Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Metode Utama Penelitian Kata Kunci Blog Dan Website



Metode Utama Penelitian Kata Kunci Blog


Penelitian Kata Kunci – Merupakan tindakan yang tidak bisa dilupakan bila memang ingin menghasilkan lalu lintas besar.

Hal tersebut tentunya bisa mendorong otoritas blog maupun website pada tingkat yang lebih baik. Bahkan bisa mencapai posisi teratas mesin pencari Google.

Bagi anda yang sedang mencari metode lengkap untuk penelitian kata kunci. Anda sudah berada pada tempatnya. 

Artikel ini akan membahas bagaimana melakukan riset keyword. 

Dengan tujuan agar bisa meningkatkan pencarian organik setiap saat pada blog maupun website anda.



Mari kita mulai melakukan hal tersebut….



Metode Utama Penelitian Kata Kunci Blog Dan Website

Apakah kamu sudah tahu dengan jelas? atau belum mengerti sepenuhnya? 

tenang pada konten ini bakal memberi jawaban ke kamu. 




Apa Sebenarnya Maksud Dari Riset Kata Kunci?

Sebelum masuk dalam metode utama penelitian kata kunci, ada baiknya mengetahui hal paling mendasar terlebih dahulu.

Penelitian kata kunci merupakan pilar penting dari kampanye SEO hingga sukses.

Hal tersebut tentunya dengan tujuan mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari audient. Terlebih menggunakan mesin pencari Google.

Kemudian tidak terlepas untuk meningkatkan otoritas blog lebih baik. Hingga bisa menduduki posisi teratas Google dengan kata kunci tertentu.

Tepat setelah mendapatkan kata kunci yang ditargetkan, segeralah membuat sebuah konten yang tentunya di sukai mesin pencari Google.

Menulis Konten SEO tentunya tidak bisa terlepas juga dari pemilihan kata kunci yang tepat. Akan percuma isi konten berbicara panjang lebar namun tidak menerapkan kata kunci dengan baik. 

Bahkan tidak bisa menduduki minimal 10 urutan halaman pertama Google.

Tentunya anda pasti ingin memiliki otoritas baik di Google dari setiap konten yang di publish. Hal ini bukan hanya diinginkan blogger pemula, namun juga menjadi tujuan dari blogger senior.


Terus lanjut membaca artikel ini bila itu menjadi tujuan anda…


Secara teori melakukan penelitian kata kunci cukup mudah dilakukan. Tetapi pada dasarnya tidak semudah yang anda bayangkan. 

Terlebih bila kurang memiliki pemahaman mendalam terkait metode utama yang harus dijalankan.

Penelitian kata kunci tentunya tidak bisa dilakukan hanya sebentar. Perlu meluangkan waktu lebih banyak guna mendapatkan hasil maksimal.

Ada satu hal yang sering dilakukan pakar SEO ketika mendapatkan kata kunci pilihan. Yakni dengan melakukan pengelompokan setiap kata kunci yang sudah diperoleh sebelumnya.

Perhatikan gambar di bawah, hasil pengelompokan kata kunci yang sering dilakukan para pakar SEO. 


Penelitian kata kunci



Bisa anda perhatikan hasil pada gambar. Penelitian kata kunci serta peletakan yang sesuai akan memberikan hasil memuaskan di mesin pencari Google.

Tentunya anda juga bisa mendapatkan hasil seperti itu. Hanya saja perlu terus melakukan latihan, dan menerapkan apa yang disampaikan dalam konten ini. 


Mari kita lanjut….


Berikut ini metode yang bisa digunakan untuk menarik banyak pengunjung pada blog maupun website anda:

Namun perlu diketahui, bila ini tidak ada kaitannya dengan seberapa banyak jumlah konten yang anda terbitkan.

Maupun bukan hanya tentang kualitas konten yang anda publish pada blog maupun website. 

Lalu apa sebenarnya tujuan pembahasan ini?

Semua ini berkaitan dengan seberapa cerdas anda untuk mendekati penelitian kata kunci.

Apakah anda benar-benar ingin mengetahui penelitian kata kunci dengan baik. Jangan berhenti pada kalimat ini, terus lanjutkan untuk membaca artikel ini hingga tuntas.


Jenis-Jenis Penelitian Kata Kunci

Selanjutnya kita akan pergi pada inti pembahasan konten ini.

Penelitian kata kunci pada dasarnya memiliki dua jenis metode. Diantaranya metode “Tradisional” serta metode “Kompetitif.

Kedua metode tersebut tentunya berbeda, namun bisa membantu untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai untuk membuat sebuah konten.


a. Metode Tradisional

Melalui metode tradisional ini nantinya anda bisa mendapatkan kata kunci seed. Kata kunci ini merupakan sebuah kata kunci ekor pendek.

Secara keseluruhan didapatkan setelah mengekstrak kata kunci ekor panjang serta kata kunci ekor menengah, yang mana dengan tujuan memperoleh kata kunci unggulan yang sedang anda cari.

Tujuan utama hal tersebut tentunya tidak terlepas untuk mencapai peringkat dengan mudah, serta mendapatkan pencarian organik lebih banyak lagi setiap waktu.

Untuk mengidentifikasi kata kunci tersebut, tentunya anda membutuhkan metrik yang mana sudah tersedia di berbagai Tools Kata Kunci

Silahkan anda sesuaikan tools apa yang ingin anda gunakan dan menjadi unggulan anda selama ini. 

Perhatikan gambar di bawah, berkaitan dengan penelitian kata kunci menggunakan metode tradisional menggunakan Ubersuggest.


Tools riset kata kunci



Pada bilah kiri anda bisa melihat daftar dari saran kata kunci yakni untuk kata kunci seed “Pemasaran Konten.

Perhatikan setiap halaman yang muncul. Kemudian analisis apakah anda bisa mendapatkan peringkat tinggi dengan kata kunci tersebut.

Metode tradisional ini merupakan penelitian kata kunci yang bagus digunakan kalangan pemula. 

Misalnya saja belum memiliki konten sebelumnya dan baru ingin memulai membuat beberapa konten dengan kata kunci yang ditargetkan.

Hanya saja yang menjadi kelemahan ketika menggunakan metode tradisional, yakni tidak akan bisa mendapatkan info yang berkaitan dengan kompetitor.

Maka dari itu akan diberikan metode kedua. Termasuk bisa melengkapi kelemahan metode sebelumnya.


b. Berbasis Pesaing

Berbeda dengan metode tradisional. Menggunakan cara ini anda bisa menemukan ide dari kata kunci yang sudah diperingkat kompetitor.

Cukup memasukkan URL kompetitor pada Ubersuggest, maka akan ditampilkan hasil pencarian yang anda lakukan. Bahkan lebih lengkap dari metode sebelumnya.

Perhatikan peringkat setiap kata kunci dan lakukan analisis pada mesin mencari. Biasanya berkaitan dengan posisi SERP.

Pastikan ekstrak kata kunci sudah dilakukan dengan benar agar anda bisa membuat konten yang diinginkan.

Bila kompetitor mampu menduduki peringkat tinggi pada kata kunci tertentu. Tentunya anda juga bisa mendapatkan hal tersebut.

Namun ketahuilah bila jenis penelitian kata kunci ini hanya akan berfungsi bila memiliki blog maupun website mapan. Yakni dengan peringkat halaman terhadap pencarian tertentu.

Sebaiknya anda menggunakan Tools Kata Kunci versi premium. Terlebih bila ingin mendapatkan berbasis pesaing. Versi premium bukan hanya bermanfaat untuk membuat konten saja. 

Bisa juga digunakan untuk membuat judul video YouTube, bila memang anda menjalankan pekerjaan tersebut.

Tetapi harga versi premium bisa dikatakan masuk dalam kategori mahal.

Tetapi kelemahan tersebut tentunya tidak menghilangkan fakta bila penelitian kata kunci pesaing merupakan pendekatan lebih baik dalam waktu panjang.


kata kunci (keyword)



Gambar yang tercantum di atas menggunakan tools Ahrefs. Perhatikan hasil penelitian yang dilakukan dan yang mendapatkan peringkat di mesin pencari Google.

Dari tampilan gambar anda bisa melihat kesulitan dari setiap kata kunci. Serta bisa melihat posisi teratas pencarian organik.

Nanti akan dijelaskan cara untuk menjalankan riset kata kunci yang berbasis pesaing. Yakni menggunakan tools Ahrefs dan tools lainnya.

Hal lain yang perlu anda ketahui yakni menentukan nilai dari kata kunci. Terutama yang berdasarkan variabel berbeda. Hal penting tersebut akan dibahas secara tuntas dalam artikel ini.


Faktor Dari Penelitian Kata Kunci

Apakah anda tahu mengapa penelitian kata kunci cukup sulit? Berikut ini alasannya:

Pada dasarnya tidak ada kata kunci yang sama.

Sekalipun kata kunci yang digunakan sama, tentu kedua penggunaannya memiliki keunikan tersendiri. Misalnya variasi penempatan, banyaknya kata kunci yang muncul dalam konten dan lainnya.

Dengan menggunakan informasi yang diberikan ini, anda bisa mempersempit daftar kata kunci yang sudah didapatkan. Sehingga nantinya bisa memberikan manfaat bagi anda.

Manfaat yang dimaksudkan yakni: “Manfaat mendapatkan kata kunci volume pencarian tinggi serta dengan persaingan rendah.”

Melakukan hal tersebut tentunya tidak bisa dilakukan dengan cara otomatis. Namun anda diharuskan melakukan analisis secara manual, kemudian harus dilakukan dengan faktor-faktor berbeda.


Berikut ini beberapa faktor yang dimaksudkan. Diantaranya yakni:


1. Cari Secara Intent 

Demi melakukan penelitian kata kunci lebih efektif, anda diharuskan bisa menemukan kata kunci yang sering dicari audient. 

Tujuannya agar audient bisa menemukan blog atau website anda saat ini. Maka dari itu anda harus paham akan maksud pencarian.

Melalui penelitian kata kunci maksud pencarian yang sangat sesuai dengan blog yang dikelola, hal tersebut sama saja dengan mengarahkan lebih banyak lalu lintas (traffic) pada sebuah blog.

Efek dari hal tersebut bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan pelanggan email dan hal lainnya.



2. Informasi 

Secara otomatis kebanyakan kalangan akan mengetik kata kunci tertentu, terlebih bila ingin mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang sedang dicari

Contohnya seperti pencarian kata kunci “Menjual Sepatu”. Namun dari kata kunci tersebut masih belum jelas apa tujuan audient.

Maka dari itu sangat diperlukan anda menjawab pertanyaan seperti: “Apa sebenarnya yang akan dipelajari audient terhadap topik tersebut?

Ketahuilah pada dasarnya semua kata kunci akan dimulai dengan kata interogatif. Biasanya disebut dengan istilah 5W, yakni: 

(What, Who, When, Where), kemudian dengan 1 H (How).

Dalam artian bahasa Indonesia yakni: (Apa, Siapa, Kapan, Dimana). 1 H (Bagaimana).

Hal tersebut bisa ditemukan menggunakan layanan Ahrefs. Perhatikan gambar di bawah.


menemukan kata kunci



Lakukan filter kata kunci untuk melihat informasi lebih detail. Lakukan seperti gambar berikut.


tools penelitian kata kunci



Kemudian anda bisa melihat daftar kata kunci yang berkaitan dengan penjualan sepatu. Yakni yang dimulai dengan 5W serta 1 H.


keyword



Perlu diketahui bila pencarian biasanya datang dalam bentuk pertanyaan. Hal tersebut membuktikan bila audient ingin mengetahui hal yang ingin diketahui. Contohnya berkaitan dengan menjual sepatu.

Kata kunci informatif secara keseluruhan sangat baik digunakan blogger. Terlebih dengan tujuan untuk membagikan berbagai informasi.

Bahkan bisa membangun sebuah strategi konten guna bisa meningkatkan traffic dalam sebuah blog maupun website.

Lalu bagaimana bila blogger memiliki tujuan mendapatkan uang? Misalnya saja ingin menggunakan blog untuk menjual berbagai produk maupun menjual layanan dengan promosi afiliasi.

Mereka bisa mengoptimalkan kata kunci dengan jenis berikut ini. Baca terus bila anda salah satu blogger dengan tujuan mendapatkan uang.



3. Komersial 

Bisa dipastikan bila semua pengelola blog maupun website tidak akan terlepas dari Google Search, terutama digunakan untuk membandingkan produk maupun layanan. Terlebih sebelum membuat keputusan.

Tanpa anda sadari, sebenarnya anda menggunakan kata kunci komersial dalam melakukan perjalanan pembeli dalam web anda.

Contohnya seperti: “Drone Profesional Terbaik.”

Secara keseluruhan yang muncul pada SERP termasuk dalam e-commerce serta masuk dalam sebuah ulasan:






Dari keseluruhan juga bila situs ulasan termasuk dalam pemasar afiliasi yang mana memberikan rekomendasi atas produk yang mereka miliki, dengan tujuan agar dibeli oleh orang yang mencari hal tersebut.

Bahkan mereka membantu pelanggan untuk menentukan keputusan sesuai dengan informasi yang sudah disediakan.

Anggap saja audient anda sudah mengetahui hal apa yang akan dibeli. Maka dari itu membawa anda pada tahap selanjutnya.

Yakni membawa pada jenis kata kunci ketiga dan termasuk kata kunci terakhir.



4. Transaksional 

Transaksional jelas berbeda dengan kata kunci komersial, yang mana mengarahkan pada tujuan untuk membeli produk yang dipasarkan. 

Termasuk juga mengarahkan pada tempat untuk membeli sebuah produk yang di cari.

Bagi pengelola blog maupun website, disarankan bisa menggunakan kata kunci yang bertujuan untuk menjual produk pada situs tersebut. 

Terlebih kata kunci yang mengarahkan pada proses transaksi.

Akan dibahas maksud dari pencarian secara mendalam. Silahkan lanjut membaca artikel ini bila anda ingin mengetahui hal tersebut.



5. Volume Pencarian

Sudah jelas bila anda mencari kata kunci dengan volume pencarian tinggi pada blog maupun website yang dikelola.

Berikut perhitungan sederhananya:

Bila lebih banyak pencarian maka sama saja lebih banyak peluang bagi orang agar bisa menemukan situs yang sedang dikelola saat ini. Misalnya saja menemukan situs anda menggunakan mesin pencari Google.

Tentunya bila audient bisa mendapatkan situs anda, maka situs tersebut harus berada pada posisi teratas mesin pencari Google. Anggap saja pada posisi no 2 halaman pertama Google.

Berikan pertanyaan ini pada diri anda sendiri: “Berapa banyak lalu lintas (traffic) yang dihasilkan dari sebuah kata kunci berdasarkan volume pencarian?


Merujuk pada data yakni studi CTR tingkat lanjut web:

  1. Pada hasil teratas Google akan mendapatkan sekitar 30% jumlah klik dari semua pengguna pada website.
  2. Hasil kedua memasuki angka sekitar 15% dari semua jumlah klik
  3. Kemudian hasil ketiga sekitar angka 10% jumlah klik.


Perhatikan gambar berikut untuk mengetahui grafik dari referensi anda:


volume pencarian kata kunci



Katakan saja kata kunci anda berada pada volume pencarian 2.000. Kemudian anda berada peringkat kedua pencarian organik.

Angka tersebut membuka kesempatan untuk mendapatkan sekitar 300 klik.

Kemudian berapa banyak pengunjung yang diharapkan dalam jangka waktu sebulan. Tentunya ingin mendapatkan hasil lebih banyak.

Lalu apakah harus menargetkan kata kunci dengan volume pencarian tinggi setiap waktu?

Jawabannya tentu tidak harus seperti itu.

Ketahuilah bila ada kata kunci dengan volume pencarian setiap bulan. Faktor tersebut akan dibahas berikut ini. Serta termasuk dalam hal penting dalam daftar ini.



6. Kesulitan Dari Kata Kunci

Kesulitan kata kunci secara keseluruhan mengacu pada tingginya tingkat persaingan. Terlebih dari penggunaan kata kunci sama. Namun tentu saja bisa mendapatkan hasil maksimal bila memang metode yang digunakan cukup baik.

Belajarlah memahami kesulitan kata kunci bekerja cukup penting untuk penelitian kata kunci yang anda lakukan.

Seperti sebelumnya, seharusnya bukan hanya menemukan kata kunci, namun berpotensi juga mendapatkan pencarian tinggi setiap waktu.

Alasannya sebagai berikut ini:

Tentunya yang paling kompetitif akan mendapat sebuah peringkat dalam pencarian organik setiap waktu.

Kata kunci pencarian terbanyak bisa menjanjikan visibilitas lebih besar untuk sebuah situs. Terutama yang muncul pada peringkat ketiga pada halaman teratas Google.

Maka tidak heran semua situs ingin mendapatkan bagian dari tindakan serta bisa dimengerti.

Alih-alih dapat mengoptimalkan kata kunci yang ditargetkan untuk peringkat, mengapa tidak menggunakan jalan yang langka digunakan?

Dengan kata lainnya:

Mengapa anda tidak menargetkan kata kunci dengan persaingan rendah?

Dari rendahnya persaingan tentunya bisa memberikan jalur bagi anda. Terutama untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari Google.

Namun ketahuilah berikut ini kicker dengan kata kunci persaingan rendah:

Terdapat volume pencarian yang kurang baik atau buruk. Hal ini berkaitan dengan jumlah pencarian yang didapatkan sekitar sebulan.

Namun ketahuilah hal ini bukan berarti untuk mendiskriminasi nilai yang berada di bawah, terlebih bila dibandingkan dengan tingkat kesulitan tinggi dalam sebuah kata kunci. 

Maka dari, mengapa kata kunci dengan persaingan rendah cukup mudah dilakukan.

Tentunya kata kunci persaingan rendah merupakan karakteristik utama dari sebuah kata kunci ekor panjang. 

Secara singkat hal ini merupakan frase pencarian yang memiliki makna setidaknya empat kata.

Hal tersebut biasanya memiliki volume pencarian yang cukup rendah. Tetapi kata kunci ekor panjang datang dengan format pertanyaan.

Kemudian manfaat ketika mendapatkan peringkat atas dari mesin pencari, terlebih dengan kata kunci ekor panjang yakni bisa menikmati konversi yang cukup tinggi.





Sumber Gambar: SEMrush.

Hal yang menjadi alasan tingginya tingkat konversi kata kunci ekor panjang yakni yang bisa menjawab pertanyaan tertentu.

Melalui konten yang bisa menjawab kebutuhan audient, maka bisa memaksa mengambil tindakan di dalam situs web. Cukup sesederhana itu!

Maka dari itu perlu menemukan kata kunci ekor panjang bila ingin melengkapi pembuatan sebuah konten. 



Cara Melakukan Penelitian Kata Kunci: Terdapat Dua Jenis

Pada dasarnya ada dua cara berbeda yang bisa digunakan untuk melakukan penelitian kata kunci. Yakni termasuk dalam cara “Gratis” serta cara “Berbayar.”

Sesuaikan dengan keadaan saat ini. berkaitan dengan jenis penelitian mana yang akan digunakan. Apakah versi gratis atau berbayar. Keputusan ada di tangan anda saat ini.

Hanya saja penelitian dengan versi gratis tidak akan bisa memberikan kecepatan ketika proses penelitian tersebut. 

Termasuk fitur yang diberikan juga biasanya tidak akan terlalu lengkap bila dibandingkan dengan versi berbayar.

Mari kita mulai penelitian kata kunci versi gratis:


Cara Menggunakan Perencanaan Kata Kunci Google Versi Gratis

Perencanaan kata kunci Google bisa dan gunakan secara gratis. Hal yang anda perlukan hanya akun Google. 

Jadi silahkan membuat akun Google terlebih dahulu bila ingin menggunakan layanan ini.

Ketika anda membuka layanan tersebut maka akan ditampilkan halaman seperti gambar berikut ini:


google keyword planner



Pertama anda akan diminta untuk membuat sebuah kampanye AdWords.

Dari keseluruhan Google ingin mendapatkan keuntungan sebelum menggunakan layanan tersebut. Namun ada kabar baik untuk anda;

Anda bisa menggunakan layanan tersebut tanpa menyiapkan kampanye. Bahkan bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan dana sedikitpun.

Cara cukup melewati beberapa langkah yang ada dalam halaman yang diberikan. Lanjut baca artikel ini untuk mengetahui hal tersebut.

Anda cukup klik pada bagian “Pergi Ke Perencanaan Kata Kunci.” 





Biasanya anda diminta untuk memasukan sandi, dengan tujuan verifikasi. (Hal ini normal bila terjadi).

Berikut ini hal pentingnya:

Nantinya anda akan melihat tampilan “Apa Tujuan Periklanan Utama Anda?” anda tidak akan memilih dari tiga pilihan yang sudah disediakan.

Pada bagian bawah tersedia tautan kecil “Alihkan Ke Mode Pakar.

Pada halaman berikutnya tersedia opsi “Buat Akun Tanpa Kampanye”, kemudian klik pada tombol “Lanjutkan.”





Selanjutnya klik pada tombol “Lanjutkan” letaknya ditandai dengan warna biru.





Nanti anda akan dialihkan pada halaman berbeda. Akan terdapat pesan “Selamat, Anda Sudah Selesai.





Cukup klik bagian “Jelajah Akun Anda”, bila memang ingin melanjutkan pada halaman berikutnya.

Kemudian pilih tab bagian “Alat” kemudian pilih tab “Perencanaan Kata Kunci.





Secara otomatis anda sudah bisa mengakses penuh perencanaan kata kunci. Bahkan tidak perlu memasukan penagihan maupun menjalankan iklan AdWords.



Cara Menggunakan Perencanaan Kata Kunci Dari Google


Sebelum menggunakan layanan ini, akan diberikan dua opsi yakni seperti tampak pada gambar berikut:





  1. Temukan Kata Kunci Baru – Memungkinkan anda bisa mendapatkan sebuah gagasan kata kunci yang dapat membantu menjangkau audient. Terutama yang tertarik dengan yang anda tawarkan.
  2. Dapatkan Volume Pencarian Serta Ramalan – Melalui opsi ini anda bisa melihat volume pencarian serta metrik lainnya. Yakni untuk kata kunci yang dipilih, serta ramalan yang berkaitan dengan bagaimana kinerja di masa mendarang.



Serta anda juga bisa memilih “Cara Menggunakan Perencanaan Kata Kunci.”  Berada di bagian bawah opsi untuk bisa mempelajari pada tahap lebih lanjut tentang layanan ini.

Namun bisa dipastikan hal tersebut tidak anda perlukan setelah membaca konten ini hingga selesai.

Melakukan penelitian kata kunci menggunakan layanan ini, bisa dikatakan sudah cukup untuk mendapatkan kata kunci dengan jumlah banyak.

Layanan ini sebenarnya juga bertujuan untuk mempertimbangkan pengiklan PPC memilih website anda. 


Ok, mari kita lanjutkan untuk memahami masing-masing secara detail layanan Google ini.

a. Temukan Kata Kunci Baru

Pertama anda pasti akan memulai tahap penelitian kata kunci baru menggunakan metode berikut ini.

Sesuai yang di instruksi oleh Google cukup memasukan URL, Frase, bahkan kata yang terkait dengan bisnis yang sedang anda jalankan. Contohnya tampak pada gambar di bawah.






Perlu diketahui bila nila yang didapatkan menggunakan layanan ini, pada dasarnya berdasarkan dengan informasi yang anda masukan. 

Maka dari itu anda perlu strategis menentukan kata kunci dan dimasukan pada bidang tersebut.

Penjabaran dari penggunaan layanan Google tersebut seperti berikut ini:

Masukan Kata: Hal ini merupakan kata tunggal yang berkaitan dengan produk maupun layanan yang anda miliki. Serta memungkinkan anda untuk menggunakan kata kunci Google sebagai industri yang berbeda.

Frasa: Di sini anda akan memasukan kata kunci unggulan. Serta bisa mendapatkan daftar istilah yang masih berkaitan dengan kata kunci tersebut. Ada baiknya anda memasukan dua kata kunci secara bersamaan.

URL Terkait: Hal ini berkaitan dengan pengiklan AdWords. Tetapi kadang anda akan menemukan kata kunci baik, terutama menggunakan beranda situs web anda atau melalui konten yang anda publish.

Perhatikan contoh berikut, yang berkaitan dengan kata kunci “Perawatan Kulit.





Terlihat sekitar 888 gagasan kata kunci yang ditampilkan.


Anda bisa melihat beberapa hal berikut ini:

  • Ide kata kunci
  • Pencarian bulanan rata-rata
  • Kompetisi
  • Tawaran halaman atas (dengan rentang rendah)
  • Tawaran halaman atas (dengan rentang tinggi)


Keuntungan lainnya yakni anda tidak akan dibatasi dengan satu maupun kata saja. Tetapi diberikan kesempatan untuk memasukan kata kunci hingga 10 frasa kata kunci.









Masalahnya yakni apa yang anda lakukan, Google tidak bisa menampilkan lebih dari ribuan kata sekali pencarian saja.


b. Volume Pencarian dan Perkiraan

Wadah ini sangat berguna dan membantu anda, terlebih bila sebelumnya sudah memiliki daftar kata kunci. Terutama berguna bila ingin melihat metrik dari kata kunci tersebut.





Selanjutnya anda akan dihadapkan pada tampilan Forecast. Dari tampilan tersebut anda bisa melihat “Halaman Hasil Kata Kunci.” Sama dengan yang sudah anda lihat ketika menggunakan opsi “Temukan Kata Kunci Baru.


Perbedaan kedua hal tersebut sebagai berikut ini:

  1. Mendapatkan data hanya pada istilah yang di cari.
  2. Google akan memberitahukan banyaknya tayangan serta klik yang anda peroleh dari kata kunci yang dimasukan.






Mayoritas data yang dimaksudkan untuk pengiklan AdWords.


Namun berikut ini ada beberapa trik. Diantaranya yakni:
Klik pada bagian “Metrik Histori”, maka Google akan menampilkan volume pencarian rata-rata dalam jangka waktu 12 bulan untuk kata kunci tertentu.





Rentang yang ditampilkan sama persis dengan yang sudah dilihat ketika menggunakan “Temukan Kata Kunci Baru.

Selanjutnya akan dijelaskan cara menggunakan layanan kata kunci lain. Layanan yang dimaksudkan yakni Ubersuggest.

Cara Menggunakan Ubersuggest Untuk Melakukan Penelitian Kata Kunci

Ubersuggest merupakan layanan penelitian kata kunci baru yang diluncurkan Neil Patel. Yakni dikenal salah satu orang hebat yang memiliki kemampuan bidang SEO.




Ikhtisar Kata Kunci

Beberapa hal yang dicantumkan dalam layanan tersebut. Diantaranya sebagai berikut ini:


  1. Ikhtisar
  2. Ide Kata Kunci
  3. Analisis SERP



Anggap saja anda sedang mencari kata kunci seperti tampilan gambar di bawah ini.






Bagian pertama, bisa melihat grafik yang memecah volume pencarian dari kata kunci dari waktu ke waktu.





Tampilan tersebut memberikan data volume pencarian terhadap kata kunci pilihan anda sebelumnya. Kemudian disesuaikan dengan negara yang anda targetkan, serta menyertakan data selama 12 bulan terakhir.

Dari grafik, bisa dilihat apakah kata kunci cukup populer atau kurang populer. Bisa membedakan apakah termasuk kata kunci musiman atau dicari setiap waktu oleh audient.

Ditampilkan juga data yang berkaitan dengan BPK (Biaya Per Klik), kemudian SEO (SD) maupun data kesulitan berbayar.

Skor kesulitan yang ditampilkan berkisar 1 sampai 100. Dengan kata lain, bila semakin tinggi angka tersebut, maka semakin sulit bersaing terhadap kata kunci yang ditargetkan. Demikian pula sebaliknya.


Gagasan Kata Kunci

Tampilan kedua yang akan disajikan oleh layanan Ubersuggest yakni seperti gambar berikut.


Klik bagian “Lihat Semua Gagasan Kata Kunci” bila memang ingin melihat data secara detail.

Akan terlihat daftar gagasan kata kunci terkait yang sedang anda cari. Pada gambar tersebut bisa dilihat sekitar 348 kata kunci untuk di analisis.


Kata kunci yang dihasilkan berdasarkan rekomendasi dari AdWords serta Google Suggest. Hal tersebut tentunya memungkinkan anda bisa mendapatkan kata kunci potensial untuk ditargetkan.

Seperti pada bagian ikhtisar, bisa juga melihat volume kata kunci secara merata. Maupun melihat BPK, kesulitan SEO, serta kesulitan pembayaran (PD).

Bagian kanan terdapat “Laporan Gagasan Kata Kunci.” Anda bisa melihat beberapa situs website yang berada pada peringkat 100 teratas di mesin pencari. Terutama dengan kata kunci yang sudah ditargetkan.


Dari data yang diberikan, akan mudah untuk mengetahui jumlah perkiraan visitor yang disesuaikan dengan peringkat.

Metrik yang ada menunjukkan kata kunci musiman serta apakah ada daftar berbayar maupun cuplikan kaya untuk istilah tertentu.

Selain memberikan perkiraan visitor, bisa juga melihat skor domain dari masing-masing URL kompetitor. Kemudian bisa mengetahui banyaknya jumlah share media sosial yang sudah dilakukan audient.

Skor domain berkisar pada angka 1 hingga 100 serta semakin tinggi jumlah domain, semakin otoritatif dan semakin sulit untuk bisa mengalahkan situs website tersebut.

Hal lain yang akan diberikan Ubersuggest yakni bisa mengambil data yang ditampilkan. Data yang diambil bisa di ekspor dengan format CSV.






Fitur terakhir yang disediakan yakni berkaitan dengan melakukan filter.





Dengan adanya fitur ini, akan semakin mudah untuk menyaring kata kunci yang disesuaikan dengan keinginan anda masing-masing. 

Bila memang terlalu banyak hasil, anda bisa memasukan maupun mengecualikan frasa istilah tertentu. Hal ini yang memungkinkan anda bisa melakukan filter dengan cepat.


Analisis SERP

Selanjutnya yakni berkaitan dengan analisis SERP. Pada dasarnya akan menunjukkan data sederhana yakni dari 100 website teratas yakni memberi peringkat pada kata kunci tertentu.





Hingga saat ini banyak kalangan melakukan penelitian kata kunci dengan daerah berbeda. Bahasa berbeda. Hal tersebut tentunya bisa anda lakukan dengan semua laporan maupun analisis SERP.



Cara Melakukan Riset Kata Kunci Menggunakan Layanan SEMrush

Ketahuilah bila layanan SEMrush merupakan salah satu tools penelitian kata kunci terbaik hingga kini. Bahkan seorang pakar SEO juga menggunakan tools ini ketika ingin mendapatkan kata kunci terbaik.

Layanan ini bisa digunakan secara gratis dalam jangka waktu 30 hari. Bila memang ingin digunakan lebih lama, silahkan beralih pada versi premium. 

Tentunya ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika beralih pada versi premium.

Terlepas dari pemilihan versi gratis maupun premium. Perhatikan penjelasan tentang penggunaan layanan SEMrush untuk menemukan kata kunci.

Buka SEMrush kemudian pilih bagian “Tinjauan Umum”, digunakan untuk analisis kata kunci.


Tentunya anda bisa memilih negara yang menjadi target kata kunci. Sesuaikan dengan kebutuhan anda saat ini.





Dari tampilan gambar terdapat empat laporan berbeda. Penjelasan dari setiap laporan sebagai berikut ini:


1. Pencarian Organik

Data ini berkaitan dengan kata kunci yang di cari audient. Pada tampilan Google sekitar angka 49,5K. Serta peringkat yang ada pada kata kunci 3,1B. Tentunya hal ini cukup kompetitif.


2. Pencarian Berbayar
Pada bagian ini disajikan merek maupun situs web yang menawarkan dari kata kunci, yakni dengan iklan berbayar. Serta menunjukkan biaya rata-rata per klik. 


3. Distribusi BPK

Pada bagian ini akan menunjukkan rata-rata BPK. Yakni istilah berdasarkan negara yang anda pilih sebelumnya.


4. Tren

Hal ini merupakan faktor kunci terbaik bila dilihat saat melakukan penelitian kata kunci. Menunjukkan distribusi bulanan dari istilah yang dicari. 

Kemudian memungkinkan untuk mengetahui apakah kata kunci mengarahkan lalu lintas pesaing dari sepanjang tahun atau musiman.


Mencocokkan Frasa dan Kata Kunci 

Pada bagian “Ikhtisar Kata Kunci” akan menemukan opsi “Pencocokan Frasa Serta Kata Kunci.


Pada bagian pertama akan menemukan beberapa kata kunci induk yang akhirnya akan membentuk pilar strategi konten.

Hampir mustahil menargetkan kata kunci induk serupa, terutama bila memulai karena kata kunci selalu kompetitif.

Hal ini adalah dengan tujuan menemukan buah menggantung rendah (kata kunci kurang kompetitif) serta menggunakannya untuk membangun profil kuat pada situs website yang anda kelola saat ini.


Cara Menggunakan Opsi Pencocokan Frasa Menggunakan SEMrush

Pencocokan frasa merupakan sebuah pilihan sangat baik terlebih bila anda sudah mengetahui topik maupun produk yang ditargetkan.

Melalui fitur “Pencocokan Frasa”, bisa menemukan kata kunci terkait erat dengan kata kunci induk bersama kata alternatif.

Fitur pencocokan frasa berguna untuk menemukan kelompok kata kunci ekor panjang serta alternatif. Misalnya untuk nama produk yang sudah ditargetkan pada sebuah konten website anda.





  1. Pencocokan Luas : Merupakan rentang kata kunci luas. Masih terkait dengan kata kunci yang sedang di cari.
  2. Pencocokan Frasa : Kata kunci yang menyertakan frasa yakni persis dengan kata kunci yang sedang anda cari saat ini.
  3. Pencocokan Tepat : Merupakan kata kunci yang tepat maupun varian dekat dari kata kunci unggulan.
  4. Kata Kunci Terkait : Tepat seperti namanya, yakni merupakan kata kunci terkait dengan kata kunci seed.





Memiliki opsi untuk bisa melihat saran kata kunci maupun hanya melihat kata kunci. 




Bila anda ingin mengetahui kata kunci yang tersedia dari daftar yang sudah disarankan, bisa klik pada tanda plus (+). Tujuannya untuk menambahkan kata kunci yang akan di analisis secara tepat.

Hal terakhir, setiap saran kata kunci SEMrush, bisa melihat beberapa hal berikut ini:

  1. Volume kata kunci
  2. Tren kata kunci
  3. Kesulitan kata kunci
  4. Biaya per klik
  5. Kompetisi
  6. Fitur SERP
  7. Hasil dalam SERP


Kalkulator dari kesulitan kata kunci merupakan alat yang sangat praktis bisa memberi tahu sulitnya untuk menentukan peringkat pada setiap kata kunci.

Pada ukuran tersebut pada posisi 1 hingga 100. Bila semakin tinggi KD, maka semakin sulit untuk bersaing akan kata kunci, begitu juga sebaliknya. 

Hal tersebut membuat sebuah proses untuk menemukan kata kunci baik jauh lebih cepat.

Mengapa Harus Mulai Menggunakan Layanan SEMrush Saat Ini
Sudah tidak diragukan lagi bila SEMrush merupakan alat terbaik hingga kini. 

Digunakan juga oleh banyak penggemar SEO, Blogger dan pengelola Website yang ada di seluruh dunia.

SEMrush secara keseluruhan menggabungkan banyak data sekaligus. Berguna untuk penelitian kata kunci yang sangat akurat.

Hingga kini saja sudah digunakan sekitar lebih dari 1 juta orang di dunia. Kemudian memiliki sekitar 800 juta kata kunci.

Hal tersebut dihasilkan dari 30 Geodatabase yakni dengan rincian lebih dari angka 130 juta domain yang ada di dunia.

Bila memang saat ini anda masih pemula, SEMrush bisa mengubah anda menjadi seorang pakar SEO dengan jangka waktu singkat. (Namun kembali lagi dari usaha yang sudah lakukan saat ini oleh anda).

Secara singkat, SEMrush merupakan alat terbaik untuk menerapkan SEO dalam Blog maupun Website.


Hal yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan SEMrush sebagai berikut:

  1. Penelitian kata kunci
  2. Penelitian konten
  3. Analisis backlink
  4. Penelitian pesaing
  5. Menemukan lalu lintas sebuah situs website
  6. Melakukan perbandingan domain
  7. Audit sebuah situs web lebih rinci. Yakni untuk mengetahui apakah situs website tersebut bermasalah serta teknik untuk mengatasi permasalahan tersebut.



Kesimpulan

Bila anda membaca konten ini dari awal hingga akhir, bisa dipastikan anda sudah memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian kata kunci blog dan website.

Sudah dijelaskan dengan detail bagaimana metode utama yang harus dikuasai. Yakni berkaitan dengan riset kata kunci. 

Bisa dipastikan dengan menerapkan metode dalam artikel ini, blog dan website anda akan mendapatkan peningkatan traffic ke depannya. 

Selanjutnya sudah waktunya anda menerapkan semua metode ini pada konten yang akan anda buat. Berikan konten yang relevan dan disertai dengan penerapan teknik yang benar di dalamnya.

Selamat anda menjadi calon penerima traffic besar melalui website yang dikelola.

Salam Blogger.