9 Kunci Sukses Memulai Blog di Instagram Untuk Pemula
Membuat maupun mengembangkan blog Instagram sangatlah mudah dilakukan. Hal ini tentu sudah dipahami kalangan senior atau pelaku marketing profesional.
Namun tidak bisa di pungkiri bila hal ini masih termasuk baru di kalangan pemula. Bahkan masih banyak yang belum mengetahuinya harus di mulai bagaimana.
Hari ini saya akan membagikan teknik untuk membuat microblog Instagram yang bisa meraih sukses.
Tetap baca artikel ini hingga selesai guna mengetahui langkah demi langkah memulai blog di Instagram dengan benar. Hingga bisa meraih kesuksesan luar biasa.
Ok. Mari kita mulai.
Mengenal Apa Itu Instagram
Instagram ialah salah satu platform media sosial untuk membagikan posting dalam bentuk foto maupun video.
Instagram sendiri diluncurkan tepatnya pada oktober 2010. Bahkan sampai saya meluncurkan posting ini, telah terkumpul data sekitar miliaran pengguna aktif setiap bulannya di Instagram.
Beberapa tahun belakangan, Instagram berkembang dengan begitu pesat. Bahkan mampu menjadi platform distribusi konten untuk beberapa bisnis. Serta mampu menjadi distribusi konten pemasar online andal.
Ada banyak fitur yang bisa digunakan di Instagram yang bisa digunakan pengguna. Tentunya bisa membantu merek melibatkan maupun menumbuhkan audient.
Bahkan ini diakui sebagai salah satu situs web media sosial yang berada di urutan teratas untuk menjalankan sebuah bisnis.
Mengenal Manfaat Blog Instagram
Sebelum lebih jauh. Izinkan saya membahas beberapa diantaranya alasan Instagram merupakan tempat yang sangat baik untuk memulai sebuah blog.
1. Sangat Mudah Dilakukan
Hal yang dapat Anda buat di Instagram sebenarnya sebagai merek yang lebih tepat di sebut “microblog”.
Bahkan Anda tidak perlu membutuhkan domain layaknya membangun situs website pada umumnya. Baik memasang tema premium maupun menyediakan artikel hingga puluhan maupun ribuan secara berkala.
Cukup masuk ke platform Instagram, membuat posting, kemudian memutuskan untuk menangani keterlibatan yang ingin Anda dapatkan.
Meskipun situasional saat membuat kiriman Instagram cukup menyenangkan.
Bayangkan melakukan suatu tindakan yang sangat Anda sukai. Misalnya seperti tindakan bepergian maupun menghadiri sebuah acara yang sangat menyenangkan.
Anda cukup mengeluarkan ponsel kemudian mengambil gambar maupun video. Hingga pada akhirnya membuat posting di Instagram.
2. Melakukan Analisis Bawaan
Anda perlu tahu. Bila sesungguhnya tidak perlu mengintegrasikan sebuah layanan pihak ketiga guna memantau metrik Instagram yang bersangkutan.
Cukup dengan Instagram Insights. Maka Anda dengan mudah bisa melihat metrik Instagram.
Diantaranya klik situs web, kunjungan profil setiap waktu dan berbagai macam data metrik lainnya.
Bahkan Anda juga bisa melakukan pelacakan hasil penjualan maupun prospek iklan Instagram.
Anda bisa mendapatkan sebuah gambaran menyeluruh terkait metrik. Diantaranya klik tautan, jangkauan, metrik konversi total hingga biaya per pembelian.
3. Mencari Audient yang Berpotensi Melakukan Pembelian
Bila Anda berkeinginan menjual sebuah produk secara online. Maka Anda bisa kehilangan banyak waktu bila memang tidak menggunakan Instagram saat ini.
Beberapa waktu lalu dilakukan sebuah penelitian oleh beberapa pakar Instagram. Dari penelitian tersebut menunjukkan hasil lebih dari sepertiga pengguna aktif Instagram membeli sebuah produk yang dijual di Instagram.
Kemudian dari penelitian tersebut. Ditemukan data terkait sekitar 81% pengguna Instagram yang memanfaatkan situs web guna meneliti sebuah produk dan layanan.
Tentu beberapa angka tersebut bisa dikatakan cukup masuk akal.
Selain beberapa program periklanan yang ada di Instagram cukup kuat. Hal ini juga membuktikan salah satu tempat untuk menemukan beberapa produk dengan kualitas tinggi.
4. Mencoba Belanja di Instagram
Sebenarnya Instagram bukan hanya membantu Anda untuk menarik pelanggan potensial. Tentunya karena dengan adanya fitur untuk membantu menutup transaksi.
Tepat di tahun 2019. Pihak Instagram memberikan akses posting yang bisa dibeli. Kemudian mengubah akun biasa menjadi bisnis dengan platform e-commerce. Yakni seperti Shophify maupun Big Commerce.
Bahkan sebuah merek bisa memanfaatkan post yang bisa dibeli untuk bisa menyalurkan beberapa lalu lintas dari Instagram ke situs web yang dikelola.
5. Melibatkan Calon Pelanggan dan Pembeli Secara Real Time
Coba ingat kembali. Kapan terakhir kali Anda bisa mendapatkan respond cepat saat ingin membeli produk melalui situs website? Misalnya saja melalui platform blog maupun WordPress?
Melakukan pembelian di situs website terkadang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan komentar balasan.
Ok. Mari kita pahami hal tersebut.
Memberikan sebuah komentar di Instagram bisa dikatakan tindakan yang sangat berbeda saat berkomentar di sebuah website.
Bahkan lebih mudah mendapatkan produk yang sedang Anda cari. Tentunya hal ini tindakan cukup menyenangkan dengan melihat berbagai produk yang dipasarkan dan terjadi sangat alami.
6. Instagram Cocok untuk Beberapa Pemasaran Merek
Tentu tidak masalah bila Anda menjalankan blog dengan tema kebugaran maupun toko e-Commerce.
Berkat popularitas yang dimiliki Instagram. Tentu semakin mudah menambahkan tautan tersebut sebagai pemasaran yang sedang dijalankan.
Tentu hal ini dipengaruhi banyaknya plugin Instagram yang ada di situs WordPress.
Diantaranya dengan menggunakan plugin Smash Ballon Social Photo Feed. Tentunya Anda dengan mudah memasukan upaya Instagram pada beberapa strategi sebuah konten.
Kerugian Blogging Instagram
Sekalipun Instagram wajib dimiliki dalam menjalankan strategi pemasaran. Tentu hal ini tidak lepas juga dari kerugian yang bisa muncul.
1. Berhenti Mengikuti
Perlu Anda ketahui. Suka maupun tidak suka. Tentu ada kalanya harus menerima fakta berhenti mengikuti halaman Anda yang dilakukan beberapa kalangan.
Hal ini tentu kondisi yang tidak dapat Anda hindari. Bisa saja hal ini terjadi ketika Anda menargetkan 100 pengikut pertama.
Berhenti mengikuti halaman Instagram Anda biasanya dilakukan karena kehilangan minat dari pengguna tersebut.
Ada juga alasannya lainnya karena sudah mencapai batas 7.500 mengikuti. Maka untuk mengikuti akun baru tentu harus melakukan tindakan berhenti mengikuti untuk beberapa akun.
2. Kompetitor Menggunakan Iklan Berbayar
Ketahuilah. Instagram lebih menyukai iklan berbayar bila dibandingkan posting organik. Tentu tidak ada yang bisa menutupi hal ini.
Bila Anda ingin mendapatkan pengikut yang terus terlibat. Maka Anda harus membuat posting secara teratur setiap waktunya.
Namun bila tetap ingin mengungguli pesaing. Tentu Anda harus bersiap melakukan investasi ke dalam beberapa kampanye iklan di Instagram.
Instagram juga sebenarnya mengeluarkan iklan yang kadang kurang mencolok. Yakni seperti beberapa konten organik.
Iklan yang terpasang tidak muncul sebagai pop-up. Maupun seperti spanduk dan jenis iklan lainnya yang bisa mengganggu audient saat mengunjungi halaman profil Anda.
3. Membutuhkan Keterampilan Fotografi Maupun Perekaman Video
Ketahui ini bukan layaknya ilmu roket.
Pada intinya Instagram merupakan platform untuk berbagi foto maupun video. Tujuannya untuk mendapatkan perhatian dari pengguna. Maka dari itu Anda perlu memiliki kemampuan di bidang fotografi maupun kemampuan perekaman video.
Tentu hal ini bisa dilakukan pada perangkat smartphone. Kemudian Anda juga harus menggunakan aplikasi tambahan editing. Beberapa aplikasi yang sering digunakan yakni Canva maupun VSCO.
4. Membutuhkan Sekitar 10.000 Pengikut untuk Mendapatkan Fitur Swipe Up
Swipe Up tentu salah satu fitur cukup bagus di Instagram. Ada alasan mengapa tidak saya cantumkan di bagian daftar manfaat.
Karena memang fitur ini hanya bisa Anda dapatkan bila sudah memiliki pengikut sekitar 10.000. Maupun sudah di verifikasi.
Swipe Up memungkinkan Anda untuk mempromosikan sebuah tautan pada entri yang ada di Instagram.
Baik itu yang menuju sebuah halaman produk, formulir pendaftaran, halaman unduh, dan menuju bagian lainnya yang Anda inginkan.
Tentunya Swipe Up ini sebuah pencapaian yang baik di dapatkan. Terlebih bila ingin membuat blog di Instagram.
Namun pahami, bila fitur ini bukanlah dimanfaatkan untuk dapat mengembangkan sebuah mereka dari di nol di platform.
5. Insight Instagram Kurang Lengkap di Bandingkan Google Analytics
Analytic bawaan tentu merupakan hal yang cukup bagus.
Hanya saja Instagram insight belum sebanding dengan layanan yang ada di Google Analytics.
Tentu berguna agar bisa melacak lalu lintas. Tujuannya agar mendapatkan keberhasilan untuk mendapatkan lalu lintas berpotensi. Namun hal ini belum bisa Anda dapatkan pada analytic homebrewed Instagram.
6. Cukup Sulit Mempertahankan Jangkauan Organik
Sebagai seorang blogger. Lalu lintas organik merupakan pencapaian dari kerja keras yang luar biasa.
Pada saat itu nantinya blog Anda secara pasif menghasilkan lalu lintas dari sebuah salura gratis. Seperti mesin pencari Google, situs Q & A maupun media sosial.
Tentu Anda juga bisa membangun kehadiran organik di Instagram. Caranya dengan posting secara berkala dan teratur.
Namun satu-satunya kendala yakni posting Instagram memiliki beberapa siklus hidup yan cukup jauh lebih pendek. Terlebih bila dibandingkan dengan konten yang ada di blog.
Perlu diingat. Konten yang diterbitkan melalui WordPress maupun platform serupa bisa menarik lalu lintas dalam jangka waktu lama.
Namun posting Instagram sering kali hanya bertahan dalam jangka waktu 48 jam sebelum menjadi stagnan.
Mengapa ini menjadi masalah besar?
Kecuali memang Anda ingin memompa uang lebih banyak di dalam iklan. Anda harus mengunggah posting maupun cerita tetap relevan.
Karena Instagram cukup bergantung pada konten berupa foto maupun video. Tentunya hal ini bisa menyebabkan kelelahan kreatif yang lebih cepat daripada Anda membuat blog.
Namun tetap ada cara yang bisa dilakukan agar bisa menjadi konten Instagram tetap hidup. Salah satunya yakni posting ulang. Maupun menampilkan konten Anda di saluran lain. Misalnya seperti Facebook serta blog pribadi.
Tentu saya memilih bagian terakhir.
Ingat, blog yang di hosting sendiri lebih memiliki potensi lalu lintas organik baik. Terlebih bila dibandingkan dengan platform yang digerakkan iklan seperti di Instagram.
Membangun Strategi Konten Blog Instagram yang Bisa Berhasil
Anda sudah siap membangun blog di Instagram?
Berikut ini beberapa kunci sukses yang tidak seharusnya Anda lewatkan.
1. Coba Pahami Misi Instagram
Bila Anda ingin mendapatkan formula blogging terbaik di Instagram. Maka perlu memulainya dengan pertanyaan dari misi situs web:
“Ambil dan bagikan moment dunia”
Tentu hal ini tidak harus melulu terkait produk maupun layanan yang Anda miliki.
Bila Anda ingin membangun sebuah merek yang bisa dikenali. Maka perlu berbagi momen bermakna. Terlebih yang beresonansi dengan audient Anda.
Perhatikan, saya tidak mengatakan bila Anda tidak boleh posting beberapa konten khusus terkait mempromosikan sesuatu.
2. Coba Gunakan Tag Lokasi
Perlu diingat, jangan melupakan untuk memberi tag lokasi pada posting Instagram Anda.
Hal ini bisa membantu audient menemukan konten Anda di beberapa area tertentu.
Menambahkan tag lokasi tentu sangat mudah dilakukan. Cukup mengetuk bagian ‘tambah lokasi’ ketika membuat posting baru di Instagram.
3. Coba Gunakan Story ke Setiap Posting Instagram
Sekalipun Anda tidak memiliki foto terbaik. Tentu Anda tetap bisa menarik perhatian audient dengan membuat story di Instagram.
Keterangan sebuah kiriman di Instagram di batasi hingga 2.200 karakter. Tentu ini merupakan hal yang tidak cukup lama bagi kalangan blogger. Namun sudah lumayan cukup untuk membangkitkan emosi.
Strategi yang baik yakni menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana Anda maupun perusahaan menghadapi tantangan tertentu.
Belum memiliki sesuatu yang menarik untuk dibagikan?
Jangan terlalu khawatir. Karena posting Anda tidak diharuskan begitu bermakna maupun tampak rumit. Selagi itu masih relevan dan autentik. Itu sudah cukup baik untuk dibagikan.
4. Coba Fokus Pada Mengapa daripada Bagaimana
Ketahui bila ada beberapa hal yang perlu Anda pahami. Yakni hal yang bertujuan memicu emosi tertentu khusus kiriman di Instagram.
Pertama, coba lebih fokus pada “mengapa” audient harus peduli dengan posting yang anda bagikan.
Namun tidak ada ruang untuk membuat tutorial terkait artikel yang mendalam membahas hal tersebut.
Cukup beri tahu audient mengapa informasi yang dibagikan cukup penting. Bahkan untuk mendorong mereka membaca lebih lanjut di situs yang sedang Anda kelola.
Memang Anda tidak bisa membuat tautan yang bisa langsung di klik menuju halaman tertentu di blog. Namun Anda bisa mengakalinya dengan menulis tautan secara manual.
Mungkin Anda dapat merujuk bagaimana Pinch of Yum membagikan posting di Instagram terkait sebuah resep istimewa.
5. Coba Sertakan Kutipan yang Dapat di Kutip
Tentu pengguna media sosial sangat menyukai kutipan yang bisa mereka kutip.
Dengan beberapa latihan, tentu Anda bisa membuat kutipan yang nantinya bisa di kutip oleh audient.
Hal ini menjadi poin cukup penting untuk Instagram yang Anda kelola. Ada baiknya lagi Anda membuat seluruh teks posting yang bisa di kutip audient.
6. Coba Fokus Pada Nilai
Sekalipun foto dengan kualitas tinggi memungkinkan sebagian kalangan menggunakan hashtag. Tentu Anda harus tetap mendukung imbalan nya.
Hal yang perlu Anda lakukan yakni menyatakan yang bisa di capai audient ketika mengkonsumsi konten Anda.
Tentu ini tidak harus dengan hal mewah. Coba pikirkan baik-baik dan langsung mengarah ke intinya.
7. Coba Jadikan Hashtag Teman Anda
Sedikit mirip dengan tag lokasi. Hashtag pada kiriman di Instagram jauh lebih mudah untuk ditemukan.
Terlebih mesin pencari terintegrasi menampilkan akun, maupun hashtag yang relevan dengan kata kunci yang di ketik.
Kemudian Instagram juga memungkinkan menemukan hashtag cukup relevan dengan tema atau fokus topik Anda.
Kemudian bisa juga membangun hashtag sendiri untuk membangun kesadaran merek yang di miliki.
8. Coba Tambahkan CTA
Coba Anda bayangkan posting Instagram yang berhasil memikat ratusan bahkan ribuan pengguna.
Selamat!
Pertanyaan singkat: Apakah Anda juga menyertakan ajakan bertindak yang cukup jelas dan tajam dengan mengubah perhatian menjadi tindakan?
Untuk posting yang dimaksudkan membawa lalu lintas Instagram yang cukup menarik menuju blog Anda. Maka jangan lupa untuk menambahkan CTA.
9. Coba Nikmati Instagramming
Mungkin ini sekilas tampak seperti no brainer. Namun hal ini cukup layak untuk disebutkan.
Bila ingin membangun Instagram yang cukup berwibawa. Moment berbagi tentu harus menjadi sesuatu yang harus Anda nikmati.
Coba posting secara berkala terkait merek yang Anda miliki tanpa harus memotongnya. Kemudian Anda juga harus terlibat dalam aspek komunitas.
Diantaranya berkomentar, dan memberikan interaksi balik pada audient.
Kesimpulan
Bagus. Ketika Anda membaca konten ini dari awal hingga akhir. Itu artinya Anda sudah siap memulai membangun microblog yang bisa mengumpulkan banyak pengikut.
Pertanyaannya, apakah itu cukup?
Saya pribadi cukup merekomendasikan untuk memulai blog secara resmi. Tentu hal ini bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi Anda.
Namun sekali lagi Anda harus paham bagaimana agar bisa menjadi blogger luar biasa. Hal ini sudah pernah saya bahas sebelumnya.
Membangun blog yang di hosting sendiri tentu bisa memperkuat otoritas merek Anda. Baik itu dengan strategi yang tepat.
Kemudian bisa membuka banyak peluang agar bisa mengembangkan basis audient dan bisa menghasilkan uang secara online hanya menggunakan blog.
Seperti biasa. Saya berharap konten ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Selanjutnya giliran Anda untuk menerapkan apa yang sudah di bahas pada konten ini.
Akhir kata, selamat mencoba. Semoga berhasil.
Salam Blogger.
Mungkin Anda juga menyukai:
- Mendapatkan uang dengan blog
- Alasan Anda harus mulai blogging saat ini
Post a Comment for " 9 Kunci Sukses Memulai Blog di Instagram Untuk Pemula"
Terimakasih Telah Berkunjung Di Blog Ini, Jika Merasa Artikel Bermanfaat Jangan Lupa Untuk DiShare.
Atas Kerjasamanya Admin Mengucapkan Terimakasih.
----Katingo Take----