Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

25 Tips Blogging Untuk Menjadi Blogger Luar Biasa




Tips blogging untuk menjadi blogger luar biasa


Apa anda baru mengenal dunia blogging?

Atau sudah memiliki blog, namun bingung bagaimana mengembangkannya?

Atau bingung untuk membuat blog bisa menghasilkan uang?


Sebenarnya anda sudah berada pada tempat yang benar. Terlebih bila ingin mengetahui jawaban atas yang anda tanyakan.

Bila anda ingin menjadi blogger yang luar biasa. Serta bisa membawa blog tersebut pada level tertinggi. Lanjut untuk membaca konten ini dengan lebih cermat.


Mari Kita Mulai….



Tips Blogging Untuk Menjadi Blogger Luar Biasa 

Apakah kamu siap menjadi blogger luar biasa?

Tentu, sudah tak ada waktu lagi untuk menunda. Lihat saat ini banyak kalangan yang sukses dengan membangun blog. 

Bahkan menjadikan mereka blogger profesional. Yakin kamu masih mau mengulur waktu?

Mari mulai saat ini.


1. Sebelum Membangun Blog, Pikirkan Dahulu Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tersebut


Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula ketika membangun blog, yakni langsung menulis konten. 

Kebanyakan konten yang dibuat juga tidak lepas membahas Meningkatkan Pengunjung Blog, kemudian menemukan Cara Mendaftar AdSense pada blog tersebut.

Biarkan saya berkata jujur. Bila anda mengikuti semua jalur tersebut, pada akhirnya anda akan mengalami kegagalan untuk membangun blog yang bisa menghasilkan uang.


Mengapa?


Tanpa menemukan sebuah cara menghasilkan uang tepat sebelum anda mulai membangun blog, maka anda tidak akan bisa mendapatkan uang secara online.


Jadi mulailah dengan akhir dalam pikiran anda. Dan selalu!


Lakukan analisis terhadap kompetitor anda, kemudian cari tahu bagaimana sebenarnya mereka monetisasi situs yang dikelola.

Cari tahu sumber penghasil traffic situs kompetitor, bagaimana teknik yang digunakan untuk memikat audient membeli produk.

Luangkan waktu anda untuk memahami kompetitor menggunakan cara cermat, maka anda akan menemukan sebuah cara cerdas untuk membangun blog yang bisa mendatangkan uang.



2. Coba Menjadi Diri Sendiri Dan Bangun Blog Yang Berbeda


Bila anda seorang selebritis akan mudah membuat orang lain mengingat anda, maupun mengingat blog yang anda kelola.

Tetapi bila hanya orang biasa, jangan berharap orang lain mudah mengingat anda maupun blog yang dikelola.

Ketahuilah, saat ini dan di luar sana banyak sekali blog yang di bangun hanya menambah limbah sampah yang sudah ada. 


Sampah seperti apa?


Perhatikan berapa banyak pengelola blog yang tidak mampu membuat artikel original. Mereka cukup bangga dengan banyaknya artikel dalam blog tersebut. Maupun bangga karena bisa publish artikel puluhan setiap harinya. 

Namun itu semua mustahil bila di buat secara original, maupun dibuat berdasarkan kaidah artikel yang benar, atau mengikuti Kaidah Artikel SEO.

Membangun sebuah blog sampai bisa menghasilkan uang memang tidak mudah. Ada banyak rintangan dan banyak hal yang harus dipahami dengan baik.

Ada banyak blogger sukses hingga kini. Namun kesuksesan yang didapatkan tentunya bukan tanpa kerja keras dan mengikuti karakter orang lain. Tentunya kesuksesan yang mereka dapatkan karena mampu menjadi diri sendiri serta membangun blog berbeda dari orang lain.

Jadi tonjolkan diri anda sendiri bukan menonjolkan karakter orang lain dalam pribadimu.

Caranya cukup mudah. Bisa melakukan hal berikut:

  1. Bila ada blogger lain menulis konten pendek, maka buatlah konten yang lebih mendalam maupun membahas topik hingga tuntas. Hal ini juga membuat anda berbeda.


  2. Bila ada blogger yang membuat posting berupa konten, anda bisa membuat konten berupa video maupun podcast. Hal ini membuat anda berbeda.


  3. Bila ada blogger menggunakan AdSense untuk Memonetisasi blog yang mereka kelola, coba anda menggunakan pemasaran email. Hal ini juga nantinya membuat anda berbeda.



3. Buat Konten Yang Mendalam


Apakah anda sudah mengetahui bila konten dengan lebih dari 2.000 kata selalu mendapatkan peringkat di mesin pencari Google?

Bila sebelumnya anda sering membuat konten pendek, bahkan sekitar 500 kata setiap harinya. Ketahuilah hal tersebut tidak akan membuat blog anda menonjol.

Konten pendek jelas tidak akan memberikan peringkat pada blog anda. Namun lebih sering terlempar jauh di mesin pencari Google.

Saat ini Google ingin memberikan informasi “TERBAIK” dan “DETAIL” pada audient. Jadi konten panjang dan detail lebih dianggap baik, namun bukan hanya sekadar panjang saja tanpa memperhatikan tingkat relevan konten.

Jadi, alih-alih membuat konten banyak setiap hari, misalnya 10 konten pendek setiap hari. Lebih baik membuat 2 konten mendalam dalam sebulan. Hal ini akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang untuk blog anda.


4. Buat Banyak Konten (Untuk Orang Lain)


Hal yang paling sering dikeluhkan blogger pemula yakni: “Blog Saya Tidak Mendapatkan Traffic Tinggi.

Bagaimana bisa mendapat traffic tinggi bila hanya menulis untuk blog anda sendiri?

Belajar menulis konten untuk website orang lain. Bisa dilakukan dengan menjadi penulis tamu, hal ini berguna untuk meningkatkan jangkauan anda. 

Bisa membuat beberapa link berkualitas serta tingkatkan juga otoritas blog secara keseluruhan.

Seperti itulah cara untuk meningkatkan traffic blog. Terutama meningkatkan peringkat konten yang sudah melewati Penelitian Kata Kunci dalam blog anda.

Buang kesalahan lama, yang hanya menulis untuk blog pribadi anda. Hal tersebut merupakan kesalahan terbesar pada blogging terlebih ketika baru mulai dunia blog.

Tepat sebelum mengirimkan konten pada situs yang dituju, pastikan dahulu konten yang akan dikirimkan berkualitas. 

Bisa dimulai dengan cek kesalahan ejaan, bahasa kurang baik dan lainnya. Bila tidak memperhatikan hal tersebut bisa saja membuat konten anda di tolak nantinya.


5. Bangun Otoritas


Di dunia online, sedikit mustahil orang akan membeli produk dari orang asing.

Ketahuilah, bila mereka akan membeli dari orang yang terpercaya maupun sudah ada koneksi. Semua hal tersebut sebenarnya berawal dari “Kepercayaan” maupun “Otoritas.”

Bila tidak membangun otoritas, melakukan kerja keras demi meningkatkan traffic blog hanya pekerjaan sia-sia. Bahkan bila memang anda mendatangkan traffic, tentunya akan mengalami kesulitan untuk menjual produk secara online.

Itulah yang menjadi alasan harus fokus pada pengembangan otoritas secara online, bahkan sejak pertama kali membangun blog.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk bisa membangun otoritas secara online.

  1. Jangan pernah merekomendasikan produk maupun layanan yang secara pribadi kurang berguna. Jangan pernah juga mempromosikan produk karena dengan tujuan uang. Bila anda fokus pada audient, maka mereka bisa mengurus bisnis yang anda miliki. Hanya sesederhana itu sebenarnya.


  2. Pastikan anda mendapatkan testimoni dari para ahli. Lakukan sebuah wawancara dengan mereka. Kemudian mintalah mereka untuk menceritakan hal baik tentang konten maupun blog yang anda kelola. Semuanya bisa bertambah seiring berjalannya waktu.


  3. Buat posting tamu pada blog dengan posisi teratas kemudian tampilkan portofolio pada halaman depan blog anda. Bila ada orang yang melihat posting tamu anda berada di blog teratas, mereka berpikir anda memiliki keterampilan, sehingga tidak menutup kemungkinan mereka membaca barang anda.



6. Lupakan SEO Bila Baru Membangun Blog


Ketahuilah bila SEO layaknya SAMUDERA yang luas.

Bila anda baru belajar blogging bahkan baru membangun blog, kemudian fokus pada SEO. Tentu hal tersebut hanya membuang waktu saja.


Mengapa?


Anda akan mendapatkan hasil buruk dengan beberapa kata kunci, maupun cara cepat membangun backlink yang kurang baik. 

Anda tidak akan tahu kesalahan SEO yang sudah dilakukan. Kecuali anda mendapatkan keterampilan SEO mendasar.

Maka dari itulah anda harus melupakan SEO pada awal membangun blog. Tetapi belajarlah fokus membuat konten menarik dan layak dibaca audient anda.

Buat konten terbaik sehingga berpeluang dibagikan kembali oleh audient anda. Bisa saja mereka membagikan konten tersebut di media sosial dan tempat lainnya. 

Hal ini nantinya juga akan memberikan anda backlink secara alami.

SEO merupakan ilmu tentang backlink berkualitas serta termasuk juga untuk Mengetahui Traffic Kompetitor


7. Jalin Hubungan Dengan Influencer


Ketika menjalin hubungan dengan influencer maupun dengan blog teratas, maka hal tersebut akan memberikan anda beberapa hal berikut.

  1. Bisa membantu anda untuk meningkatkan traffic blog mereka
  2. Bisa membantu meningkatkan penjualan anda. (terlebih setiap kali mereka menyebut nama blog anda).
  3. Bisa membantu meningkatkan keahlian yang sudah anda miliki.


Tiga hal di atas bisa membantu anda membangun sebuah blog sukses dengan waktu cepat.

Cari cara agar bisa menjalin hubungan dengan influencer terutama termasuk bidang anda. Alih-alih meminta bantuan mereka, coba pikirkan cara memberikan bantuan pada mereka secara gratis.

Usahakan selalu menghubungi mereka melalui media sosial maupun melalui email. Penjangkauan melalui email bisa mengubah blog dari nol hingga menjadi luar biasa.


8. Cobalah Fokus Pada Sumber Traffic Situs Website


Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic blog. Bisa menggunakan media sosial, daftar email, melakukan posting tamu, video, melakukan pemasaran konten dan lain sebagainya.

Tentunya semua pengelola blog akan senang dengan traffic, terlebih dengan jumlah besar. Maka dari itu banyak pemula membuang waktu untuk bisa mendapatkan traffic tinggi pada blog mereka.

Apa jadinya anda lebih banyak membuang waktu untuk mendapatkan traffic, bila memang akhirnya tidak mendapatkan hasil maksimal?

Jelas anda akan beranggapan untuk mencari traffic itu sulit, kemudian akhirnya anda menyerah dan meninggalkan blog begitu saja.

Maka dari itu coba fokus pada satu sumber traffic sekali-kali. Entah itu melalui media sosial, maupun pemasaran konten bahkan SEO. 

Dengan fokus pada satu sumber traffic, pada akhirnya bisa membuat anda menjadi seorang ahli dan bisa mendapatkan hasil maksimal.


9. Monetisasi Blog Sejak Hari Pertama


Cara ampuh dan terbaik memonetisasi blog adalah membuat konten, lalu mengarahkan traffic, serta kemudian memonetisasi traffic tersebut, demikian bukan?


Tentunya salah!


Sekalipun strategi untuk monetisasi blog berbeda dari satu niche ke niche lainnya, untuk menghasilkan uang dari blog sejak awal sangat sering merupakan cara efektif agar bisa mendefinisikan audient target.

Tepat setelah anda mengetahui secara jelas apa yang diinginkan audient target, anda bisa membuat lebih banyak konten berfokus pada laser, untuk mendorong pengunjung lebih banyak yang ditargetkan serta bisa menarik banyak jumlah penjualan pada blog anda.

Dari sisi lain, bila anda menunggu hingga mendapatkan traffic tertentu lalu kemudian menghasilkan uang, bisa jadi anda akan gagal untuk bisa menarik perhatian audient yang tepat.

Maka dari itu coba fokus pada cara memonetisasi blog sejak pertama kali di bangun.



10. Coba Buat Daftar Email Sebelum Membangun Blog


Daftar email pada dasarnya sesuatu yang sangat penting. Terlebih bila ingin mengembangkan blog. Ada banyak keuntungan lainnya bila memiliki daftar email dengan jumlah besar.

Bisa anda tanya pada beberapa blogger maupun pemasar sukses, terutama menceritakan kesalahan terbesar yang pernah mereka lakukan. 

Mungkin hampir 99% dari mereka membuat kesalahan tidak membuat daftar email sejak pertama kali membangun blog.

Maka dari itu ada baiknya anda mempertimbangkan melakukan hal tersebut sebelum meluncurkan sebuah blog.

Coba anda bayangkan bila memiliki sekitar 500 bahkan 1000 daftar email menunggu konten baru dari blog anda?

Guna membuat daftar email, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Tepat setelah launching blog baru. Segera beritahukan pelanggan anda tentang hal tersebut kemudian minta mereka untuk berlangganan.


  2. Berikan hadiah, hal ini tentunya bisa meningkatkan pelanggan email dengan waktu cepat.


  3. Gunakan media sosial seperti Facebook, serta Twitter. Kemudian sebarkan pesan yang sudah anda buat. Bisa meminta orang lain berlangganan pada blog anda. Kemudian bisa juga membuat eBook, video, maupun hal lainnya yang mana ditawarkan secara gratis.



11. Pertimbangkan Kembali Sebelum Membangun Blog Lain


Seorang yang memburu dua hewan buruan dalam waktu sama, jelas tidak akan mendapatkan buruannya.

Memang berita baru lagi bila saat ini banyak pengelola blog langsung meluncurkan blog baru. Sekalipun blog utama masih berumur kecil dan belum mendapatkan hasil maksimal.

Apakah anda bisa benar-benar fokus untuk mengelola blog lebih dari satu? Jelas anda akan semakin jauh dari hasil maksimal.

Pastikan blog pertama anda mendapatkan hasil benar-benar maksimal dan berkembang besar, baru kemudian bisa sedikit berfikir meluncurkan blog baru.

Itulah cara agar anda bisa menjadi seorang blogger luar biasa. Tetap fokus sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan.



12. Bangun Jalan Penjualan


Ketahuilah bila semua blog sukses tentunya mereka sudah memiliki jalan penjualan. Hampir semua blog sukses memiliki jalan penjualan.

Sederhananya, jalan penjualan ialah yang bisa membantu anda untuk mengubah pengunjung normal menjadi pelanggan pembeli setia.

Bila memang anda belum memiliki hal tersebut, segera bergerak menciptakannya.

Ada tiga langkah simpel yang bisa anda lakukan guna membangun jalan penjualan, diantaranya:


  1. Langkah Pertama : Tentukan dahulu pelanggan ideal anda. Dalam artian anda harus tahu segalanya tentang mereka. Baik itu kebutuhan, keinginan, usia, asal, dan hal lainnya.


  2. Langkah Kedua : Kemudian cari tahu bagaimana produk tersebut bisa membantu mereka. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan pemasaran afiliasi maupun peluncuran produk sendiri. 


    Namun perlu diingat bila target pelanggan merupakan kuncinya. Bila memang sebelumnya gagal untuk memenuhi semua kebutuhan mereka, maka jangan berharap dapat menjual segala produk.


  3. Langkah Ketiga : Selanjutnya coba didik pendengar anda tentang produk yang dipromosikan. Yakni menciptakan kesadaran akan produk yang sudah direkomendasikan.



blogger luar biasa


13. Coba Evaluasi Strategi Monetisasi Yang Sudah Dilakukan


Coba anda sebutkan masing-masing cara anda menghasilkan uang melalui blog? Apakah cara tersebut termasuk dalam AdSense, Menjual Iklan, Afiliasi? Atau ada cara lainnya?

Ketahuilah semua itu perlu di evaluasi kembali. Pastikan apakah semua itu bisa memberikan pendapatan pasif terutama dari blog yang anda kelola.

Bila anda bergantung pada satu cara atau satu strategi monetisasi, coba cari tahu cara lainnya. 

Bisa dipastikan anda tidak akan pernah tahu kapan monetisasi tersebut akan menyakiti anda sehingga mengandalkan satu strategi saja.

Caranya bisa bertanya pada beberapa pengelola blog teratas mesin pencari. Tanyakan pada mereka cara monetisasi mana yang sesuai dengan blog anda saat ini.



14. Coba Temukan Serta Perbaiki Masalah Blog


Apakah anda salah satu pengelola blog yang sedang berjuang mendapatkan traffic tinggi, bahkan termasuk kalangan yang posting konten teratur setiap waktu?

Pada dasarnya Google akan memberi prioritas pada situs baik di mesin pencari. Diantaranya mempertimbangkan situs tersebut apakah ramah mesin pencari hingga ramah pengguna.

Perlu ada ketahui, bila blog anda saat ini memiliki kesalahan termasuk tidak ramah mesin pencari, maupun tidak memiliki judul serta deskripsi panjang. 

Hal tersebut bisa menjadi penghalang untuk mendapatkan traffic tinggi setiap waktunya.

Kesalahan pada sebuah blog sebenarnya bisa diatasi menggunakan layanan SEMrush. Pada layanan SEMrush sudah disediakan fitur “Audit Situs.” Hal tersebut tentunya bisa menemukan masalah yang ada pada blog anda.

Masih banyak lagi sebenarnya alat yang bisa digunakan untuk memeriksa kesalahan pada blog. Silahkan menggunakan alat pilihan anda masing-masing.



15. Berikan Prioritas Guna Menumbuhkan Daftar Email


Hingga kini masih banyak kalangan pengelola blog menghabiskan waktu di Facebook. Dengan tujuan agar mendapatkan like maupun mendapatkan pengikut pada Twitter hingga Google Plus.

Namun hal tersebut tidak mendatangkan segala sesuatu yang diinginkan sebelumnya. lantas hal apa yang menguntungkan guna menumbuhkan blog pada tingkat selanjutnya?

Itu termasuk dalam daftar email anda.

Halaman yang sudah ada pada Facebook jelas bisa dihapus, terlebih bila memang melanggar aturan yang sudah ditentukan pihak Facebook. 

Sama halnya dengan Twitter juga akan menghapus profil anda bila melanggar aturan yang mereka berikan.

Namun hal tersebut tidak akan pernah terjadi pada daftar email anda.

Anda merupakan orang yang memiliki akses penuh pada daftar email yang dimiliki. Bahkan tidak akan ada yang bisa mencatat daftar email tersebut. 

Maka dari itu lebih baik menyediakan waktu lebih banyak untuk meningkatkan pelanggan email bila dibandingkan dengan Facebook maupun Twitter.



16. Belajarlah Menulis Untuk Pembaca Dan Bukan Untuk Google


Salah satu alasan mengapa banyak pengelola blog tidak menghasilkan uang maupun penjualan meskipun mendapat traffic besar, yakni dikarenakan mereka tidak memiliki audient yang sangat loyal.

Bila anda membuat konten untuk mesin pencari Google, jelas anda akan mendapatkan banyak traffic. Namun anda sering gagal mendapatkan pembaca setia dengan konten yang kaca akan kata kunci.

Jadi, pastikan bisa menarik minat audient dengan konten yang ditulis sesuai dengan kriteria maupun gaya anda. Biarkan mereka mendambakan apa yang tertulis dalam konten baru anda tersebut.

Biarkan mereka meninggalkan komentar pada blog anda setiap kali anda menerbitkan konten baru. Bahkan biarkan mereka membagikan konten tersebut di media sosial.

Perlu dipahami, di sini bukan berarti saya melarang anda untuk mengoptimalkan konten anda untuk pencarian Google. Namun hanya menegaskan untuk membuat konten yang layak dibaca oleh manusia dan bukan robot.


17. Belajar Mengembangkan Kehadiran di Media Sosial


Tanpa anda sadari, sebenarnya media sosial merupakan SEO gaya baru.

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari media sosial. Seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Diantarnya bisa membantu dalam hal berikut ini:


  1. Media sosial tersebut bisa membantu menumbuhkan traffic blog yang anda kelola. Membuat tajuk utama menjadi viral. Bahkan selalu memberi traffic instan.


  2. Bisa memanfaatkan media sosial untuk menjangkau dan membangun koneksi dengan influencer


  3. Bahkan anda bisa membangun label anda sendiri dengan memanfaatkan halaman Facebook, maupun melalui obrolan Twitter.


Namun bukan berarti menghabiskan waktu anda hanya pada media sosial. Tentu untuk mendapatkan blog luar biasa tidak disarankan menghabiskan waktu hanya untuk media sosial.

Cukup diselingi dengan strategi lainnya. Misalnya diselingi untuk menjangkau audient melalui pelanggan email dan strategi lainnya juga.


18. Coba Wawancara Dengan Influencer


Ketika melakukan wawancara dengan pengelola blog lainnya, maka akan membantu anda dalam du cara.

Manfaat pertama yakni bisa membantu membangun hubungan yang cukup kuat dengan influencer serta bisa meningkatkan paparan dari blog yang anda kelola dengan waktu cepat.

Beberapa tips yang bisa digunakan guna dapat terhubung maupun melakukan wawancara dengan pengelola blog lain, terlebih pada bidang sama. Diantaranya:

  1. Diharapkan jangan terlalu banyak menyampaikan pertanyaan. Cukup menyampaikan pertanyaan sekitar 5 hingga 10 saja. Hal tersebut sudah cukup membuat wawancara yang meyakinkan.


  2. Banyak dari pemilik blog teratas terlalu sibuk. Bahkan tidak memiliki waktu untuk menanggapi email masuk. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengikuti mereka kembali.


  3. Belajar untuk menulis email magnetik. Penjangkauan email merupakan satu cara cukup efektif guna bisa membangun koneksi dengan orang lain yang sedang online.


  4. Bangun hubungan dengan influencer. Misalnya bisa meninggalkan komentar, menulis posting tamu, membeli produk mereka serta melakukan apapun yang menyediakan cara bagi anda agar bisa terhubung dengan mereka atau pengelola situs tersebut.


19. Kepercayaan Merupakan Mata Uang Online


Bila memang anda sedang berusaha untuk meningkatkan penjualan online, hal tersebut mungkin karena anda sedang melakukan “Pemasaran Interupsi” dan bukan “Pemasaran Izin.

Tentunya perlu memiliki izin orang bila ingin membuat penjualan lebih banyak. Jelas anda bisa melakukan hal tersebut, hanya saja bila anda sudah memiliki kepercayaan dari orang lain. 

Maka dari itulah kepercayaan merupakan mata uang online. Cobalah melakukan beberapa strategi berikut ini:

  1. Bisa menambahkan bukti sosial. Coba minta pembaca memberikan testimoni tentang blog anda. Bila anda menampilkannya pada halaman blog, maka mereka juga akan meningkatkan konversi.

  2. Bila anda sudah berada di blog teratas yakni dengan posting tamu, bisa tampilkan dalam format logo. Hal ini merupakan cara pasti namun sederhana untuk bisa membangun kepercayaan diantara audient dengan waktu cepat.


  3. Usahakan sering melakukan interaksi dengan audient serta pelanggan email anda. Ketahui permasalahan yang mereka hadapi, kemudian berikan solusi. Bisa berupa konten, produk maupun layanan lainnya.


Tips blogging


20. Belajar Menguasai Seni Untuk Penjangkauan Email


Salah satu blogger sukses saat ini seperti Neil Patel, Brian Dean, mereka sebenarnya mereka mendapatkan penghasilan dari daftar email.

Begitu peduli dan paham mereka akan efektifnya pemasaran email. Bahkan lebih dari itu, mereka juga tahu membuat surel yang sangat menjual. 

Kemudian mereka juga tahu cara yang bisa mendapatkan respons lebih baik serta dengan waktu cepat hanya menggunakan email.

Bila memang anda ingin menjadi seperti mereka, maka pelajari seni untuk penjangkauan email. Hal ini merupakan cara yang benar-benar efektif guna membangun koneksi kuat dengan blogger lainnya. 

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa anda kuasai demi mendapatkan keahlian seperti hal tersebut. Diantaranya:


  1. Setidaknya anda bisa mengirimkan satu email pada satu orang setiap harinya. Jangan mengharapkan respons apapun dari apa yang sudah anda tulis. Coba berikan nilai plus dari email anda tersebut. 


    Bisa memberi tahu mereka dan berterima kasih atas konten maupun produk mereka. Bisa juga berupa nilai yang sudah mereka tambahkan di dunia blogging, tentunya hal tersebut sangat penting.


  2. Lalu buat baris subjek email yang akan diklik. Pastikan dalam keadaan segar, manis maupun berupa kalimat pendek namun akurat.


  3. Pastikan email yang dikirimkan selalu singkat. Hindari menggunakan paragraf panjang. Dengan demikian membuka peluang mendapatkan respons dari email singkat tersebut.



21. Pisahkan Dua Hal Pada Tempat Berbeda


Bila anda seorang blogger yang sangat mahir, senior. Bahkan sudah menguasai semua ilmu blogging. Mungkin anda tidak perlu menginvestasikan semua waktu, semua uang, maupun upaya pada satu blog saja.

Diversifikasikan  sumber penghasilan yang anda dapatkan. Kemudian disversifikasikan sumber lalu lintas anda.

Coba cari cara lain untuk mendatangkan traffic serta penjualan pada blog yang anda kelola saat ini.

Tentunya anda tidak akan tahu kapan mesin pencari Google bisa memberikan hukuman pada blog yang anda kelola. Terlebih ketika blog tersebut membuat kesalahan yang fatal. 

Demi menghindari hal tersebut untuk terjadi, coba memisahkan dual hal pada tempat berbeda. Contohnya saja menyimpan pelanggan anda pada daftar email. 

Ketika di suatu waktu mengalami hal buruk, tentunya masih punya salinan email pelanggan. Maka dari itu akan mudah membangun bisnis baru dan memberitahukan pelanggan anda sebelumnya.


22. Membangun Daftar Email Tentu Tidak Cukup


Banyak kalangan blogger beranggapan bila uang ada dalam daftar. Termasuk daftar email.

Pertanyaannya, apakah hal tersebut benar-benar ada dalam daftar email yang anda miliki?

Ketahuilah bila daftar email yang anda miliki tidak akan cukup.

Tentunya anda perlu terlibat dalam penjualan, membangun kepercayaan. Dalam artian harus bisa membuat cara untuk menjual daftar email anda.

Bisa saja berasal dari menjual produk, layanan maupun melalui promosi afiliasi. Namun masalahnya banyak kalangan blogger yang membangun daftar email tetap tidak mendapatkan uang.

Kenapa bisa demikian? Kamu tahu jawabannya?

Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran. Terlebih pada produk maupun layanan yang mereka promosikan pada audient.

Sekalipun anda sudah mengirimkan email pada pelanggan anda, belum tentu mereka akan memberikan tanggapan atau email balasan. 

Cara mengatasi hal tersebut bisa menggunakan autoresponder email guna bisa secara otomatis mengirim email pada pelanggan baru anda.

Coba berikan bahasa email yang memiliki nilai plus, bukan hanya menggunakan bahasa promosi saja.



23. Jadikan Menulis Kebiasaan Harian


Pada dasarnya blogger hebat itu terlahir dari penulis hebat. Penulis hebat itu mampu membuat artikel original. Bukan tulisan yang asal comot dari website orang lain. Parahnya lagi tidak di edit sedikitpun.

Penulis hebat juga mampu membuat konten yang bisa menjual. Baik itu dari segi tata bahasa, struktur dan sistematika lainnya.

Namun di sini bukan berarti anda menjadi penulis yang produktif. Hanya saja yang dimaksudkan di sini selalu membuat konten yang mempedulikan audient.

Intinya harus terus menyampaikan pertanyaan ini pada diri anda sendiri. “Bagaimana saya bisa membuat konten yang menjual?”

Membuat konten yang menjual tidak akan bisa didapatkan sekali percobaan saja. Maka dari itu coba belajar membuat konten setiap harinya.

Jangan pedulikan banyaknya jumlah kata yang didapatkan dalam konten tersebut. Hal terpenting yakni nantinya anda akan terbiasa membuat kalimat, bahkan memiliki kosakata banyak. 

Dengan hal tersebut bukan mustahil lagi membuat konten original, menjual, dan panjang setiap harinya.



24. Update Informasi Anda Dengan Informasi Baru


Kesalahan yang sudah pasti dilakukan kalangan blogger yakni tidak mampu memperbarui informasi setiap waktu. Contohnya saja menulis apa yang sudah di tulis orang lain. 

Parahnya lagi membuat konten copy paste. Jelas hal tersebut tidak akan memberikan informasi baru.

Cobalah untuk terus membaca, terus menulis dan belajar untuk lebih kreatif. Kreatif yang dimaksudkan bisa membuat gaya penulisan artikel sesuai pribadi atau karakter masing-masing.



25. Jangan Cepat menyerah


Hal terakhir yang perlu diperhatikan. Jadilah orang yang pantang menyerah. Sekalipun sudah menjalani blogging beberapa bulan, beberapa tahun namun tidak mendapatkan traffic tinggi.

Dari kegagalan yang terjadi, diharapkan tidak pernah menyerah. Coba terus belajar dan menerapkan strategi berbeda. 

Semua kerja keras yang dilakukan tentunya akan mendatangkan keuntungan atau hasil.

Terus berikan penyemangat dalam diri anda, tanpa memandang dan terus kecewa terhadap hasil buruk yang sudah didapatkan sebelumnya.




Kesimpulan 

Menjadi blogger luar biasa di dunia blogging bukan hal yang bisa terjadi dengan cepat. Bahkan tidak bisa dijamin akan menjadi blogger luar biasa dalam waktu satu minggu, satu bulan. 

Namun perlu banyak waktu untuk mencapai hasil luar biasa.

Semakin sabar dan pantang menyerah anda pada hasil buruk yang terus terjadi, maka semakin banyak ilmu yang bisa didapatkan. hal tersebut tidak lepas untuk mempelajari materi maupun strategi baru.

Lihat betapa hebatnya anda dengan banyaknya ilmu dan strategi di dunia blogging. Hanya saja jangan menyerah dengan cepat.

Selanjutnya waktu anda untuk menggapai impian menjadi blogger luar biasa. 

Semoga apa yang sudah disampaikan dalam konten ini bisa membantu dan menumbuhkan semangat anda kembali.

Salam Blogger.