Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Persiapan Sebelum Menjadi Freelance Penulis Artikel




persiapan menjadi freelance

Freelance Penulis Artikel – Bukan lagi pekerjaan biasa, sudah banyak kalangan yang sukses dengan menjadi seorang Freelance. Baik itu freelance penulis artikel, desain grafis, dan freelance lainnya.

Ketika ingin menjalani professi seorang freelance, baik itu full-time ataupun paruh waktu, sebenarnya tidak perlu memiliki jenjang pendidikan tinggi. 

Buktinya sudah banyak freelance yang bermodalkan skill secara otodidak dalam salah satu bidang.

Intinya freelance ialah pekerjaan yang bisa dijalankan siapa saja, asal mampu memberikan kualitas pekerjaan maksimal serta bisa bersaing dengan freelance lainnya. 

Kemudian tidak kalah penting untuk terus update dengan informasi terbaru.

Bila memang anda berencana ingin menjalani profesi freelance, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Diantaranya akan dibahas pada beberapa poin dalam artikel ini.


1. Perangkat Pendukung

Cukup mustahil bila bisa menjalani profesi freelance full-time maupun paruh waktu tanpa adanya dukungan perangkat tambahan. Anggap saja anda ingin menjadi freelance penulis artikel maupun desain grafis. 

Tentunya akan memerlukan perangkat tambahan, entah itu laptop maupun perangkat PC.

Kapasitas atau kekuatan perangkat yang digunakan bisa saja dengan kemampuan menengah. Contohnya ketika menjadi freelance penulis artikel, PC maupun laptop dengan spesifikasi menengah sudah bisa melengkapi perangkat yang diperlukan.

Namun akan berbeda bila pekerjaan berat yang dijalankan, seperti desain, editing dan lainnya. Tentu akan memerlukan spesifikasi perangkat PC dan laptop yang sedikit tinggi juga. Hal ini berguna agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.


2. Kecepatan Menulis

Hal penting lainnya yang tidak mungkin bisa dilupakan ketika menjadi freelance penulis artikel, ialah berkaitan dengan kecepatan ketika menulis konten. Semakin cepat ketika mengetik maka semakin besar peluang menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. 

Kemudian kecepatan menulis juga berpengaruh untuk mendapatkan klien baru di waktu berbeda. Maka dari itu terus latih kemampuan mengetik dengan cepat. Ada baiknya sudah menguasai mengetik dengan sepuluh jari.

Dengan kemampuan tersebut nantinya akan semakin mudah menyelesaikan pekerjaan banyak. Anggap saja anda mendapatkan pesanan artikel lebih dari sepuluh dalam sehari. 

Penyelesaian konten tersebut tentu tidak akan lama selagi mampu mengetik cepat serta disertai juga dengan ide yang terus mengalir.


3. Referensi 

Hal yang tidak kalah penting terlepas dari kecepatan menulis ketika menjalani profesi freelance penulis artikel yakni berkaitan dengan referensi. 

Bisa dipastikan bila semua klien pemesan artikel ingin mendapatkan konten yang berkualitas. Yakni berkaitan dengan pencantuman sumber yang bisa dipercaya. 

Cukup mudah sebenarnya untuk mencari referensi artikel yang akan ditulis, diantaranya:


a. Buku

Ada kalanya klien akan memesan artikel dengan menginginkan sumber berkualitas. Maka dari itu sebagai seorang freelance penulis artikel harus siap dengan kondisi apapun termasuk memberikan sumber berkualitas. 

Bila memang klien menginginkan sumber dari buku, maka lakukan hal tersebut. Dengan demikian klien juga akan semakin percaya pada anda serta konten yang sudah dibuat. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi peluang bagi mereka akan memesan artikel lagi di kemudian hari.


b. Perpustakaan Online atau Internet

Selain menginginkan referensi yang bersumber dari buku. Ada juga beberapa klien yang menerima referensi dari perpustakaan online atau internet. Namun perlu diingat, sekalipun klien menerima referensi dari internet, tidak seharusnya anda mencari referensi asal.

Lebih baik mencari referensi di internet pada website yang sudah ternama atau terpercaya. Hal tersebut sama saja membuat konten yang dibuat bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan kualitas dan valid isi konten.

Hingga kini ada banyak website yang bisa menjadi rujukan ketika menulis konten. Tetapi pastikan website rujukan juga sesuai dengan tema yang ditulis dalam artikel. 

Semakin sesuai tema dan rujukan maka semakin baik juga artikel yang akan dibuat nantinya.


4. Bangun Kepercayaan

Ada banyak hingga kini freelance penulis artikel hanya mementingkan bayaran (fee). Bisa dikatakan masih sedikit yang mementingkan untuk membangun kepercayaan atas klien.

Ketika baru pertama kali menjalani profesi freelance penulis artikel, sebaiknya tidak mementingkan fee terlebih dahulu. Coba berikan kualitas tulisan yang baik dan bangun kepercayaan terlebih dahulu. 

Ketika hal ini sudah tertanam dengan baik fee atas artikel yang ditulis juga perlahan akan meningkat.


5. Update Informasi

Paling sering ketika klien akan memesan artikel, mereka menanyakan tema yang ingin diberikan. Bila memang anda termasuk orang yang selalu update informasi, maka cukup mudah menjawab pertanyaan yang diberikan tanpa harus browsing dahulu akan pertanyaan tersebut.

Memiliki update informasi sama saja membuat anda mampu menjawab pertanyaan dengan cepat. Bahkan bisa menjadi salah satu penilaian oleh klien. 

Dari hal tersebut juga bisa membuktikan anda seorang freelance berkompeten dan mengerti dengan tema yang diinginkan.

Update informasi pada dasarnya salah satu kemampuan yang wajib dimiliki semua freelance penulis artikel. Ada banyak keuntungan ketika memiliki kemampuan hal tersebut.  

Jadi harusnya anda juga sudah memiliki hal tersebut sebelum menjalani profesi freelance penulis artikel.


6. Kuasai Banyak Tema

Selain sudah memiliki update informasi, hal yang harus dikuasai oleh freelance penulis artikel yakni berkaitan dengan tema. Perlu diingat bila konten yang dipesan klien tidak akan memiliki tema sama. 

Kadang kala tema yang diberikan jauh dari basic awal. Bahkan sering juga memberikan tema yang masih asing maupun belum pernah ditulis sebelumnya. 

Guna mengatasi permasalahan tema random, anda bisa melatih diri dengan terus membaca. 

Bisa membaca berbagai sumber maupun tema yang masih asing dikenal. Dengan demikian tema berbeda yang diberikan bukan lagi permasalahan besar ketika diberikan klien.


7. Utamakan Hasil Original

Hasil original tentunya salah satu kondisi dimana harus tetap diterapkan ketika membuat artikel. Sudah jelas bila tidak ada klien yang menginginkan konten hasil duplicate atau hasil copy paste artikel orang lain. 

Selain bisa membahayakan website mereka, tentunya juga bisa mempengaruhi otoritas website yang mereka bangun.

Sekalipun artikel yang dibuat atas pesanan klien, tidak seharusnya anda menghilangkan hasil original. Dengan hasil original tersebut anda bukan hanya mendapatkan fee terbaik, namun bisa membangun mitra dengan klien anda dalam jangka panjang. 

Kemudian tidak menutup kemungkinan juga website anda ikut ditautkan pada website mereka, yang mana dinilai atas kepuasan yang sudah didapatkan. 

Bila hal ini terjadi, maka anda sudah mendapatkan keuntungan lebih dari satu. Keuntungan pertama mendapatkan fee kemudian selanjutnya bisa membangun backlink untuk website anda sendiri.


8. Bonus Artikel

Terlihat sederhana, terkadang hal ini juga sering dilupakan beberapa freelance penulis artikel, yakni berkaitan dengan memberi bonus artikel pada klien. 

Bonus artikel memang tidak termasuk dalam fee, namun hal tersebut bisa menjadi pemicu kepuasan maupun kepercayaan kembali klien pada anda.

Anggap saja anda mendapatkan pesanan 10 artikel, tidak ada ruginya juga anda memberikan satu bonus artikel. Melalui hal tersebut bisa menjadi awal yang baik, terlebih bisa menjadikan klien tidak pernah bosan memesan artikel pada anda. 

Bonus yang diberikan juga bisa disesuaikan masing-masing, jadi silahkan buat keputusan berapa banyak yang akan anda berikan pada klien setiap kali memberikan job.

Dari penjelasan yang sudah diberikan, diharapkan anda bisa mempersiapkan hal apa saja yang diperlukan ketika ingin menjadi freelance penulis artikel. 

Penjelasan yang di atas pada dasarnya juga akan berkaitan dengan hal berikut ini:

  1. Pendapatan Freelance Penulis Artikel
  2. Risiko Ketika Menjadi Penulis Artikel

Jadilah freelance yang berkualitas dengan memiliki persiapan yang cukup matang dan sudah memenuhi semua standard terbaik freelance saat ini.