Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

11 Hal Tersembunyi Saat Anda Mengalami Perasaan Marah



Perasaan Marah - Tentunya bisa dialami oleh siapa pun. Perasaan marah juga di sebabkan oleh hal sepele hingga hal besar. Timbulnya perasaan marah juga bisa terjadi karena kondisi pikiran kurang enak. Bahkan seiring mood yang kurang baik.


Bahkan cukup sering kita mendengar bila mood bisa mempengaruhi tindakan seseorang. Termasuk juga berperan besar membuat seseorang menjadi cepat marah. Namun pada kenyataannya, marah yang dialami seseorang disebabkan beberapa aspek lainnya.


Ada banyak aspek yang berpotensi membuat seseorang mudah sekali merasa marah. Lebih lengkapnya bisa anda perhatikan pada beberapa poin di bawah. 


Maka dari itu baca artikel ini hingga selesai. Bila memang ingin mengetahui aspek yang bisa membuat seseorang menjadi marah. 




Hal Yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Perasaan Marah


Perasaan Marah



Secara garis besar. Ada beberapa hal yang sulit dilihat kasat mata ketika seseorang sedang marah. Beberapa hal yang tersembunyi ketika seseorang marah diantaranya seperti pada poin berikut ini.



1. Perasaan Cemas


Pikiran yang cemas tentunya bisa terjadi pada siapa pun. Perasaan cemas ini jelas tidak bisa ditebak kapan biasanya terjadi. Dalam artian hal ini bisa saja terjadi secara tiba-tiba. 


Berawal dari perasaan cemas. Kemudian perasaan ini tidak segera di atasi dengan baik. Maka dampak yang ditimbulkan yakni bisa membuat seseorang menjadi marah. Sekalipun cemas yang dialami pada awalnya dalam kondisi biasa saja. 


Namun tidak segera dialihkan dengan pikiran yang positif. Jelas bisa memberikan dampak kurang baik. Bahkan bisa menyakiti orang yang ada di sekitar anda karena perasaan tersebut.




2. Perasaan Putus asa


Ketika seseorang mengalami putus asa. Dari situ terkadang perasaan marah muncul secara tiba-tiba. 


Misalnya saja. Putus asa karena hal yang sudah direncanakan tidak berjalan sebagai mana mestinya. Jelas hal seperti ini cukup mudah sekali membuat perasaan berubah secara konstan. 




3. Perasaan Insecure


Marah terkadang sering kali timbul karena adanya perasaan insecure. Perasaan insecure bahkan bukan hanya membuat seseorang mudah marah seketika. Namun dampak lainnya juga bisa membuat seseorang sulit untuk Mencintai Diri Sendiri.


Perasaan insecure ini sering kali terjadi dengan adanya perbedaan terhadap hal yang dicapai. Misalnya saja perbedaan dari segi pendidikan, karier bahkan dari segi ekonomi. 


Bila tidak segera dialihkan pada pikiran yang positif. Maka dengan mudah hal tersebut bisa membuat seseorang menjadi marah.




4. Perasaan Penolakan 


Hal lainnya yang tersembunyi dari perasaan marah seseorang biasanya disebabkan karena adanya penolakan. Penolakan ini dengan bentuk yang bermacam ragam. Misalnya karena terjadinya tindakan rasisme, dan lainnya.


Penolakan bisa dikatakan salah satu penyebab yang cukup cepat membuat seseorang marah. Apalagi penolakan tersebut berkaitan dengan perbedaan dari penampilan. Baik itu warna kulit, tutur bahasa, dan sebagainya.


  


5. Perasaan Kecewa


Kecewa juga merupakan salah satu hal yang tersembunyi ketika seseorang marah. Bahkan masuk dalam kategori penyebab marah yang paling cepat. Bisa saja kecewa karena hal yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan dan lainnya.


Contohnya sederhananya, mungkin anda mengajak sahabat anda bertemu pada pagi hari. Namun setelah anda datang ditempat yang sudah ditentukan. 


Kemudian sudah menunggu lama. Sahabat anda tidak kunjung datang. Bahkan dirinya lupa bila sudah membuat janji dengan anda. Alhasil anda menunggu dengan waktu begitu lama.


Secara konstan hal tersebut tentunya membuat anda kecewa. Kemudian membuat anda meluapkan emosi dengan begitu mudah. Maka dari itu. Rasa kecewa juga termasuk kondisi yang mudah membuat perasaan berubah cepat.



6. Perasaan Tersakiti 


Perasaan tersakiti tentunya terlalu sering membuat seseorang menjadi marah. Tersakiti yang dialami juga bisa dengan alasan yang berbeda-beda. 


Baik itu tersakiti karena permasalahan di tempat kerja. Tersakiti karena statement orang lain. Bisa juga tersakiti karena terjadi kegagalan dalam menjalani hubungan percintaan.


Maka dari itu. Perasaan tersakiti juga merupakan salah satu hal yang tersembunyi ketika seseorang sedang marah. 


Entah itu marah dalam kategori kecil hingga marah dalam kategori besar. Semuanya bisa dilihat dari seberapa besar penyebab dari marah tersebut.




7. Perasaan Trauma


Apakah anda pernah mengalami kejadian yang menyakitkan? Atau kejadian yang membuat anda tidak ingin mengulangi hal tersebut lagi?


Anggap saja anda trauma mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Dikarenakan sebelumnya anda pernah mengalami kejadian kurang baik ketika mengendarai sepeda motor. Misalnya pada saat itu dengan kecepatan tinggi.


Nah, ketika anda mengalami hal tersebut kembali. Anggap saja sedang berboncengan dengan teman. Kemudian dirinya memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. 


Jelas hal tersebut bisa menimbulkan rasa trauma anda. Bahkan bisa membuat kondisi pikiran anda secara tiba-tiba marah pada teman anda.


Masih banyak lagi kejadian trauma yang bisa menyebabkan pikiran mudah berubah menjadi marah. Pada dasarnya marah yang dialami seseorang terkadang disebabkan hal yang disembunyikan. Salah satu hal tersebut adanya trauma di masa lalu.




8. Perasaan Stress


Banyaknya aktivitas yang dijalani seseorang. Misalnya dalam sehari terkadang bisa berdampak kurang baik pada pikiran. Salah satunya dapat menimbulkan pikiran marah. 


Ketika seseorang harus dihadapkan dengan deadline padat. Jelas hal ini bisa dengan cepat juga mengubah pola pikir dirinya.


Cukup sedikit orang yang mampu mengontrol emosi mereka ketika sedang sibuk. Sekalipun mereka tidak berteriak. Namun terkadang dalam hatinya mengalami perasaan marah. 


Bahkan ada yang langsung meluapkan perasaan marah tersebut dengan kata-kata kasar.  Atau ikut memarahi orang yang ada di sekitarnya.




9. Perasaan Tersinggung


Tersinggung juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi marah. Tersinggung juga merupakan hal yang paling sering terjadi. Maupun paling sering dialami oleh seseorang.


Tersinggung yang didapati bisa saja karena perkataan orang yang kurang enak di dengar. Dari situlah rasa marah bisa muncul secara tiba-tiba. Marah yang dialami bisa dalam hati saja maupun langsung diungkapkan dengan perkataan.




10. Perasaan Tidak dihargai


Apakah anda pernah memberikan sebuah perintah pada orang? Entah itu perintah untuk mengerjakan tugas di tempat kerja. Perintah untuk memperbaiki kesalahan yang sudah terjadi dan lainnya.


Ketika perintah yang anda sampaikan tidak dijalankan oleh orang tersebut. Secara konstan anda pasti mengalami perasaan tidak dihargai. Sekalipun sebenarnya tujuan anda itu baik.


Ketika orang yang anda berikan perintah tidak menjalankan apa yang sudah anda katakan. Di saat itu juga terkadang perasaan marah anda muncul. 


Marah yang anda alami bisa saja hanya menggerutu dalam hati. Maupun bisa terjadi dengan ucapan yang kurang enak di dengar.




11. Perasaan Lelah 


Perasaan lelah juga sering membuat pikiran seseorang cepat berubah. Anggap saja anda baru selesai menjalankan aktivitas panjang seharian. 


Kemudian ketika badan anda begitu lelah.  Namun ternyata ada orang yang memberikan perintah pada diri anda. Jelas hal seperti ini bisa membuat ada marah dengan cepat.


Mungkin sebelumnya anda berniat untuk melakukan istirahat sejenak. Namun belum sempat anda melakukan istirahat, ternyata sudah harus menjalankan aktivitas lainnya. 


Selain rasa lelah yang dialami semakin bertambah. Jelas sering juga hal tersebut menimbulkan perasaan marah pada diri anda.




Kesimpulan 


Itulah beberapa hal yang dapat menimbulkan perasaan marah pada seseorang. Apakah perasaan marah yang sering anda alami selama ini disebabkan oleh hal di atas?


Bila demikian. Ada baiknya anda belajar mengontrol penyebab marah tersebut. Salah satunya bisa mengalihkan pikiran pada hal positif. 


Banyak yang beranggapan ketika dirinya marah  hal tersebut bisa membuat pikiran sedikit lega. Maupun bisa menyelesaikan masalah dengan mudah. 


Namun pada kenyataannya, perasaan marah tidak bisa memperbaiki keadaan menjadi lebih baik. Melainkan menambah situasi menjadi tidak karuan. 


Kemudian tidak menutup kemungkinan masalah yang dialami menjadi sulit untuk diselesaikan dengan baik.


Ketika anda mengalami beberapa tanda di atas dalam diri anda. Segera atasi dengan cepat. Agar nantinya tidak menimbulkan hal yang kurang baik. Maupun membuat anda marah dengan konstan.


Akhir kata. Semoga beberapa hal di atas bisa berguna maupun bisa menjadi pembelajaran untuk anda. Terlebih bisa membentuk karakter diri yang lebih baik lagi setiap waktu. 


Salam Blogger.

Post a Comment for "11 Hal Tersembunyi Saat Anda Mengalami Perasaan Marah "