Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pendapatan Freelance Penulis Artikel



Pendapatan Freelance Penulis Artikel

Bila dilihat secara sekilas, pendapatan freelance penulis artikel memang belum bisa dipastikan dengan jelas berapa besaran yang didapatkan setiap waktu. 

Memang sulit memastikan berapa besaran pendapatan freelance penulis artikel ketika mendapatkan job. 

Dikarenakan juga memang belum ada aturan yang sah berapa seharusnya yang harus dibayar ketika memesan satu artikel.

Hanya saja pendapatan freelance penulis artikel dapat ditaksir secara rata-rata. Bila dilihat dari segi rata-rata, pendapatan penulis artikel cukup besar. 

Terlebih lagi bila penulis tersebut sudah dikenal kalangan luas dan memiliki klien yang cukup banyak.

Hingga saat ini saja sudah banyak beberapa kalangan yang mendapatkan kesuksesan berawal dari menjadi freelance penulis artikel. 

Cukup mudah mengetahui rata-rata penghasilan penulis artikel, secara khusus yang ada di Indonesia hingga kini.

Cara untuk bisa mengetahui jumlah pendapatan freelance penulis artikel kalangan Indonesia yakni sebagai berikut ini.


1. Jumlah Kata

Hal pertama yang bisa menjadi acuan untuk mengetahui pendapatan penulis artikel, yakni berawal dari jumlah kata setiap artikel. 

Ketahuilah berbeda penulis artikel maka berbeda juga tarif yang akan diberikan ketika klien memesan artikel pada mereka.

Contohnya:

Anggap saja per 100 kata artikel diberikan harga sebesar Rp 2000. Ketika ada yang memesan satu artikel dengan 1000 kata. Maka harga per 1 artikel 1000 kata ialah Rp 10.000.

Itu hanya untuk satu artikel saja, apa jadinya bila artikel yang dipesan lebih dari 1 artikel, misalnya saja 10 artikel. Jadi lumayan juga hasilnya. Terlebih bila mengerjakan artikel secara berkelanjutan atau mengatasi klien lebih dari satu.


2. Jumlah Artikel

Poin kedua ini sedikit mirip dengan poin pertama. Hanya saja sering kali fee bukan dinilai berdasarkan jumlah kata. Hingga kini tidak jarang juga beberapa freelance penulis artikel mematok harga secara paket. 

Sekalipun paket harga yang diberikan sudah dihitung atau di kalkulasi sebelumnya.

Namun kelemahannya sering kali mengalami pengurangan harga oleh klien, ya secara khusus untuk kalangan Indonesia. Lebih sering terjadi, seorang klien ingin mendapatkan artikel berkualitas, bebas copy paste namun tidak berani memberikan harga yang sesuai pada freelance penulis artikel. 

Kasus seperti ini sangat sering dialami oleh penulis kalangan Indonesia.

Jadi kembali lagi pada anda masing-masing. Bila memang klien memberikan harga terkait penulisan artikel, sebaiknya anda mempertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu. 

Misalnya mempertimbangkan dari segala sisi. Termasuk ketersediaan waktu anda, kesulitan terkait tema yang diberikan dan banyak hal lainnya yang patut dipertimbangkan.


3. Banyaknya Klien

Bila memang anda tipikal freelance yang tidak menentukan harga sesuai jumlah kata maupun membuat paket harga. Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan besar, namun harus memiliki klien yang cukup banyak. 

Klien yang banyak sama saja membuat peluang mendapatkan keuntungan besar juga nantinya.

Namun secepat apapun anda mengetik artikel, tetapi bekerja sebagai individu maka sulit juga untuk mengatasi klien lebih banyak atau meningkatkan jumlah klien. 

Semua itu akan memerlukan waktu banyak ketika ingin menyelesaikan pesanan yang ada.

Maka dari itu banyaknya klien yang ingin di atasi harus disesuaikan dengan kesanggupan anda masing-masing, jangan sampai membuat permasalahan tak terduga ke depannya. 

Apalagi permasalahan tersebut menurunkan kredibilitas anda di mata klien.

Dalam artikel ini memang tidak disampaikan secara pasti berapa pendapatan freelance penulis artikel. Hanya saja diberikan cara mengetahui jumlah pendapatan penulis artikel dari segi rata-rata. 

Dengan demikian anda bisa mempertimbangkan untuk menjalani profesi freelance penulis artikel. 

Seorang freelance penulis artikel tentunya harus siap dengan segala kondisi, termasuk turun naiknya fee yang akan diberikan oleh klien pada anda nantinya terkait dengan artikel yang mereka pesan. 

Maka dari itu jangan hanya memikirkan deadline, tema, namun perlu juga memikirkan fee yang akan diberikan klien. 

Bila memang fee dirasa cukup, tidak ada salahnya mengambil job tersebut. Namun jangan melakukan job yang sekiranya masih kurang dari perhitungan anda. 

Karena sudah jelas ketika anda menjadi penulis artikel ingin mencari keuntungan yang sesuai maupun seimbang dengan kesulitan yang dialami.