Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Teknik SEO Pada Halaman Untuk Meningkatkan Peringkat Konten Anda



SEO merupakan hal penting untuk meningkatkan otoritas website maupun blog. SEO pada halaman juga harus dimiliki pengelola blog mana pun.


Sekalipun SEO dilakukan di luar halaman membantu pengguna. Maupun membantu mesin pencari dapat menemukan situs anda. 


Pada dasarnya SEO pada halaman bisa memastikan konten  mendapat peringkat yang lebih baik.


Tenang, anda bisa memahami yang saya maksudkan sebentar lagi.


Bahkan anda tidak perlu menjadi seorang pakar SEO. Apalagi untuk bisa menjalankan strategi SEO di halaman website maupun blog anda.


Ok, Mari kita lanjutkan.


Teknik SEO Pada Halaman Blog


Apakah yang dimaksud dengan SEO On-Page?


Bagi blogger otodidak. Hal yang pertama kali harus anda pelajari tentang SEO. Yakni SEO tersebut memiliki dua sisi. Yakni sisi On-Page serta sisi Off-Page.


SEO Off-Page merupakan hal yang di lakukan di luar situs blog. Bahkan bisa meningkatkan peringkat Blog.


Salah satu SEO Off-Page yang cukup dikenal yakni Blogging Tamu. Hal ini bukan hanya memberikan anda lalu lintas pada rujukan. 


Namun Blogging Tamu juga bisa meningkatkan peringkat anda. Terutama dengan memperkuat profil backlink yang sudah dimiliki. 


Pada konten ini nantinya dibahas teknik melakukan mengoptimalkan situs dari atas ke bawah. Mari terus baca konten ini hingga selesai.


Cara Meningkatkan Peringkat Konten Anda

Siapa sih yang tidak mau memiliki konten blog yang berada di page one Google. Sudah pasti, semua blogger menginginkan hal ini. 


Justru itu konten ini di buat untuk kamu. Biar setelah membaca konten ini nanti bisa meningkatkan peringkat konten Anda


Tentunya penjelasan pada konten ini sangat lengkap. Jadi bisa menjadi rujukan untuk bahan belajar membangun blog berkualitas.


1. Letakkan Kata Kunci Target Di Tempat Yang Tepat


Ketahuilah, percaya atau tidak. Terkadang beberapa blogger meletakkan kata kunci target di seluruh situs mereka. Bahkan dalam satu konten dipenuhi dengan kata kunci target utama. 


Hal tersebut bisa membuat konten mereka berada di peringkat pertama dalam waktu singkat.


“Praktik tersebut sering dikenal dengan istilah penjelajahan kata kunci. Namun hasil yang bisa diterima bukan hanya peringkat saja. Melainkan sulit menghindari hukuman dari Google.”


Maka dari itu penting sekali memeriksa kepadatan kata kunci. Terlebih pada konten yang sudah dibuat sebelumnya. Tujuannya cukup jelas, yakni menghindari hukuman dari Google.


Ada beberapa tempat yang bisa anda gunakan untuk meletakkan kata kunci target. Diantaranya yakni:



- Tag Judul


Tempat pertama yang bisa anda gunakan untuk meletakkan kata kunci yakni Tag Judul. Kata kunci target bisa saja anda letakkan di awal kalimat. Tengah maupun akhir dari judul tersebut.


Banyak yang mengatakan bila kata kunci harus berada di awal kalimat. Terlebih bila ingin mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari Google. 


Pada dasarnya. Kata kunci di awal judul belum bisa menjamin konten berada di urutan pertama Google. Semuanya harus dinilai lagi dari beberapa aspek. Termasuk aspek yang ada dalam konten tersebut.



- URL Slug atau Permalink


URL Slug atau Permalink juga bisa dijadikan tempat untuk meletakkan kata kunci target. URL slug ini biasanya sering dikenal bagi pengguna WordPress. 


Sedangkan permalink dikenal kalangan blogger pengguna BlogSpot.


Ketika anda tidak mengubah URL Slug atau permalink. Terkadang URL yang tampil di halaman pencarian Google nantinya dipersingkat secara otomatis. Bahkan diberikan akhiran tanda titik-titik.


Jelas hal tersebut membuat URL tidak menarik bahkan sulit dipahami audient. Maka dari itu ubah manual URL Slug atau permalink. Ada baiknya lagi meletakkan kata kunci pada URL tersebut.



- Sub Judul


Sub judul juga bisa dipilih untuk meletakkan kata kunci target anda. Selain memberi kemudahan bagi audient untuk memahami konten anda.  


Sub judul bisa menjadi tempat yang paling tepat untuk meletakkan kata kunci target.


Sub judul ini sering dikenal juga dengan sebutan H1, H2, dan seterusnya. Hanya saja H1 secara otomatis sudah menjadi bagian dari judul utama. Maka dari itu sub judul dimulai dari H2 dan seterusnya.



- Kategori 


Dari beberapa paduan SEO yang disampaikan beberapa kalangan melupakan satu hal. Yakni melupakan kategori sebagai tempat meletakkan kata kunci target.


Pada dasarnya kategori yang diberikan pada konten bisa membantu audient. Tentunya semakin mudah audient menemukan konten yang mereka butuhkan di situs anda.


Dari kategori ini juga nantinya konten lama anda berpotensi di baca oleh audient. Namun jangan berharap lebih bila anda melupakan hal ini pada blog anda saat ini.



- Meta Deskripsi


Meta deskripsi menjelaskan secara ringkas isi konten yang sudah anda buat pada pengguna. 


Sekalipun Meta deskripsi tidak memberikan dampak secara instan untuk peringkat situs. Namun hal tersebut bisa mempengaruhi klik tayang sampai pada batas tertentu. 


Kemudian bisa juga mempengaruhi lalu lintas organik. Bahkan biasa berpengaruh pada aspek lainnya yang bertujuan meningkatkan peringkat situs maupun konten.


Maka dari itu. Meta deskripsi merupakan tempat yang cukup tepat untuk meletakkan kata kunci target. Terlebih bila anda ingin meningkatkan peringkat konten yang sudah dibuat sebelumnya.




2. Mengoptimalkan Gambar Pada Konten


Mengoptimalkan gambar juga salah satu teknik yang harus anda lakukan. Terlebih bila ingin meletakkan kata kunci target. 


Pada artikel sebelumnya saya juga pernah membahas terkait mengoptimalkan gambar pada posting. 


Guna melengkapi pemahaman cara mengoptimalkan gambar dalam teknik SEO. Ada baiknya anda membaca artikel tersebut hingga selesai. Tujuannya jelas untuk meningkatkan SEO blog dan bisa meningkatkan otoritas blog. 




3. Memberikan Link Eksternal


Perlu anda ingat bila SEO memiliki beberapa aturan yang perlu dilakukan. Terlebih ketika menulis sebuah konten.


Pertama tentunya konten yang anda buat harus berkualitas luar biasa dan mematikan. Tujuannya untuk menenangkan pembaca maupun crawler mesin pencari Google.


Eksternal link sebenarnya merupakan sinyal relevansi. Yakni dapat membantu mesin pencari untuk menentukan topik dari konten yang sudah dibuat. 


Bila memang dilakukan dengan benar. Maka eksternal link bisa membantu memaksimalkan nilai dari pembaca blog.


Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meletakkan eksternal link pada konten. Diantaranya yakni:



1. Hindari Spam Eksternal Link


Alih-alih mendapatkan backlink dari eksternal link. Pada kenyataannya eksternal link yang digunakan kurang tepat tentunya bisa memberikan kelemahan. 


Salah satu kelemahan yang diberikan eksternal link yakni dapat mengalihkan perhatian audient anda. 


Bisa saja mereka langsung beralih pada eksternal link tersebut. Apalagi diletakkan secara berlebihan.


Maka dari itu hindari meletakkan eksternal link secara berlebihan pada konten. Apalagi anda ingin membuat audient lebih lama pada situs anda. 


Maka dari itu bisa saja eksternal link diimbangi dengan meletakkan dengan internal link. 



2. Tautan Pada Situs Resmi


Bila memang anda meletakkan eksternal link pada konten. Pastikan tautan tersebut mengarah pada situs otoritatif. 


Tautan pada situs resmi tersebut nantinya bisa mempengaruhi blog yang dikelola. Salah satunya berpengaruh pada otoritas, maupun lalu lintas organik.


3. Pastikan Eksternal Link Terbuka Pada Tab Baru


Hal lainnya yang perlu dilakukan ketika meletakkan eksternal link pada konten. Yakni memastikan link tersebut terbuka pada tab baru.


Ketika eksternal link terbuka di tab baru. Jelas hal tersebut cukup berpengaruh pada audient. Salah satunya tetap menjaga perhatian mereka pada blog anda. 


Peluang mendapatkan waktu kunjungan lebih lama dari audient tidak hilang begitu saja.




Kesimpulan 


SEO pada halaman bisa saja menjadi sesuatu yang cukup membosankan. Banyak kalangan yang sudah menerapkan SEO pada halaman. Namun tidak mendapatkan perubahan yang signifikan pada blog mereka.


Pada dasarnya. Sekalipun perubahan yang terjadi belum begitu signifikan. Sebenarnya SEO pada halaman merupakan salah satu teknik SEO yang harus terus dilakukan. 


Ketika anda tidak melakukan SEO pada halaman secara konsisten. Jelas sulit untuk bisa bersaing di mesin pencari Google. 


Panduan ini seharusnya lebih dari cukup untuk kampanye SEO di halaman blog. Dengan panduan ini anda sudah menguasai salah satu teknik SEO terbaik. Bahkan bisa membantu anda meningkatkan otoritas blog anda saat ini.


Selanjutnya giliran anda menerapkan panduan ini pada konten anda setiap waktu. Saya berharap semoga anda mendapatkan keberuntungan.


Bila anda memiliki pertanyaan terkait SEO. Bisa menghubungi saya melalui Email yang berada di menu header blog ini. Dengan senang hati saya Akan menjawab pertanyaan yang anda sampaikan.


Akhir kata. Semoga blog anda semakin mengalami peningkatan dan mampu bersaing di mesin pencari. 


Salam Blogger. 


Artikel Terkait:

1. Teknik SEO On-Page

2. Mengurangi Tingkat Pentalan Blog

3. Kata Kunci LSI

4. Meningkatkan Pengunjung Blog

5. Menulis Artikel SEO

6. Situs Penyedia Gambar Gratis

7. Konten Membutuhkan Visual


Post a Comment for "3 Teknik SEO Pada Halaman Untuk Meningkatkan Peringkat Konten Anda"