Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Metode Cerdas Mengetahui Traffic Kompetitor



Traffic Kompetitor

Apakah anda pernah bertanya-tanya berapa banyak traffic yang ada pada website kompetitor anda?

Kemudian pernah juga bertanya bagaimana mereka bisa mendapatkannya?

Ketahuilah bila anda berada pada tempat yang  tepat.

Hal yang benar ialah, untuk memata-matai traffic kompetitor sangat mudah daripada yang terlihat capai.

Silahkan membaca artikel ini hingga tuntas, terlebih bila ingin mengetahui traffic website kompetitor.



Cara melihat traffic organic di semrush

Pada konten ini nanti dijelaskan juga cara melihat traffic organic di semrush

Maka dari itu, ada baiknya kamu memperhatikan semua konten ini dengan baik.

Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan pada konten ini.



Mengapa Mengukur Traffic Situs Website?

Melacak traffic web anda sebenarnya tidak lebih dari sekadar memberi anda rasa pencapaian yang cukup luar biasa.

Hal tersebut tentunya berguna bila anda ingin mengukur skala pertumbuhan atau perkembangan dari blog pribadi. 

Hal tersebut tentunya bisa dicapai dengan Tools SEO salah satunya Google Analytics.

Motivasi awal bagi semua blogger maupun pengelola website, ialah dengan mengetahui hasil sebelumnya yang sudah diterapkan. 

Selain mendapatkan motivasi, ada banyak hal lainnya yang didapatkan ketika melacak traffic website. Baik itu traffic website pribadi maupun traffic kompetitor.


Metode Cerdas Mengetahui Traffic Kompetitor

Begitu banyak trik yang sudah di paparkan par blogger. Terlebih berkaitan dengan metode cerdas mengetahui traffic kompetitor

Namun masih sedikit yang mengulasnya begitu lengkap. Maka dari itu konten ini di buat untuk kamu. Biar mendapatkan tutorial yang cukup lengkap.


1. Verifikasi Profitabilitas Niche


NIche


Tepat pertama kali memulai blogging, untuk mengamati traffic kompetitor tidak perlu memerlukan pengalaman yang tinggi. 

Bahkan sudah terjun lama di bidang blogging maupun website. 

Ada banyak niche yang menguntungkan yang bisa di gunakan untuk membangun blog maupun website. 

Ada baiknya menggunakan niche micro untuk pendatang baru blogging.

Namun masalahnya tidak ada jaminan bila niche kecil dapat mengumpulkan pembaca pada blog.

Memeriksa Traffic Blog Niche-Micro harus mengonfirmasi apakah niche tersebut memang layak untuk di ambil.   


2. Gunakan Traffic Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Apakah Sudah Berkerja Dengan Baik





Seorang blogger atau pengelola website perlu menjelajahi berbagai strategi pemasaran maupun iklan.  Terutama untuk tujuan mengembangkan blog yang sudah ada. 

Seperti Niche Micro, blogger perlu mengukur dampak traffic kompetitor dengan tujuan membuktikan efektivitas.

Dalam artikel ini akan disajikan beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk mengukur traffic maupun membedakan asal traffic tersebut.

Traffic bisa berasal dari tempat yang berbeda. Misalnya saja dari sosial media, iklan berbayar, buletin, pencarian organik serta strategi non-tradisional (Pemasaran Quora).


3. Temukan Keyword Dengan Lalu Lintas Tinggi Untuk Membuat Tautan



keyword


Selain sumber traffic, ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melihat keyword target kompetitor. 

Fitur pokok dalam dunia SEO serta merupakan tools analisis pemasaran. Laporan analisis keyword juga sering menyertakan data sumber backlink dari situs web.

Bukan hanya rincian berharga yang digunakan untuk membangun backlink, mengidentifikasi keyword dengan lalu lintas tinggi juga membantu anda. 

Terutama untuk menyempurnakan pengembangan konten dalam website anda.


4. Hilangkan Guesswork Kemudian Biarkan Traffic Tentukan Strategi Konten





Bila anda memiliki dana yang cukup melimpah, maka anda perlu mengelola anggaran konten. 

Terutama untuk mengakomodasi preferensi calon audient pada website yang dikelola. 

Cukup banyak tools analisis traffic bisa memberi anda kemampuan menentukan konten populer kompetitor anda.

Kemudian anda menggunakan konten tersebut sebagai referensi untuk membantu anda membuat konten yang lebih baik lagi. 

Kemudian di posting pada blog atau website pribadi.


5. Pahami Demografi Audient Kompetitor Untuk Mengembangkan Konten Lebih Relatable




Hal ini berguna membantu anda membangun sebuah strategi konten yang dirancang untuk lokasi, usia, serta jenis kelamin.

Informasi tersebut tentunya bisa diekstraksi dari traffic kompetitor anda saat ini. 

Sebenarnya ada beberapa aplikasi analisis traffic yang mengekstrak informasi dari browser dari sebuah sesi.

Kasus seperti ini tentunya untuk mengoptimalkan pengalaman melihat blog anda untuk OS serta perangkat yang disukai audient anda.

Data demografis tentunya bisa membantu anda untuk membuat konten yang lebih relevan. Terlebih berkaitan dengan budaya maupun tradisi dari audient anda.


Cara Untuk Mengetahui Perkiraan Traffic Di Semua Situs Website
Lanjut membaca artikel ini bila anda ingin mengetahui lebih detail cara mengukur traffic situs website.



Metode 1 : Menggunakan Tools Analisis Pemasaran Bentuk Data Mendalam


Persis seperti semua hal yang dilakukan kebanyakan blogger, mengukur serta menganalisis traffic situs website bisa dipermudah dengan beberapa tools.

Berikut ini beberapa tools analisis teratas yang bisa anda gunakan untuk mengukur traffic. Diantaranya yakni:


1. Tools SEMrush


SEMrush merupakan tools analytic pemasaran teratas, serta sangat direkomendasikan untuk semua kalangan pengelola blog maupun website. 

Dengan tools ini anda bisa mengetahui peringkat mesin pencari, tautan balik, serta kampanye iklan tampilan website.

Lebih jelasnya berikut cara yang bisa anda terapkan untuk menggunakan SEMrush. Terlebih untuk melacak beberapa data yang diinginkan. 


Tools Mengetahui Traffic Kompetitor


Dari kotak pencarian anda cukup memasukan URL website kompetitor. Pastikan URL yang dimasukan merupakan website yang akan di analisis.

Analisis Mengetahui traffic kompetitor


Tools SEMrush akan menampilkan data komprehensif yang disertai dengan data analytic traffic terkait.

Metrik pertama yang akan terlihat yakni mencakup dengan jumlah kunjungan, halaman rata-rata yang dibuka setiap per sesi, rasio pentalan serta jumlah pengunjung unik setiap bulannya.


mengetahui traffic kompetitor


Pada bagian menu ikhtisar, anda akan mendapatkan ringkasan visual dari data traffic. 

Yakni seperti sumbernya, kerusakan dari perangkat, serta lokasi. 

Tentunya anda bisa mengklik “Lihat laporan lengkap”, terlebih bila memang ingin melihat bagian data dengan detail.




Pada bagian “Sumber lalu lintas”, anda bisa mengetahui banyaknya traffic kompetitor yang berasal dari pengunjung langsung, rujukan, dari media sosial, hasil pencarian organik serta klik berbayar.




Dari data tersebut anda akan mendapatkan gambaran mengenai strategi pembangkit traffic paling efektif dari kompetitor. 

Tetapi tetap perlu mengidentifikasi website aktual yang menyalurkan pengunjung ke situs tersebut. 

Terutama bukan hanya yang masuk dalam kategori saja.

Untuk melakukan hal tersebut, anda bisa melihat daftar lengkap situs pengarah, mesin pencari serta jaringan media sosial yang menjadi pemasok traffic kompetitor.





2. Tools Ahrefs


Ahrefs merupakan rekomendasi lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui traffic kompetitor selain SEMrush.

Ahrefs juga merupakan salah tools yang bisa melakukan pemeriksaan backlink. 

Sampai saat ini tools ini menjadi andalan para blogger serta pemasar digital.

Tools ini juga bisa membantu anda untuk mengetahui jumlah traffic yang ada dalam sebuah website. 

Penggunaan dari tools ini cukup mudah. Cukup memasukan URL website kompetitor pada kolom pencarian, kemudian tekan tombol kaca pembesar (Cari).




Pada tahap pertama anda akan di bawa pada tampilan ikhtisar luas. Yakni dengan serangkaian analytic domain maupun halaman yang sudah dimasukan sebelumnya.

Tools ini juga menyajikan data traffic bulanan dari situs yang di tentukan sebelumnya oleh anda.


Ahrefs mengetahui traffic kompetitor


Dari tools Ahrefs anda bisa melihat data “Pencarian Organik” maupun “Pencarian Berbayar”. 

Pada bagian “Pencarian Organik” anda bisa menemukan data seperti volume traffic organik bulanan, keyword berperingkat, posisi SERP, dan data lainnya. 

Semua data yang ditampilkan berupa visualisasi data interaktif.




Laporan dari pencarian organik mencakup 5 keyword serta halaman organik sebuah situs website. 

Tetapi, laporan terperinci dapat diakses dengan masuk pada halaman “Keyword Organik” yakni di bawah “Pencarian Organik”, tepatnya pada navigasi utama yang sudah disediakan. 




Pada bagian “Pencarian Berbayar”,  Ahrefs memungkinkan anda untuk bisa mengintip BPK kompetitor, kampanye iklan serta PPC.

Pada bagian garis waktu PPC dari iklan ditayangkan untuk sejumlah keyword tertentu ditampilkan pada bagian atas halaman laporan pencarian berbayar. 

Pra tinjau dari 5 iklan teratas situs akan diikuti oleh keyword utama serta halaman arahan dari tools Ahrefs.




Untuk bisa mempelajari tingkat lanjut tentang keyword yang bertanggung jawab untuk traffic berbayar situs, maka buka “Kata Kunci PPC”, terletak pada sub menu “Pencarian Berbayar”. 

Semua data akan ditampilkan, baik dari traffic berbayar keyword hingga halaman arahan target juga di tampilkan.




Sama seperti SEMrush, tools Ahrefs juga menyediakan fitur analytic untuk keperluan SEO, pemasaran online seperti pada umumnya. 

Kemudian anda dapat meninjau profil backlink sebuah situs website. Serta masih banyak lagi hal lain yang bisa didapatkan.


analytics traffic kompetitor



3. Tools Alexa


Alexa sebenarnya merupakan sebuah anak perusahaan raksasa e-commerce Amazon. 

Yakni merupakan sebuah layanan analisis traffic web yang mana dirancang untuk memberikan kemudahan dari pemilik situs mengubah data traffic, kemudian dijadikan sebagai keputusan pemasaran yang sangat mudah.

Tepat setelah mendaftar, Alexa akan mempersonalisasikan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan sebuah informasi. 

Diantaranya seperti tujuan situs website pribadi, topik konten yang dibahas, kompetitor dan lainnya.





Tools Alexa akan langsung mengkompilasi statistik traffic untuk sebuah situs website anda pada halaman dasbor.

Data yang ditampilkan yakni “Peringkat Global”. Pengunjung unik bulanan, harian, serta persentase traffic yang didapatkan secara organik.




Bila anda ingin melihat data traffic dari kompetitor yang diinginkan sebelumnya, anda bisa memasukan URL website kompetitor “Cari Situs”.




Halaman tampilan akan berubah, yakni sesuai dengan data domain kompetitor yang ditentukan sebelumnya.

Kemudian anda juga akan menemukan beberapa ringkasan lokasi dari audient kompetitor, serta peringkat Alexa dari situs tersebut yakni sesuai negara yang ditetapkan dalam website kompetitor.




Pada bagian halaman tinjauan situs akan menemukan beberapa data. 

Yakni seperti data rasio pentalan situs website, waktu harian pada situs serta keyword teratas.




Bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut, terlebih yang berkaitan dengan audient kompetitor. Cukup gulir pada bagian bawah, klik yang mengunjungi.

Dari situ anda bisa menemukan data demografis penting. 

Termasuk namun tidak terbatas pada jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia, serta beberapa data lainnya yang ada pada situs kompetitor.




Tujuan mengetahui usia pembaca dari sebuah website bisa dijadikan untuk acuan membuat konten yang sesuai. 

Misalnya yang berkaitan dengan gaya penulisan dan hal lainnya.

Bila ingin menginginkan gagasan untuk sebuah konten potensial, gunakan “Alat Audiens” yang mana sudah disediakan tools Alexa.





Setelah memasukan URL kompetitor, klik pada bagian “Jelajahi Minat”. 

Nanti akan ditampilkan data yang cukup jelas berkaitan dengan perhatian audient pada situs kompetitor tersebut.

Tools Alexa juga memperkirakan sebuah kemungkinan para pengguna untuk mengunjungi kemudian dibandingkan dengan populasi online secara umum. 

Rincian lain juga termasuk pada tingkat minat secara keseluruhan, persentase dalam total traffic situs serta jumlah situs dalam sebuah kategori minat sama.





Bila anda klik bagian “Lihat detail” maka akan ditampilkan awan topik yang populer sesuai minat yang dipilih.






4. Tools Similar Web


SimilarWeb salah satu tools pemeriksa traffic website yang tersedia secara gratis. 

Memungkinkan sekali bisa menggunakan tools ini tanpa harus membuat akun terlebih dahulu.

Pada bagian search anda cukup memasukan URL situs kompetitor kemudian tekan “Enter.”





Dari input URL yang sudah dilakukan sebelumnya, akan ditampilkan data yang cukup detail terkait URL pilihan tersebut. 

Bisa data yang berkaitan dengan tanggal didirikannya situs, pra tinjau situs baik dari segi seluler hingga desktop.

Hal lain yang disajikan juga yakni wawasan domain yang cukup relevan. 

Salah satunya ditampilkan peringkat global dan negara asal juga tersedia pada bagian ikhtisar domain.




Halaman ini juga berisi data analisis traffic website dari domain yang sedang diperiksa sebelumnya. 

Menampilkan total kunjungan hingga tingkat pentalan situs.




Sekalipun diakses sebagai tamu, SimilarWeb menyediakan data traffic cukup mendalam. 

Seperti sumber traffic utama situs website, serta distribusi pengunjung antara saluran traffic organik dan berbayar.

Semua data yang ditampilkan tersebut diberikan dalam bentuk laporan traffic situs web gratis. 

Cukup gulir pada bagian bawah bila ingin menemukan semua informasi yang dibutuhkan.

Bisa juga menggunakan bilah sisi untuk bernavigasi pada bagian yang diperlukan dengan cepat.



Dari gambar, tersedia fitur perbandingan situs website secara penuh yang dibuka dengan tampilan antar muka web gratis.

Bila anda ingin mengoperasikan menu di atas, cukup klik “Bandingkan” pada bagian atas halaman ikhtisar. 

Kemudian nanti akan diminta untuk memasukan URL situs web kompetitor atau bisa memilih dari daftar kompetitor yang disediakan secara otomatis.




Tepat seperti yang diharapkan, SimilarWeb menyegarkan halaman ikhtisar dengan penambahan data traffic situs website kompetitor.


Lacak traffic kompetitor


Bagi anda yang memerlukan tools gratis, dengan SimilarWeb ini anda bisa mendapatkan data analisis tanpa ada batasan. 

Memang berbeda dengan tools lainnya yang tersedia hanya beberapa kali saja dari sekali penggunaan.

Sekalipun disediakan dengan versi gratis, tetap bisa mendapatkan tampilan data analisis secara jelas terkait dengan traffic yang ada pada situs kompetitor.


Berikut Ini Akan Ditunjukkan Bagaimana Hal Tersebut Bisa Dilakukan…

Misalnya saja dengan akun SimilarWeb, anda bisa menemukan pembagian traffic email.




Anda bisa menambahkan metrik pada dasbor khusus, yang mana bisa memudahkan untuk melacak wawasan yang penting.

Untuk melakukan hal tersebut, silahkan cari metrik yang ingin anda lihat. Cukup klik tombol “Plus” pada bagian kanan atas kartu tersebut.




Tindakan tersebut akan mengarahkan pada dasbor pilihan khusus atau membuat dari awal. 

Setelah anda menambahkan metrik, bisa juga melihat dasbor dengan membuka tab menu “Dasbor”.




Bagaimana, cukup rapi bukan?

Perlu diingat bila ini hanya versi gratis dari SimilarWeb. Analisis traffic hanya merupakan puncak untuk platform analytic lengkap.

Karena artikel ini hanya menyampaikan tools gratis berkaitan dengan melacak traffic. 

Maka dari itu saya tidak akan memberikan penjelasan berkaitan dengan paket premium dari SimilarWeb. 

Sebaliknya anda cukup menggunakan demo gratis untuk melihat antarmuka web pada tujuan yang sudah dijelaskan sebelumnya.


Artikel lain mungkin bisa membantu anda:
  1. Kata Kunci LSI
  2. Tools Kata Kunci
  3. Mendapatkan Link Berkualitas
  4. Penulis Blog
  5. Membuat Website Berkualitas SEO


Metode 2 : Dapatkan Statistik Menggunakan Pengukur Traffic Web Secara Cepat


Sekalipun PRNEWS.io secara teknis merupakan tools berbasis web yang dapat membantu mengidentifikasi traffic web, hal ini lebih bagi digambarkan sebagai “pasar konten bersponsor.” 

Tujuan utama dari tools ini untuk memandu pemasar dalam menemukan situs yang membantu publisitas.

Mungkin yang merupakan cara terbaik untuk bisa memahami cara kerja PRNEWS.io yakni dengan melihat halaman “Marketplace”.




Pada halaman tersebut anda bisa melihat secara sekilas jaringan publikasi PRNEWS.io. dimana pemasar dapat melakukan promosi bisnis.

Membantu pengguna untuk memutuskan publikasi mana yang nantinya akan digunakan? Mengapa-perkiraan kunjungan data bulanan dari setiap situs web, ya tentu saja.




Lantas bagaimana bila kompetitor bukan termasuk publikasi berita?
Pertanyaan ini bisa saja anda sampaikan. 

Terus membaca artikel ini demi mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang disampaikan.

Sangat benar bila PRNEWS.io menyajikan data publikasi online di jaringan mereka. 

Namun keuntungan lainnya yakni tools ini menyediakan tools “Unique Viewers Estimator” secara gratis yang berfungsi untuk hampir semua situs.




Setelah melakukan klik pada tab “Perkirakan” PRENEWS.io, maka akan ditampilkan cuplikasn jangkauan online situs. 

Diwakili dengan perkiraan audient secara bulanan, pembagian sosial, waktu di situs, serta beberapa metrik lainnya.





Ini Satu Tools Lagi…..

Tools SiteWorthTraffic.


Tools ini merupakan penaksir lain yang bisa mengumpulkan data dari berbagai macam sumber. 

Termasuk sumber dari Google maupun Alexa, yakni untuk menghitung jumlah pengunjung yang didapatkan salah satu situs website.

Sama seperti tools lainnya, cukup memasukan URL situs kompetitor kemudian tekan “Kirim”, maka akan ditampilkan perkiraan dari metrik yang anda inginkan.




Terlepas dari tampilan data pengunjung unik dan tampilan halaman total per harinya, tools ini dapat memperkirakan nilai dari keseluruhan situs serta pendapatan harian mereka.

Bahkan memberikan data Alexa Global Rank situs. 

Yakni merupakan metrik yang harus anda ketahui bila memang ingin anda ketahui lebih lanjut.




Silahkan membaca sisa dari laporan. Hanya saja sebagian besar daya yang tersisa tersebut diambil dari platform Alexa.

Namun keuntungan pasti, anda bisa menggunakan dan mengakses metrik tersebut secara gratis.



Metode 3 : Pindai Website Kompetitor Untuk Informasi Traffic Gratis


Pada dasarnya merupakan opsi yang disukai untuk memanfaatkan tools untuk layanan hemat waktu.

Bila anda bertanya-tanya -  ada cara untuk menjawab pertanyaan “berapa banyak traffic yang didapat situs website” tanpa bantuan perangkat lunak.

Merek kadang memamerkan tonggak sejarah dari situs web demi meningkatkan kredibilitas mereka, menarik lebih banyak pelanggan maupun merayu calon pengiklan. 

Situs web yang menerima kontribusi dari posting tamu pada dasarnya juga dapat mengungkapkan angka kunjungan, yakni untuk mendorong blogger yang berpengaruh membuat kiriman.

Silahkan melihat pada penjelasan di bawah berkaitan dengan TechCruch.




Sekalipun perusahaan besar lebih memungkinkan akan mempublikasikan informasi traffic mereka, bahkan blogger juga kadang melakukan hal tersebut guna dapat menarik penulis serta pengiklan tamu yang cukup potensial.

Berikut ini tampilan dari The Savvy Couple – merupakan blog manajemen untuk pembaca situs tersebut.




Cara Menemukan Halaman Yang Tepat

Bila anda ingin mengetahui apakah kompetitor memiliki halaman seperti itu, cara sederhana yang bisa dilakukan yakni melakukan pencarian Google. 

Cukup menggunakan bantuan dari “situs: operator” ditambah beberapa kemungkinan frase “footprint” yang mana mengarah pada halaman yang dibutuhkan.

Katakanlah ThinkMaverick merupakan salah satu kompetitor anda. Maka untuk melihat apakah mereka juga membagikan statistik traffic di situs tersebut, maka jalankan Google serta masukan seperti berikut ini:




Masukan istilah-istilah tertentu yakni yang menggambarkan halaman berisi data traffic.

Bisa menggunakan keyword “kirim posting tamu”. Setelah hasil sudah masuk, maka gunakan kebijaksanaan anda untuk memilih halaman yang tepat.




Bila beruntung, informasi traffic situs menjadi halaman pertama yang terlihat. 

Bila memang kurang beruntung, maka perlu membaca halaman untuk menemukan hal tersebut.

Informasi situs pada ThinkMaverick bisa ditemukan pada bagian bawah halaman pedoman posting tamu.




Dibawah ini ada beberapa frase pencarian yang bisa anda gunakan di Google yakni dengan tujuan menemukan halaman kompetitor dengan data traffic:

  1. Mengiklankan
  2. Beriklan dengan kami
  3. Mengapa kirim kiriman tamu
  4. Posting tamu
  5. Panduan posting tamu
  6. Statistik situs
  7. Statistik lalu lintas
  8. Sesi bulanan
  9. Tampilan halaman bulanan
  10. Pengunjung unik





Hal Lainnya Yang Sangat Bermanfaat…..

Sekalipun metode ini tidak dijamin akan berfungsi, jelas cara ini cukup cepat dan murah untuk mendapatkan wawasan traffic tentang kompetitor anda. 

Cukup meluncur ke Google, mencari menggunakan kueri yang tepat, serta memeriksa apakah situs web kompetitor menawarkan data traffic dengan sukarela.

Selain kemungkinan kompetitor memilih menjaga data traffic selalu private, ada beberapa peringatan untuk taktik ini.


- Statistik Traffic Yang Kedaluarsa

Ketahuilah bila tidak banyak pemilik web yang sangat peduli tentang informasi traffic publik mereka agar tetap diperbarui.  

Bahkan perusahaan besar juga sering memperbarui data tersebut. Maka coba untuk mengambil statistik situs web mereka.


- Membulatkan Angka

Berikut ini tips yang bisa digunakan: Terkadang situs web mengumpulkan data traffic mereka agar tampak seperti mereka mendapatkan lebih banyak traffic. 

Bila mereka mengklaim mendapatkan 5.000 visitor per hari, ada kemungkinan mereka hanya mendapatkan sekitar angka 4.700 atau 4.900.


- Pemilik Situs Web

Hal yang kurang pantas terakhir, ada beberapa pemilik web yang kurang jujur, yang mana merilis data traffic palsu untuk menarik pengiklan serta membangun otoritas situs tersebut.

Itulah sebabnya anda perlu mengambil beberapa langkah guna dijadikan tambahan bila memang anda ragu dengan jumlah yang sudah tersedia.


Memeriksa Metrik Keterlibatan Secara Manual

Bila memang anda merasa kurang puas atau yakin terhadap data yang disajikan oleh beberapa website, anda bisa memasukan metrik keterlibatan lain di dalam estimasi traffic anda.

Hal ini berkaitan dengan topik jumlah komentar pos, berbagi media sosial serta jika mungkin pandangan YouTube yang didapatkan.

Untuk melatakan segala sesuatu dalam perspektif, Web Neil Patel merupakan salah satu web dengan 1,2 visitor setiap bulannya. 

Terlepas dari pembaca yang sangat besar dengan otoritas Neil Patel, posting konten hanya sekitar 100 hingga 200 komentar cukup umum pada blog tersebut.




Anda bisa menggali dengan lebih dalam untuk memeriksa pembagian sosial yang didapat dari posting mereka. 

Sama seperti statistik traffic, sebagian besar situs besar dan mapan menampilkan informasi tersebut dan menggunakannya sebagai bukti sosial.

Ketahuilah, bila hal ini bukan ilmu pasti. Hal tersebut hanya menjadi cara yang baik mengukur potensi jangkauan pesaing bersama dengan jenis konten yang bisa membuat keterlibatan audient.


Bagaimana Cara Menggunakan Informasi Traffic Situs Web Untuk Pertumbuhan Blog?

Percuma saja sudah memiliki data analytic. Terlebih bila tidak mengetahui cara mengubahkan menjadi strategi sebagai langkah selanjutnya.

Melalui informasi di atas, anda dapat mencapai hal berikut:

  1. Cara memeriksa nomor pengunjung situs kompetitor
  2. Mengenali audient ideal pada level lebih dalam
  3. Tentukan jenis topik konten yang mendapat traffic paling banyak
  4. Identifikasi keyword teratas di pencarian
  5. Lakukan semua hal yang sudah disampaikan pada situs kompetitor.


Pertanyaan selanjutnya, apa yang bisa anda lakukan melalui keterampilan yang sudah didapatkan dari artikel ini?

Berikut jawaban dari pertanyaan tersebut:


1. Temukan Serta Gunakan Saluran Akuisisi Traffic Terbaik


Dari semua hal yang disampaikan dalam artikel ini. Sebenarnya anda sudah mempelajari untuk meninjau domain rujukan untuk menemukan domain yang menghasilkan traffic terbanyak.

SimilarWeb misalnya, bisa mengurutkan domain pengarah berdasarkan dengan traffic share. Anda bisa mendapatkan laporan tersebut dengan klik pada bagian “Traffic Masuk” pada bagian sub-menu “Traffic Rujukan”.




Di bawah ini merupakan bagian dari “Situs Web Rujukan”. Anda dapat melihat daftar domain rujukan yang berada teratas ke situs web bersama dengan jumlah total bagian traffic rujukan situs website anda.




Kemudian apa yang harus dilakukan setelah memberi nama sumber traffic rujukan utama anda?

Cukup sederhana: asimilasi strategi mereka menjadi milik anda sekarang.

Lihat sekitar domain pengarah serta lihat apakah menerima kiriman tamu, posting yang di sponsori serta proposal iklan lain. Bila domain memiliki bagian forum, cari dengan sebarang nama kompetitor anda. 

Mungkin mereka menyerap traffic dengan teknik menjawab pertanyaan dan menautkan pada situs mereka. 

Bisa juga menggunakan tools Ahrefs sebagai titik awal yakni dengan memasukan URL kompetitor kemudian klik bagian “Tautan Balik”.




Ahrefs akan memberikan anda daftar lengkap dari halaman rujukan serta traffic bulanan rata-rata yang didapatkan.

Perhatikan bila hal tersebut tidak secara langsung mencerminkan jumlah visitor yang benar-benak klik ke situs web kompetitor. 

Tetapi itu bisa menjadi ukuran yang baik tentang berapa berharganya sebuah tautan. Baik berguna untuk SEO atau generasi traffic.




Bila saya berada di posisi anda, tentu saya juga akan mengklik bagian “Traffic”. Tentunya dengan tujuan untuk mengurutkan halaman referensi dengan ukuran audient. 

Hal ini seharusnya bisa memudahkan menemukan domain yang potensial, yang menjadi tempat untuk anda memperoleh traffic rujukan yang menarik.

Kemudian perhatikan juga teks jangkar serta halaman tujuan yang digunakan dalam sebuah backlink. 

Berikan konten kompetitor pandangan cepat dan pelajari praktik konten tersebut. 

Misalnya seperti penggunaan visual, topik, serta nada konten secara menyeluruh.





Berikut ini beberapa tips yang perlu anda ingat bila ingin memasukan data traffic ke dalam pengambilan keputusan pemasaran:

  1. Bila kompetitor anda mendapatkan traffic rujukan dari posting tamu, ketahui cara untuk mengembangkan strategi mereka.
  2. Untuk media sosial serta saluran traffic email, kelola lacak waktu posting secara manual, atau menggunakan alat pendengar media sosial. Bisa menggunakan Hootsuite.
  3. Jangan melihat terowongan saluran traffic berkinerja terbaik – jangan ragu melihat sumber traffic berkinerja rendah serta mencoba menambahnya menggunakan tweak anda.


Menggandakan Upaya….

Anda bisa mencari situs serupa serta mencoba me-replikasi strategi, yakni yang sama dengan audient yang berbeda. 

Baik itu review yang di sponsori sebuah iklan hingga posting tamu.

Proses ini dapat berjalan dengan Ahrefs. Yakni dengan menggunakan tools “Penjelajah Situs”. 

Cukup memasukan URL domain dari sumber traffic rujukan anda kemudian pilih bagian “Domain Yang Bersaing.”

Daftar situs web yang akan ditampilkan, termasuk keyword “Umum.” Tampak seperti gambar berikut:




Anda harus bisa menggunakan strategi yang sama yakni dengan domain serupa ini, kemudian mengharapkan hasil sebanding.


2. Temukan Keyword Traffic Tinggi Untuk Meningkatkan Visibilitas Blog Yang Anda Kelola

Seperti ini masalahnya: Menganalisa data traffic situs web sangat sering mengungkapkan keyword yang mendapat klik terbanyak.


Sebagian fakta, SEMrush bisa digunakan untuk melihat peringkat dari keyword yang sudah anda gunakan dalam konten. Bisa juga menggunakan tools Ahrefs. 

Kedua tools tersebut bisa membantu untuk mengetahui keyword target kompetitor. 

Sama halnya mereka juga membuat hal tersebut lebih mudah untuk memilih keyword dengan potensial traffic terbanyak.

SEMrush juga digunakan untuk mengidentifikasi keyword kompetitor yang mendapat traffic terbanyak di mesin pencari. 

Cukup membuka bagian “Penelitian Organik” kemudian pilih bagian “Analisis Domain” serta masukkan URL kompetitor anda.




Selanjutnya anda bisa beralih pada tab “Posisi” bila memang ingin mengetahui keyword target utama kompetitor, yang mana berada pada peringkat teratas mesin pencari.

Hasil yang diberikan mencakup metrik relevan. Yakni seperti posisi organik dari setiap keyword, traffic dengan berbagai keyword, serta konten yang memberikan peringkat untuk keyword tertentu.




Pada gambar di atas, bisa menyimpulkan bahwa 10.06 persen dari traffic organik 99 Tech Post berasal dari keyword “Editor PSD Online.” 

Cari Tumpukan Emas…

Hal ini tentu mengingatkan anda dan saya. Karena awalnya berencana mendapatkan keyword kompetitor sebagai milik anda, mungkin harus berusaha lebih keras serta mengambil posisi no satu.

Setelah mengidentifikasi keyword pesaing yang ingin ditargetkan, jangan lupa bila keyword yang sama juga ditargetkan situs lainnya. 

Saat memutuskan untuk menggunakan keyword, anggap situs lainnya juga menjadi kompetitor anda.




Pada posisi teratas SERP, konten yang disajikan mampu sebagai konten pembunuh. 

Anda juga bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih menarik dan bisa menaikkan peringkat konten yang anda siapkan.


3. Buat Artikel Mirip Dengan Konten Terbaik Kompetitor Anda

Melacak traffic yang mengalir pada website kompetitor adalah cara pasti untuk menemukan konten terbaik yang mereka miliki.

Di sini anggap saja situs Trello sebagai kompetitor anda saat ini.

Situs Explorer Ahref – masukan URL kompetitor kemudian klik bagian “Cari.”




Ketika masuk pada tab “Konten Top”, akan terlihat kumpulan konten Trello yang cukup populer. 

Ini merupakan sebuah gagasan konten yang terbukti berhasil, kemudian anda perlu menerbitkan versi anda sendiri. 

Terlebih disesuaikan dengan blog yang dikelola saat ini untuk mendapatkan traffic.




Dari posting dengan tema “The’ Coffee Shop Effect’: Why Changing Your Location Boosts Your Productivity”

(Arti: “Mengapa mengubah lokasi anda meningkatkan produktivitas anda”).




Namun perlu diketahui bila tidak boleh membuat konten kompetitor anda secara mencolok, terutama bila konten itu sudah besar di media sosial. 

Hal yang bisa anda lakukan yakni menambahkan sentuhan pribadi kemudian membuat sudut baru menggunakan ide sama.

Berikut ini ada 5 faktor berkaitan dengan kualitas konten yang bisa anda fokuskan. Diantaranya yakni: 

  1. Lebih Banyak Konten Visual
  2. Tingkatkan Jumlah Kata
  3. Statistik Yang Diperbarui
  4. Perbanyak Keyword
  5. Opsi Berbagi Di Berbagai Media Sosial



Kesimpulan

Dari artikel yang sudah dibuat ini, saya harapkan anda bisa mendapatkan pemahaman lebih. Yakni berkaitan dengan mengetahui traffic kompetitor.

Dari artikel ini juga diharapkan anda mendapatkan pemahaman akan analisis traffic, tools analisis, serta bagaimana memanfaatkan data yang sudah dikumpulkan guna meningkatkan blog yang sedang dikelola.

Bila memang artikel ini dirasa berguna, silahkan membagikan artikel ini pada orang lain. 

Selanjutnya giliran anda untuk menerapkan apa yang sudah dijelaskan dalam artikel ini pada website anda masing-masing.

Pastikan anda benar-benar paham untuk mengetahui traffic kompetitor dengan baik.

Semoga anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Salam Blogger.