Teknik SEO On-Page Untuk Meningkatkan Peringkat Konten
(Teknik SEO On-Page Untuk Meningkatkan Peringkat Konten) - SEO On-Page serta SEO Off-Page merupakan hal penting yang harus dilakukan.
Yakni untuk semua website (TLD) maupun blog (Free).
SEO On-Page bertugas untuk memastikan konten website dapat diurutkan dengan benar.
Kemudian SEO Off-Page akan membantu pengguna serta mesin pencari untuk menelusuri dan menemukan sebuah situs.
Melalui artikel ini, dengan mudah anda bisa memahami kedua hal tersebut. Bahkan hanya dalam hitungan menit.
Sekalipun anda bukan seorang ahli SEO, penerapan SEO On-Page serta SEO Off-Page pada website bisa anda lakukan dengan mudah.
Lanjut baca artikel ini agar mengerti hal tersebut.
Bagi anda yang belajar blog maupun website secara otodidak, hal pertama yang harus dipelajari berkaitan dengan SEO yakni terkait dengan On-Page serta Off-Page.
SEO Off-Page ialah yang mencakup tindakan yang dilakukan di luar blog maupun website. Dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat pada website tersebut.
Baik itu otoritas hingga peringkat keseluruhan halaman blog dan website.
SEO On-Page merupakan optimasi yang dilakukan di dalam website atau blog.
Teknik SEO On-Page Untuk Meningkatkan Peringkat Konten
Sampai sekarang, apa kamu sudah melakukan optimasi on-page? hayoo, yakin sudah kamu lakukan dengan benar?
Kalau masih ragu, coba deh kamu baca konten ini hingga selesai. Lalu terapkan di blog kamu, lihat hasi terbaik bisa kamu dapatkan.
1. Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Dengan Benar
Perlu diketahui, banyak pengelola website maupun blog menempatkan kata kunci sebagai spam.
Dengan hal tersebut, mereka mampu muncul di halaman pertama Google, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.
“ SEO yang ada di era modern, tindakan di atas merupakan penyebab sebuah situs mendapatkan hukuman Google.”
Demi menghindari hukuman Google, banyak blogger menggunakan tools pemeriksa kata kunci.
Dengan tujuan mengetahui penggunaan kata kunci sudah sesuai dan tidak berlebihan.
Tentunya anda juga bisa menerapkan hal tersebut, yakni dengan tujuan mengetahui kata kunci yang diletakkan tidak berlebihan.
Brian Dean seorang pakar SEO pernah mengatakan: “ 150 kata pertama merupakan salah satu tempat ideal untuk meletakkan kata kunci (Keyword).”
Elemen Lainnya Yang Bisa Digunakan Untuk Meletakkan Kata Kunci.
A. Kata Kunci Pada Tag Judul
Peletakan kata kunci pada tag judul merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal ini juga bertujuan untuk memberi tahu pembaca serta mesin pencari tentang konten yang disajikan.
Pada WordPress, hal ini tentunya cukup mudah dilakukan. Hanya perlu menggunakan editor posting.
Letakkan kata kunci pada saat melakukan editing di bagian tag judul.
Perhatikan cara peletakan serta hasil yang didapatkan. Yakni ketika meletakkan kata kunci di tag judul konten.
Elemen lain yang perlu di ubah yakni terkait dengan permalink. Hal ini juga membantu meningkatkan peringkat konten website.
B. Kata Kunci Pada Sub Judul
Tentunya anda pasti tahu bila harus meletakkan kata kunci pada seluruh isi konten. Dengan tujuan awal mendapatkan peringkat teratas mesin pencari.
Pada sebuah konten, kata kunci juga bisa diletakkan pada subjudul. Hal ini jelas membantu meningkatkan SEO pada konten yang disajikan.
Perhatikan gambar agar lebih jelas.
Sub judul yang dimaksudkan bisa berupa H1, H2 dan seterusnya. Penggunaan sub judul tentunya tidak akan sama. Dalam artian artikel dengan pembahasan panjang bisa menggunakan sub judul lebih dari satu.
Namun jangan melakukan hal tersebut secara paksa. Misalnya saja ketika penyajian konten pendek.
C. Kata Kunci Pada Kategori Posting
Banyak pakar SEO serta panduan yang diberikan melupakan untuk menyebutkan kategori posting.
Apapun jenis situs yang dikelola, kategori posting bertujuan membantu pembaca maupun mesin pencari mengidentifikasi topik konten tersebut.
Kategori posting dapat membantu pembaca menjelajahi situs, terlebih menemukan konten yang sedang dibutuhkan.
D. Kata Kunci Pada Deskripsi
Deskripsi ialah halaman ringkasan dari sebuah konten yang disajikan pada website maupun blog.
Deskripsi memang memiliki dampak yang sangat kecil. Namun dengan adanya deskripsi, maka bisa meningkatkan klik pada konten.
Kemudian hal tersebut juga mempengaruhi lalu lintas organik pada konten.
Bagi pengguna WordPress, lebih baik memasang fitur Yoast SEO. Pastikan juga deskripsi yang ditulis sekitar 150-160 kata. Dengan tujuan agar bisa ditampilkan secara menyeluruh oleh Google.
E. Kata Kunci Pada Gambar
Kata kunci target akan lebih maksimal bila memang menyertakan hal tersebut pada sebuah gambar.
Pada artikel sebelumnya pernah dibahas bila konten membutuhkan visual.
Mungkin banyak yang bertanya: “Bagaimana cara meletakkan kata kunci pada sebuah gambar.”
Perhatikan gambar untuk melakukan hal tersebut.
Tujuan peletakan kata kunci pada gambar ialah membantu mesin pencari memahami gambar yang disajikan.
Hal lainnya yang bisa dilakukan pada gambar ialah memberikan Alt Tag.
Setelah mengganti nama gambar dan memberikan Alt Tag, selanjutnya perkecil (kompres) gambar yang sudah dipilih.
Hal ini berguna mengurangi waktu tunggu pada website. Dengan ukuran gambar kecil, jelas loading juga akan semakin cepat.
Loading cepat pada website jelas merupakan salah satu teknik SEO.
Ada banyak situs online yang bisa anda gunakan untuk memperkecil ukuran gambar. Misalnya saja: Kraken.io, TinyPNG, dan masih banyak lagi situs serupa lainnya.
2. Memberikan Link Eksternal
Sebelum anda memberikan link eksternal pada konten yang disajikan, pahami beberapa hal penting berikut.
a. Hindari Spam Link Eksternal
Teknik SEO yang benar ialah memberikan link eksternal pada konten yang disajikan. Namun penggunaan link eksternal juga perlu diperhatikan dengan benar.
Cukup menggunakan hal tersebut secara wajar atau tidak berlebihan. Penggunaan link eksternal berlebihan jelas memiliki kelemahan.
Ketika penggunaan link eksternal secara berlebihan, tentunya akan mengalihkan perhatian pembaca dari konten yang anda sajikan.
Semakin banyak link eksternal yang diberikan pada konten, maka semakin besar juga kemungkinan pembaca meninggalkan konten anda.
Pemberian link eksternal secara berlebihan juga dinilai negatif oleh mesin pencari. Konten anda bisa dinilai sedang menjual tautan atau sengaja melakukan tindakan tersebut.
b. Gunakan Link Eksternal Pada Situs Resmi
Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membuat link eksternal yakni situs yang dituju.
Pastikan situs yang dituju memiliki otoritas terbaik di mesin pencari Google. Dengan demikian akan memberikan otoritas yang baik juga pada situs yang anda kelola.
c. Pastikan Link Eksternal Terbuka Pada Tab Baru
Demi menjaga lamanya pembaca berada pada situs anda, maka pastikan link eksternal terbuka pada tab baru.
Lakukan perubahan setting pada semua link eksternal yang anda berikan.
d. Perhatikan Keterbacaan Konten
Terlihat sepele, namun banyak yang melupakan hal ini. Bisa jadi terlalu sibuk memperhatikan optimasi SEO rumit lainnya.
Keterbacaan konten jelas merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan. Terlebih lagi bila ingin meningkatkan nilai SEO pada sebuah situs.
Sesuaikan ukuran font konten anda. Jelas hal ini tidak akan sama antara website. Jadi sesuaikan dengan keperluan masing-masing.
Keterbacaan konten sebenarnya bertujuan untuk mempermudah pembaca. Terlebih ketika membaca konten menggunakan perangkat seluler.
Kesimpulan
Dengan membaca artikel ini dari awal hingga akhir, berarti anda sudah memahami salah satu teknik melakukan SEO On-Page pada website atau blog.
SEO memang merupakan tindakan yang memakan banyak waktu. Bisa diperhatikan betapa banyak hal yang harus diperbaiki.
Namun semua itu merupakan aspek yang begitu penting. Terlebih lagi bila ingin membangun otoritas website maupun blog.
Selanjutnya, giliran anda menerapkan semua penjelasan di atas pada situs anda saat ini.
Panduan di atas bisa membantu situs anda berada pada peringkat yang sedikit lebih baik dari sebelumnya.
Akhir kata, semoga penjelasan pada artikel ini benar-benar bermanfaat untuk anda.
Salam Blogger.