Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Dasar Yang Benar Jika Ingin Menjadi Penulis Blog


Menjadi penulis blog memang bukan hal baru lagi untuk saat ini, namun aktivitas ini bisa dikatakan salah satu hal yang paling banyak ditekuni beberapa orang diluar sana.  

Bahkan tidak sedikit juga yang mendapatkan kesuksesan besar bermula dari penulis blog, baik itu yang menggunakan blog yang bersifat free seperti blogspot.com, wordpress.com sampai pada sebuah website dengan domain khusus, diantaranya .com, .net, .id dan lainnya.

Namun terlepas dari mencapai sebuah kesuksesan berawal dari penulis blog, ada hal penting yang perlu diperhatikan dengan benar sebelum terjun langsung menjadi seorang penulis blog.

Sebelum menjadi seorang blogger, memang diharuskan memiliki sebuah fondasi yang kuat yang mana hal ini berkaitan erat dengan kelangsungan dari blog yang akan dikelola nantinya.

Sampai saat ini, bisa kita lihat ada banyak sekali blog yang bermunculan di mesin pencari google bahkan dengan tema yang berbeda-beda, baik itu marketing, online shop dan masih banyak lagi tema yang bisa kita jumpai.

Hal Yang Harus Dimiliki Sebelum Menjadi Penulis Blog

Bila memang anda berencana menjadi seorang penulis blog, ada baiknya menanamkan fondasi awal berikut ini, yang mana hal ini menjadi kunci kelangsungan pada sebuah blog yang akan anda kelola ke depannya.



Penulis Blog




#1 Memiliki Visi yang Benar

Ketika sudah memiliki sebuah blog, semangat kadang akan membara dalam beberapa waktu, baik itu dalam 1 minggu, 1 bulan, 2 bulan, atau ada yang masih membara semangatnya hingga kini.

Namun ketahuilah, bila semangat menulis di sebuah blog pasti akan pernah pudar dalam artian mulai mengalami kebosanan, hal ini jelas dikarenakan visi awal yang salah pada saat memulai untuk menjadi penulis blog.

Banyak beberapa kalangan mencoba menjadi penulis blog dikarenakan untuk mencari keuntungan atau penghasilan yang mana sering menggunakan AdSense.

Visi Penulis Blog


Pada saat pertama kali mendapatkan akun AdSense jelas hal tersebut membuat hati gembira, bahkan tidak jarang pemilik blog merasa bangga dan merasa blog yang dimiliki sudah berkualitas di mata mesin pencari google.

Bahkan banyak yang beranggapan mereka akan mendapatkan keuntungan atau gaji dari AdSense dengan mudah hanya menggunakan blog.

Namun ketika sudah menjalani aktivitas menjadi penulis blog dalam waktu yang lama dan belum mendapatkan penghasilan seperti yang diharapkan, di situlah semangat mulai habis.

Belum mendapatkan penghasilan dari akun AdSense pada waktu yang lama jelas membuat niat menulis langsung hilang.

Seorang dengan memiliki visi yang benar pada awal membangun sebuah blog atau menjadi penulis blog, jelas tidak akan pernah turun semangatnya sekalipun belum pernah menikmati yang namanya hasil AdSense.

Memang tidak ada salahnya bila ingin memasang AdSense pada blog pribadi.

Namun yang salah yakni ketika ingin mendapatkan hasil dengan cepat tetapi tulisan yang dimuat hanya sebatas mencari visitor atau pengunjung, tanpa memberikan manfaat bagi setiap pembaca artikel tersebut.

Blogger


Visi yang benar bila ingin menjadi penulis blog ialah, terus membakar semangat untuk menciptakan karya dalam bentuk tulisan, dan tidak memandang dari segi keuntungan finansial saja, namun lebih mengarah pada hobi untuk membagikan segala sesuatu untuk orang lain yakni dengan teknik menulis artikel berkualitas dan bukan COPAS.

Ingat, untuk mendapatkan hasil dari AdSense tidaklah mudah, butuh usaha yang lebih keras dan perlu memahami beberapa teknik mendasar lainnya guna menaikan penghasilan di akun AdSense.

#2 Buat Tulisan Yang Original

Hal yang menjadi momok menakutkan bagi seorang penulis blog salah satunya ialah kurangnya kemampuan membuat tulisan original.

Membuat tulisan original memang tidak bisa di pungkiri jika sangatlah membosankan dan memakan waktu cukup lama bila dibandingkan dengan artikel COPAS.

Tulisan Yang Original

Membuat artikel COPAS memang tidak memerlukan waktu yang lama. Terlebih saat ini sudah banyak Tools yang berkaitan dengan pembuatan artikel dengan jumlah yang banyak hanya dalam hitungan detik.

Tetapi ketahuilah artikel COPAS sama saja dengan artikel ilegal bahkan hal tersebut sama saja menurunkan reputasi dari pemilik blog. 

Belum lagi artikel tersebut tidak mencantumkan URL dari penulis aslinya terkait dengan artikel yang sudah di publish.

Membuat artikel ORIGINAL membutuhkan waktu, tenaga, pikiran yang tidak sedikit, hal tersebut sangatlah benar.

Tetapi sekalipun harus berkorban dalam hal yang banyak, artikel original jelas memiliki kualitas yang baik bahkan penulisannya bisa dimengerti oleh semua pembaca.

Bila memang anda masih minim pengalaman ketika membuat artikel. Salah satu cara yang bisa anda lakukan mengatasi hal tersebut bisa saja dengan membayar jasa penulis artikel. 

Namun tetap harus berhati-hari juga memilih penulis. Jangan sampai memilih penulis artikel yang memiliki kemampuan COPAS juga.

Artikel Original


Bila penulis artikel yang anda bayar hanya bisa COPAS juga. Sama saja percuma anda  membayar mereka.

Sebenarnya masih banyak diluar sana jasa penulis artikel berkualitas yang bisa anda temukan agar mendapatkan artikel yang benar-benar original.

Salah satu rekomendasi jasa yang sering saya pakai ketika hendak memesan artikel yakni situs JUARA KONTEN.

Artikel original sejatinya memiliki manfaat yang sangat besar dalam sebuah situs blog. 

Salah satunya berkaitan erat dengan AdSense yang mungkin sudah anda miliki saat ini.

Semakin sering anda berlatih menulis artikel, maka akan semakin bagus tulisan yang anda nantinya. Bahkan bisa saja  memerlukan waktu singkat untuk menciptakan karya tulisan dalam sebuah blog.

Tulisan ORIGINAL mencerminkan seorang blogger yang profesional. Blogger profesional akan lebih menghargai karya orang lain. Tanpa adanya tindakan COPAS.  

Bila memang mengutip kata pasti akan mencantumkan sumber dalam tulisannya.

Jadilah blogger profesional dengan artikel original dan bukan blogger abal-abalan. Yakni hanya bisa mencomot artikel orang lain dengan seenaknya.

#3 Bertanya Pada Senior Blogger Lainnya



Sekalipun blog yang kita miliki sudah lama dibuat. Pasti ada hal tertentu yang belum dipahami.

Sebuah blog sulit berkembang sebenarnya bukan hanya dari segi artikel saja. Terkadang perlu juga memperhatikan setiap pengaturan dalam blog tersebut.

Bertanya Pada Senior Blogger


Blog yang baik jelas memiliki tampilan user friendly. Misalnya memiliki atribut yang sesuai, kecepatan yang cukup baik, dan hal teknis lainnya berkaitan dengan interface blog tersebut.

Bila memang blog yang dimiliki saat ini dirasa masih kurang memadai. Bahkan tidak memiliki pemahaman dalam pengaturan blog. 

Ada baiknya anda bertanya kepada senior blog. Hal ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang sedang dialami.

Anda bisa mencari informasi untuk setting blog dari forum, group dan lain sebagainya. Asalkan masuk dalam kriteria, yakni berkaitan dengan dunia blog.

Memiliki tampilan blog yang user friendly sama saja dengan memberikan kenyamanan pada pembaca blog. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan pembaca akan lebih senang melihat blog anda. Serta betah membaca artikel yang sudah diterbitkan tanpa mengalami gangguan saat menjalankan aktivitas tersebut.

Intinya jangan pernah malu bertanya kepada orang lain yang lebih paham tentang blog. 

Janganlah menjadi orang yang sok tahu tetapi kenyataannya belum benar-benar paham.

Jangan Malu Bertanya


Beberapa poin di atas memang terlihat sederhana. Namun sering kali banyak kalangan melupakannya. 

Mungkin bisa dikatakan, banyak dari blogger yang tidak memiliki visi seperti di atas ketika memulai menjadi penulis blog.

Kadang kala banyak blogger yang bermunculan hingga saat ini hanya dengan alasan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti sudah dijelaskan yakni menggunakan AdSense. 

Ada banyak hal yang harus di ketahui lebih lanjut bila memang ingin mendapatkan penghasilan dari AdSense. 

Diantaranya paham kriteria blog yang sesuai AdSense.

Salah satunya yang perlu anda ketahui jika ingin memaksimalkan penghasilan dari AdSense ialah dengan memahami ilmu SEO. 

Misalnya paham akan konten dengan kaidah SEO.

Kesimpulan dari artikel kali ini tidaklah lepas dari hal utama yang perlu dimiliki seorang penulis blog. 

Semoga dengan apa yang sudah disampaikan di atas, anda lebih bersemangat lagi menjalani aktivitas sebagai blogger. 

Jelasnya berikan semua konten dengan kualitas terbaik, tanpa didasari dengan niat lainnya seperti mengejar finansial saja. 

 Penulis Blog


Kerja keras bila terus dilakukan jelas akan memberikan dampak yang positif di waktu yang akan datang. Bahkan tidak menutup kemungkinan berpengaruh pada finansial anda juga.

Salam Blogger Pemula.
KT