Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Tips Cepat Menggunakan CoSchedule Untuk Membuat Judul Hebat



Ada banyak para blogger yang melakukan kesalahan kecil ini. Salah satunya kurang memperhatikan penulisan judul konten. 


Tips Cepat Menggunakan CoSchedule


Sampai saat ini, masih banyak para blogger menulis headline atau judul konten asal saja. 


Bahkan judul yang mereka berikan masih lembut dan kurang menginspirasi.


Bisa saya pastikan anda bertanya demikian.


Bila judul mereka terlihat lembut dan kurang menginspirasi, lantas mengapa mereka mendapatkan traffic besar? 


Traffic besar yang mereka terima bukan hanya dinilai di judul. Namun beberapa poin ini juga berpengaruh:


  • Umur blog mereka cukup tua. Dalam artian sudah berjalan dalam waktu lama.

  • Sudah mendapatkan backlink banyak. Serta masih banyak lagi poin lainnya.


Hal seperti ini jelas tidak mungkin terjadi pada blog anda. Terlebih blog tersebut di umur yang masih baru. Anggap saja blog anda belum menginjak waktu setahun.


Maka dari itulah headline atau judul setiap posting perlu diperhatikan dengan baik.


Dalam posting ini, akan dibahas bagaimana membuat headline yang mengikat pembaca. Serta cara memikat rasa penasaran pembaca hanya dengan judul luar biasa. Anggap saja judul clickbait.


Ok, mari lanjut baca artikel ini agar anda tahu bagaimana trik membuat headline terbaik.


Tips Cepat Menggunakan CoSchedule Hanya Hitungan Detik

Masih ingat, Judul adalah pemicu rasa penasaran para pembaca. Maka dari itu, ketika membuat posting blog harus memperhatikan judul.


Memang tak mudah membuat judul menarik. 


Tapi tenang, pada konten ini bakal di bahas terkait tips cepat menggunakan CoSchedule. Biar nanti kamu makin gampang membuat judul konten yang hebat.



Mengenal Manfaat Menulis Judul Terbaik


Headline utama? Saya bisa menulis hal tersebut ribuan dalam waktu singkat!


Anda memang bisa membuat judul sesuka hati. Pertanyaannya yakni, apakah headline tersebut bisa mengundang traffic. 


Bahkan bisa mengundang pembaca lebih banyak pada blog anda?


Sekalipun anda sudah menghabiskan uang begitu banyak untuk iklan PPC. 


Hal itu sama saja percuma bila headline yang diberikan cukup mengerikan. Terlebih judul tersebut terlihat lembut dan kurang menginspirasi.


Ketika anda membuat headline atau judul luar biasa tentu traffic juga akan mengalami perubahan. Selain mendapatkan perubahan dari segi traffic. 


Berikut keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan. Keuntungan tersebut diantaranya:


- Headline Hebat Membuka Peluang Share Media Sosial


Ketika anda menciptakan headline hebat. Jelas hal tersebut bisa membuat pembaca membagikan konten di media sosial. Dari hal tersebutlah nantinya traffic bisa berkembang. 


- Headline Hebat Bisa Diubah Menjadi Baris Subjek Email 


Sama halnya seperti hasil mesin pencari google maupun media sosial. Headline hebat secara langsung bisa memberikan dampak pada jumlah klik. Bahkan berpengaruh juga klik dari email. 


- Keyword yang Dioptimalkan Berpengaruh Pada Faktor SEO


Bila anda paham sedikit tentang SEO. Keyword yang dioptimalkan mempengaruhi peringkat mesin pencari google. 


Bahkan mampu Meningkatkan Pengunjung Blog. Maka dari itu headline hebat membuat halaman blog anda menonjol di SERP. 


Maka dari itu izinkan saya memperkenalkan tools untuk membuat headline hebat. Termasuk headline untuk semua posting blog anda.



Mengenal Apa itu CoSchedule Headline Analyzer


Mungkin sebagian dari anda belum mengenal CoSchedule Headline Analyzer sebelumnya. Tools ini mampu menganalisa berita utama berdasarkan dengan faktor.



CoSchedule



Kemudian Headline Analyzer ini bisa anda gunakan gratis 100%. Maka dari itu sangat cocok digunakan untuk blogger pemula maupun blogger berpengalaman. 



Cara Menggunakan Headline Analyzer Untuk Membuat Judul Hebat


Pada gambar headline yang digunakan mendapatkan skor cukup lumayan. 


Namun sebenarnya skor tersebut bisa lebih baik lagi atau meningkat. Bahkan bisa membuat headline lebih hebat.


Maka dari itu mengapa tidak memperbaiki headline ke arah yang lebih baik lagi?


1. Mendapatkan Kata Sempurna


Pada gambar di atas menampilkan hasil analisis “Word Balance”. Hal tersebut membagi judul pada beberapa bagian. Diantaranya kata umum, kata tidak umur serta kata kuat.



CoSchedule




Jelas akan menimbulkan pertanyaan bagi anda. Yakni tentang kombinasi dari kata umum, kata tidak umum, serta kata dengan emosional yang kuat?


Berikut ini penjelasan untuk beberapa jenis kata yang dimaksudkan.


Kata umum


Ini merupakan pertama dan sangat penting. Kata-kata umum berkaitan erat dengan preposisi. 


Bahkan berkaitan juga dengan artikel, kata sambung maupun istilah lainnya dalam sebuah kalimat. 


Pada dasarnya CoSchedule merekomendasikan untuk menggunakan 20 sampai 30 persen kata umum. Secara khusus digunakan dalam sebuah headline atau judul posting.



Kata tidak umum


Bila dalam kata umum merupakan konstruksi dalam sebuah kalimat. Maka kata tidak umum dapat memberikan sebuah makna dalam kalimat. 


Kata tidak umum bisa saja berupa kata “Lebih,” “Sedikit,” maupun kata “Sesuatu.”


Perlu diingat bila kata tersebut tidak di berikan label kata umum. Maka tidak jarang terbentuk dari kata default. 


Maka dari itu anda harus bisa melakukan eksperimen dengan kata yang sedikit menarik perhatian. 



Kata emosional


Permasalahannya: Terkadang headline utama bisa terbentuk sekalipun tanpa ada kata emosional.


Mungkin anda bisa menulis  headline seperti berikut. “Cara Menghasilkan Uang Online”. Kemudian audient bisa paham apa isi konten tersebut. 


Namun apakah ada audient yang ingin membaca artikel anda lebih banyak. Terlebih lagi terdapat judul artikel kompetitor yang lebih menarik. 


Misalnya saja dengan judul “Cara Mudah Menghasilkan Uang Dengan Cepat


Perhatikan kekuatan kata emosional. Kata emosional bisa memicu emosi positif maupun negatif. 


Tentunya bisa juga menginspirasi untuk melakukan klik oleh audient.


Dalam membuat sebuah headline hebat. Sebenarnya anda bisa memberikan 10 sampai 15 persen kata-kata emosional dengan tujuan memikat pembaca.



Kata kekuatan


Kata-kata kekuatan juga perlu digunakan dalam headline utama atau judul utama posting blog. Alasan penggunaan kata kekuatan yakni:


Agar dapat memberikan tendangan ekstra.


Contohnya saja, “Kiat” bisa saja nantinya menjadi “Kiat yang menggetarkan pikiran.” “Nasihat” nantinya bisa menjadi “Saran yang mematikan.”


Setidaknya anda bisa menggunakan satu kata kuat dalam headline. Dengan tujuan membuat headline tersebut semakin hebat.



2. Menemukan Judul Untuk Konten Anda


Sebenarnya anda tidak perlu menggunakan penganalisa judul. Terlebih untuk menentukan jenis judul yang akan anda gunakan.


Namun akan lebih sulit menemukan judul yang hebat. Terlebih lagi tanpa menggunakan pengalisa judul. Bahkan peluang untuk mendapatkan klik semakin kecil.


Jadi jangan berharap banyak juga konten anda banyak dibagikan ke media sosial. Maupun dibagikan ke blog lain.


Pertanyaan Utama


Kadang kala cara terbaik yang bisa membangkitkan minat audient yakni mengajukan sebuah pertanyaan.


Bahkan tidak perlu terlalu teknis dalam hal ini. Ketika anda memberi sebuah pertanyaan. Apalagi yang berhubungan dengan perjuangan pribadi audient. Maka secara naluri mereka ingin menemukan sebuah jawaban.


Hal inilah yang membuat headline utama berpotensi mendapatkan klik


Agar tajuk utama semakin maksimal. Maka bisa memberikan petunjuk jawaban dari kata pengantar anda. 


Mungkin anda pernah melihat judul seperti “ Nomor 5 akan mengejutkan anda.


Hal seperti ini semakin lazim di beberapa media sosial. Dikarenakan kata tersebut dapat memberikan dampak yang besar. 


Maka dari itu penting menemukan jenis pendekatan yang sesuai untuk audient anda. 


Dengan tujuan bisa membuat mereka semakin ketagihan atas konten anda. Bahkan dengan semua konten anda saat ini.


Bisa saja anda memberikan istilah “studi kasus” dengan tujuan menggoda audient. 


Misalnya saja berkaitan dengan jawaban yang pasti. Atau bila memang belum terlalu yakin maka bisa membuat headline pertanyaan. 



Judul Umum


Pada dasarnya headline umum biasanya buruk untuk bisnis. Secara singkat, tajuk umum merupakan teks tak bernyawa yang tidak memiliki tempat di blog. 


Sekalipun dapat menggambarkan konten. Namun kurang kreativitas tersebut bisa menghancurkan rasa antusiasme audient sebelum melakukan klik. 



3. Menjaga judul pada panjang yang tepat


Terkadang anda tidak menyadari bahwa terlalu fokus mengubah tajuk utama. Namun tidak pernah memperhatikan panjang tajuk tersebut.


Pada saat menggunakan headline analyzer. Maka anda bisa melihat analisis panjang tajuk yang sesuai. 


Headline analyzer memberikan saran tajuk terbaik pada setiap penggunanya. 


Menurut headline analyzer, tajuk yang hebat tetap berada pada 6 kata. Bahkan hal ini berpeluang meningkatkan klik.


Ketika anda membuat headline utama menggunakan CoSchedule. Ada baiknya menjaga panjang kata di angka 6. 


Dengan tujuan bisa mendapatkan klik banyak. Namun tetap termasuk dalam headline hebat.



4. Membuat Konten Viral dengan Enam Kata


Pada saat di headline utama, pengaturan kata cukup penting. Baik itu digunakan untuk media online maupun media cetak.


Para pengiklan profesional memperhatikan tiga kata pertama dan akhir pada sebuah judul. Hal seperti ini seharusnya yang perlu anda contoh.


Melihat pentingnya hal tersebut. Maka headline analyzer memiliki bagian pertama dan terakhir.


Dari tempat tersebut anda bisa meletakkan keyword target. Keyword yang diletakkan sesuai memberikan dampak maksimal pada konten. Bahkan dampak hebat bagi headline utama tersebut.



5. Mengoptimalkan Keyword Judul Utama Untuk SEO


Beberapa poin di atas mungkin terlihat hanya dikhususkan untuk blogger baru. 


Namun jangan khawatir, pada bagian berikutnya headline analyzer membawa anda kembali pada suatu yang cukup di kenal.


Pada bagian “Keyword” dari laporan headline analyzer mencabut syarat yang bisa dicari dalam tajuk utama yang sudah anda buat. Dengan demikian bisa ditemukan oleh audient yang tepat.


Tentunya para blogger akan paham bila keyword juga harus berada di judul utama posting.


Pelajari lebih dalam apa yang dimaksud dengan keyword atau kata kunci pada artikel sebelumnya. 


Sama seperti judul utama. Keyword juga menjadi faktor penting untuk menentukan keberhasilan blog.



Meletakkan Keyword Dalam Judul Posting


Mungkin anda sudah paham bila keyword itu cukup penting. Namun selanjutnya apa?


Cara membangun sebuah blog luar bisa untuk mendapatkan traffic banyak. Maka dari itu penganalisa judul menetapkan keyword merupakan sumber traffic.


Namun pastikan juga keyword yang ada pada judul tidak menghilangkan makna dari judul tersebut. 


Dalam artian judul utama dibuat untuk manusia dan bukan untuk robot.


Headline analyzer sebenarnya bisa mendeteksi keyword yang difokuskan. Maka dari itu tools ini baik anda gunakan.


Maka dari itu ada baiknya memasang keyword yang sewajarnya pada judul utama. 


Sekalipun keyword yang di target cukup sedikit pada judul utama. Headline analyzer tetap bisa mengenali hal tersebut.


Coba tanyakan pada diri anda sendiri. Emosi apa yang bisa disampaikan headline utama kepada audient?


Bila anda lebih senang audient mendapatkan emosi positif. Maka bisa mencantumkan beberapa kata dalam judul utama. 


Misalnya saja berkaitan dengan penambahan kata “Terbaik,” “Hebat,” maupun kata “Sukses.”


Biasanya sentimen positif bisa memberi dampak semangat maupun memotivasi audient melakukan tindakan. 



6. Pastikan Judul Ditampilkan dengan Benar


Pada akhirnya Headline analyzer bisa memberikan anda sekilas judul dalam SERP. Bahkan sebagai baris subjek email yang baik.


Pra tinjau ini ada karena alasan: Dengan tujuan memastikan informasi utama cukup tidak cukup panjang untuk dipotong.


Hal ini menjadi alasan mesin pencari melakukan pemotongan pada kata terakhir judul posting. Dengan tujuan agar membuat judul tidak bertele-tele.


Menyesuaikan Panjang Judul 


Tunggu sebentar. Bila hal ini berkaitan dengan panjang judul. Lalu apa gunanya dengan sebuah laporan analisis panjang?


Perlu dipahami, bila rekomendasi jumlah karakter maupun kata tersebut untuk keterbacaan dan bukan untuk pemotongan.


Maka dari itu anda tidak perlu juga bergantung secara eksklusif. Terlebih pada bagian analisis panjang ketika menulis judul utama. 


Lebih baik memeriksa panjang pada SERP maupun pra tinjaun email agar bisa lebih aman.



Kesimpulan 


Sangat brilliant. Sekarang anda menjadi ahli analisis headline. Tepatnya setelah membaca posting ini.


Mungkin untuk membuat headline utama yang hebat membutuhkan waktu banyak. 


Namun hal tersebut memberikan dampak luar biasa untuk blog anda. Maupun dampak luar biasa untuk konten anda.


Terlebih lagi judul merupakan pintu depan sebuah situs web. Ketika pintu depan dibuat sedemikian rupa. 


Bahkan dibuat lebih menarik. Jelas hal tersebut bisa meningkatkan pengunjung blog.


Mungkin anda perlu juga membaca artikel lainnya pada blog ini. Guna melengkapi manfaat membuat headline utama yang hebat.



  1. Mengetahui Traffic Kompetitor

  2. Tools Kata Kunci

  3. Menulis Artikel SEO

  4. Teknik SEO On-Page


Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Serta bisa memberikan dampak luar biasa untuk blog anda.


Selama mencoba, semoga sukses.


Salam Blogger.


Post a Comment for "6 Tips Cepat Menggunakan CoSchedule Untuk Membuat Judul Hebat"