungkin anda juga pernah mencoba teknik SEO lainnya di website lainnya. Namun tetap tidak memberikan hasil memuaskan.


Hal tersebut bukan berarti konten mereka hanya omong kosong. Hanya saja sebagian besar konten tersebut ditulis berdasarkan “opini bukan fakta”.


Banyak yang membahas tips & trik SEO pada website mereka. Padahal belum mendapatkan hasil dari tips & trik tersebut.


Padahal untuk meningkatkan peringkat kata kunci Google dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya yakni:


- Target kata kunci yang anda pilih

- Daya saing niche blog maupun website anda

- Produk maupun layanan yang anda miliki

- Potensi peringkat kata kunci pada blog anda

- Kemudian tujuan anda


Perlu saya sampaikan: 

Sebenarnya tidak ada strategi satu ukuran untuk SEO. Semuanya harus bisa disesuaikan dari internal maupun eksternal sehingga sesuai dengan kebutuhan blog anda.

Berikut ini langkah yang perlu anda pahami. Terlebih dengan tujuan memperkuat pengetahuan anda tentang SEO.


Cara Terbaik Meningkatkan Peringkat Kata Kunci Google 

Meningkatkan peringkat kata kunci memang hal penting bagi semua blogger. 


Begitu banyak aspek yang harus diperhatikan bila kata kunci bisa bersaing di mesin pencari Google. 


Bahkan hal ini juga yang nantinya mempengaruhi persaingan dengan kompetitor.


Pada konten ini bakal dijelaskan bagaimana kamu bisa melakukan hal tersebut dengan mudah. Simak terus konten ini hingga selesai.


1. Terus Membaharui Pengetahuan Tentang Algoritme Google 


Hal pertama dan sangat penting. Pada dasarnya algoritme mesin pencari berada pada kondisi fluks yang konstan. 


Maka dari itu dianjurkan untuk membaharui konten lama agar tetap relevan. 


Jelas cukup sulit mengetahui kapan algoritme Google di update. Bila konten lama anda tidak di perbaiki jelas bisa menjadi malapetaka. 


Bahkan bisa menghilangkan peringkat kata kunci pada konten sebelumnya.


Apakah anda tidak terbiasa dengan sistem kerja algoritme mesin pencari Google?


Posting resmi dari Google ini mungkin bisa membantu anda memulai menerapkan perubahan algoritme.


Maka dari itu, ketika ada pembaruan dari algoritme Google. Sebaiknya lakukan identifikasi kesalahan yang ada pada blog anda. 


Kemudian perbaiki kesalahan dengan pola baru sesuai algoritme update. 


Ketika ada pembaruan dari algoritme Google. Sebaiknya anda bergerak cepat mengetahui beberapa hal yang sudah update. 


Pada kondisi ini saya menyarankan anda menggunakan Google Alerts


Tujuannya agar mengetahui pembaruan yang sudah dilakukan mesin pencari Google.



2. Temukan Kata Kunci yang Sudah Peringkat di Website Maupun Blog 


Bisa saya pastikan. Ada dua tipe orang yang membaca konten ini. Yakni:


• Kalangan yang baru memulai blog

• Kalangan yang sudah memulai blog. Serta melakukan SEO. Namun tidak mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.


Bagi kalangan yang baru memulai blog, maka bisa melewatkan langkah ini. 


Hal yang perlu anda lakukan hanya mencari kata kunci ekor panjang. Sering juga dikenal dengan sebutan long tail keyword.


Pada konten sebelumnya pernah dibahas mengenai Menulis Artikel Blog Berkualitas


Serta Tools Kata Kunci yang membantu membuat konten hebat. 


Bila anda sudah selesai melakukan hal tersebut. Silahkan lanjutkan pada langkah ke-3. Dari situ pekerjaan anda benar-benar dimulai.


Bagi anda yang ingin mengetahui peringkat kata kunci yang ditargetkan sebelumnya. 


Cukup mudah sebenarnya untuk dilakukan. Cukup menggunakan tools terkenal yakni SEMrush.


Dengan SEMrush anda bisa melakukan identifikasi kata kunci organik yang sudah mendapatkan peringkat di mesin pencari Google.




3. Coba Urutkan Kata Kunci Tersebut Sesuai dengan Kesulitan Kata Kunci 


Sebelum melangkah terlalu jauh. Mari kita memperjelas satu hal.


Apabila anda memiliki kata kunci dengan persaingan rendah. Sebenarnya anda tidak perlu membuat urutan terhadap kata kunci tersebut.


Ketika kata kunci yang anda miliki dengan persaingan rendah. Pada dasarnya cukup mudah membuat mereka berada di halaman kedua hingga halaman kelima.


Tetapi bila anda merupakan blogger pemula. Dalam artian baru membangun blog. 


Sebaiknya memilih kata kunci dengan persaingan rendah. Tujuannya agar SEO pada blog bekerja dengan baik. 


Maupun bisa membangun otoritas blog di mesin pencari Google.




4. Coba Tentukan Nilai Bisnis Dari Kata Kunci


Sebaiknya tidak menutup tools pelacak kata kunci terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang bisa kita bahas.


Tujuan anda tetap berada pada tools pelacak kata kunci agar bisa mencocokkan konten dengan maksud tujuan sebelumnya. 


Bahkan hal ini sudah di bahas juga pada konten sebelumnya. Yakni berkaitan dengan Mengurangi Tingkat Pentalan Blog


Pada dasarnya, permintaan mesin pencari didorong oleh satu dati tiga niat. Kemungkinan yakni:



• Informasi 


Ketika pencarian dilakukan untuk tujuan mendapatkan informasi. Maka pengguna tidak perlu tertarik pada pembelian salah satu produk yang dijual. 


Sebagian besar waktu audient tertuju pada informasi tertentu. Bahkan mereka lebih suka melakukan hal tersebut secara gratis.



• Navigasi 


Bila permintaan dari pencarian berisi sebuah istilah maupun nama merek. Maka hal tersebut menandakan bila audient tahu yang mereka inginkan. 


Maka dari itu mesin pencari berfungsi sebagai navigasi pada halaman tertentu pada blog maupun website.



• Transaksional


Transaksional ini hanya dilakukan bila audient ingin menyelesaikan masalah keuangan. 


Hal ini bertujuan agar audient lebih mudah menerima produk maupun layanan berbayar yang dikirim dari pihak website.


Sebenarnya anda tidak perlu menjadi ahli. Terlebih untuk mengetahui kata kunci transaksional dengan nilai bisnis cukup banyak.


Bahkan tidak menjadi masalah bila anda ingin Menghasilkan Uang Dengan Blog. Baik itu menggunakan Pemasaran Afiliasi, dan jenis lainnya. 


Sebenarnya audient lebih bersedia membayar maupun mengambil langkah selanjutnya. 


Hal ini yang bisa membantu untuk monetisasi blog hingga menghasilkan uang.




5. Coba Analisis Hasil SERP


Saat ini anda sudah memiliki sebuah gagasan. Yakni mengetahui niat audient di balik kata kunci yang anda targetkan.


Pertanyaannya:

Apakan anda bisa mencocokkan harapan audient dengan strategi konten yang tepat?


Bila anda ingin mendapatkan peringkat pada kata kunci yang sudah ditargetkan. Maka harus menempatkan pengalaman audient di atas segalanya. Yakni menulis topik yang relevan.




6. Buat Konten SEO Friendly


Konten yang ditulis dengan kaidah SEO mampu membuat posisi konten berada di posisi atas mesin pencari Google. 


Itulah alasan saya menulis konten sebelumnya yang berkaitan dengan Konten SEO


Cukup mudah sebenarnya membuat konten sesuai kaidah SEO. Lebih ringkasnya sebagai berikut ini:



Pastikan Kalimat Setiap Paragraf Lebih Pendek


Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa saya membuat kalimat paragraf pendek pada semua konten di blog ini. 


Anda bisa memeriksa sendiri pada semua konten pada blog ini. Bisa dipastikan setiap paragraf tidak melebihi 30 kata.


Alasannya agar konten mudah dibaca serta mudah dipahami audient. Ingat menulis pada blog berbeda ketika anda membuat tulisan seperti buku, novel dan lainnya.



Pastikan Konten Mudah di Pindai


Sekalipun paragraf anda sudah dibuat ringkas. Hal tersebut belum bisa menjamin audient membacanya secara keseluruhan.


Coba pikirkan hal ini. Apakah yang anda lakukan ketika menemukan posting blog dengan paragraf cukup panjang?


Saya pribadi, jelas langsung menggulir seluruh posting agar bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. 


Sampai saat ini, masih banyak para blogger menulis konten dengan paragraf panjang. Bahkan cukup sulit memahami makna dalam kalimat.


Guna mengatasi permasalahan ini. Bisa saja anda membuat sub judul pada konten yang ditulis. Dalam artian memberikan H2, dan seterusnya.



Tambahkan Visual Pada Konten


Lagi dan lagi perlu saya ingatkan. Bila sebelumnya juga pernah dibuat saya tulis posting terkait Konten Membutuhkan Visual.


Bila memang anda tidak memiliki kemampuan membuat visual untuk konten. Bisa saja menggunakan bantuan web khusus.


Visme merupakan web khusus yang bisa anda gunakan untuk membuat visual posting blog. Baik itu berupa teks, grafik dan bentuk lainnya.



Tambahkan Kata Kunci LSI


Agar konten yang anda semakin relevan. Bisa saja menambahkan kata kunci LSI di dalamnya. 


Namun pastikan kata kunci LSI tersebut relevan dengan kata kunci utama.


Perlu anda pahami bila kata kunci LSI dapat mempengaruhi peringkat konten di mesin pencari Google. 


Hanya saja penggunaannya juga harus sesuai. Dalam artian tidak memaksakan penggunaannya dalam konten. 


Untuk menemukan Kata Kunci LSI. Anda bisa menggunakan situs LSIkeyword.com untuk mendapatkannya. 


Bisa juga menggunakan beberapa Ekstensi Google Chrome seperti sudah ditulis pada posting sebelumnya.




7. Buat Judul Posting yang Hebat


Kurang cukup sebenarnya bila konten SEO tidak menyertakan judul posting yang hebat. 


Dalam artian bisa membuat audient berfikir ketika membaca judul posting anda.


Sangat mudah bagaimana anda bisa membuat judul posting yang hebat. 


Yakni bisa menggunakan CoSchedule Headline Analyzer. Hal ini pernah saya bahas pada posting sebelumnya yakni Cara Menggunakan CoSchedule.




8. Berikan Konten Internal Link


Berbicara tentang ilmu SEO. Ada hal menarik yang perlu anda ketahui. 


Yakni membuat audient betah di situs anda. Tekniknya dengan menambahkan internal link.


Internal link tersebut bisa mengarahkan audient tetap berada pada situs anda. Hanya saja dengan topik yang berbeda. 


Namun tetap berkaitan dengan topik sebelumnya yang sudah dibaca. Maka dari itu cukup penting memberikan internal link relevan. 


Internal link juga teknik mengarahkan audient pada konten anda yang lebih banyak. 


Dengan demikian konten yang sudah lama posting tetap mendapatkan traffic. 


Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat internal link dalam konten. Diantaranya yakni:


• Pastikan internal link dengan jumlah yang sesuai dalam satu konten


Terlalu banyak internal link dalam konten bisa membuat audient sulit memahami topik yang dibaca sebelumnya. 


Maka dari itu cukup masukkan internal link yang masuk akal. Dalam artian masih relevan dengan topik sebelumnya.



• Pastikan internal link terbuka di tab baru browser


Ketika internal link terbuka di tab baru pada browser. Otomatis audient masih bisa membaca konten sebelumnya tanpa melakukan klik berulang kali. Hal ini bisa di setting pada WordPress maupun BlogSpot.



• Jelaskan internal link pada audient


Ada baiknya menyampaikan manfaat ketika audient melakukan klik pada internal link tersebut. 


Hal ini nantinya bisa mempengaruhi klik tayang dalam blog.




9. Lakukan strategi SEO lainnya dalam halaman blog


Pada dasarnya internal link hanyalah salah satu strategi SEO On-Page. Masih ada lagi strategi lainnya yang perlu diperhatikan.


Perlu anda ingat bila SEO terdiri dari beberapa bagian yang bergerak. 


Bila anda ingin mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. 


Maka tidak bisa melewatkan faktor SEO lainnya di halaman blog. Apalagi dengan tujuan menembangkan konten yang sudah dibuat sebelumnya.


Di bawah ini beberapa hal yang perlu diterapkan dalam halaman blog. Terlebih pada konten yang sedang di buat.



- Pastikan setiap gambar yang terpasang sudah dioptimalkan. 

Mengoptimalkan bisa saja dengan mengubah ukuran gambar lebih kecil. Namun tidak menurunkan kualitas aslinya.


- Pastikan kata kunci target diletakkan ditempat yang sesuai. 

Dalam artian tidak memaksakan peletakan kata kunci dalam konten.


- Pastikan eksternal link sudah sesuai. 

Ketahui dengan pasti kapan konten anda membutuhkan eksternal link.


- Pastikan kecepatan blog sudah maksimal. 

Uji kecepatan blog anda dengan tools terpercaya. Bila masih kurang cepat. Segera perbaiki kesalahan yang ada.


- Pastikan juga blog anda ramah terhadap perangkat seluler. 

Beberapa poin di atas mungkin membuat anda sakit kepala mendadak. 


Tenang sebenarnya tidak sulit seperti yang anda bayangkan. Semakin sering anda latihan, beberapa poin di atas bukan lagi masalah besar.




10. Perbaiki dan Promosikan Konten 


Perlu di pahami. Bila posisi teratas Google tidak selamanya permanen. 


Maka dari itu terus lindungi posisi teratas anda. Caranya dengan memperbaiki konten lama dan lakukan promosi kembali.


Alih-alih membuat konten baru setiap hari di blog. Ada baiknya memperbaiki konten lama anda. 


Tujuannya agar konten tersebut selalu relevan setiap waktunya.


Jelas memperbaiki konten lama dan melakukan promosi kembali berdampak pada otoritas blog.




Kesimpulan 


Bila anda membaca konten ini dari awal hingga akhir. Satu hal yang ingin saya sampaikan. 


Selamat anda sudah dilengkapi dengan semua hal yang diperlukan untuk meningkatkan SEO blog.


Semoga dengan penjelasan pada konten ini bisa memperbaiki posisi blog anda di mesin pencari Google. 


Terlebih bisa meningkatkan kata kunci target yang anda miliki sebelumnya.


Akhir kata, semoga anda mendapatkan keberuntungan. Dan mendapatkan otoritas blog yang lebih baik.


Salam Blogger.

Post a Comment for " 10 Cara Terbaik Meningkatkan Peringkat Kata Kunci Google "