Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Alasan Mengapa Anda Sulit Mencintai Diri Sendiri



Mencintai Diri Sendiri – Secara sekilas hal ini terlihat mudah dilakukan. Namun pada kenyataannya masih banyak kalangan yang sulit untuk menerapkannya. 


Pada dasarnya semua individu dilahirkan dalam keadaan yang berbeda. Keadaan tersebut diantaranya dengan warisan emosi senang, marah hingga sedih. Anda pasti tahu bila kita sering sekali merasa jengkel. Entah itu disebabkan oleh hal besar maupun hal sederhana.


Anda pasti mengetahui bila emosi yang timbul tersebut merupakan sebuah kegagalan fungsi kepribadian. Hal ini diungkapkan dalam ilmu psikologi.


Beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa beberapa kalangan sulit untuk mencintai diri sendiri.


Bila beberapa poin di bawah merupakan salah satu sifat yang anda miliki. Ada baiknya anda mulai aware terhadap diri anda sendiri. 


Kurangi tingkat berlebihan dari beberapa sifat tersebut dalam diri anda. Tujuannya agar anda semakin mudah mencintai diri sendiri dalam keadaan apapun.



Mencintai diri sendiri



Alasan Yang Membuat Anda Begitu Sulit Untuk Mencintai Diri Sendiri


1. Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain


Kehidupan setiap orang jelas berbeda-beda. Ada yang terlahir dalam keluarga dengan tingkat ekonomi baik. Bahkan ada yang terlahir dalam kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan. 


Rasa insecure bukan di sebabkan terlahir dari keluarga yang cukup dari segi ekonomi. 


Namun kadang kala perasaan insecure ini timbul karena kesenjangan sosial. Contohnya dari pencapaian dalam sebuah karier.


Bisa dipastikan pencapaian karier juga berbeda-beda dari setiap orang. Ada yang mudah mencapai sebuah kesuksesan. Terutama kesuksesan tersebut diraih tanpa melibatkan kerja keras yang begitu besar. 


Ada beberapa kalangan yang mencapai kesuksesan karier melibatkan kerja keras yang cukup besar. Sekalipun keduanya pada akhirnya bisa mencapai tujuan. 


Tetap saja hal tersebut bisa menimbulkan perasaan yang berbeda. Salah satunya selalu timbul rasa insecure. Hingga pada akhirnya membuat seseorang sulit untuk mencintai diri sendiri.


Bila anda ingin mulai mencintai diri sendiri. Maka hilangkan rasa insecure yang ada dalam diri anda. Baik itu insecure melihat tingkat ekonomi seseorang, pencapaian karier dan hal lainnya.


Cukup mudah sebenarnya untuk menghilangkan rasa insecure yang timbul dalam pikiran. Salah satunya dengan memiliki Sikap Bodo Amat. Hal ini sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. 


Yakni mengapa sikap Bodo Amat penting dimiliki setiap orang. Tentunya sikap Bodo Amat cukup baik untuk menghilangkan perasaan insecure. 




2. Menyalahkan Diri Sendiri Atas Kegagalan


Memang terasa sulit untuk mulai mencintai diri sendiri. Apalagi sebelumnya selalu merasa kurang terhadap hal yang dimiliki dalam diri sendiri. 


Hal yang menjadi kendala untuk  mencintai diri sendiri karena sering menyalahkan diri sendiri. Entah itu menyalahkan karena terjadinya kegagalan, tidak puas dengan pencapaian dan lainnya. 


Sekali lagi. Kegagalan yang terjadi dalam hidup anda bukanlah disebabkan ketidakmampuan mengatasi sebuah kondisi. Terlebih kondisi untuk mencapai sebuah tujuan anda sebelumnya.


Kegagalan tersebut bisa saja karena memang faktor kondisi yang tidak memungkinkan dan lainnya. Maka tidak seharusnya anda menyalahkan diri sendiri. Sekalipun tujuan utama anda tidak bisa dicapai pada waktu itu.


Coba nilai hal tersebut bukan hanya dari sudut pandang kegagalannya. Namun coba nilai dari sudut pandang yang berbeda. 


Ambil pelajaran yang berharga dari kegagalan tersebut. Pelajaran berharga yang bisa diambil dari kegagalan. Yakni anda masih diberikan kesempatan untuk terus belajar. 


Dengan demikian banyak hal lainnya yang bisa anda pelajari lagi untuk mencapai kesuksesan. Bahkan bisa mengajari anda mencapai kesuksesan dengan lebih sempurna dari sebelumnya.


Coba bersyukur atas hal yang sudah diterima dan terjadi. Dengan melakukan hal ini secara terus menerus. Mencintai diri sendiri bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan setiap waktu.



3. Menjadikan Komentar Orang Lain Dalam Menjalani Hidup


Cerminan diri sendiri cukup sering bukan atas hal yang terjadi dalam diri sendiri. Namun sering kali cerminan diri tersebut terjadi karena adanya komentar orang lain.


Entah itu komentar positif bahkan komentar yang negatif. Hal ini yang terlalu sering membuat seseorang sulit untuk mencintai diri sendiri. Apalagi dengan landasan komentar negatif yang disampaikan orang lain.


Rasa kurang percaya diri seseorang sering timbul bukan karena ketidakmampuan dirinya melakukan sesuatu. Sekalipun mereka mampu menyelesaikan tugas, tantangan dan menjalankan skill dengan baik. 


Tetap saja hal tersebut sering kalah. Terlebih ketika ada komentar yang kurang baik di sampaikan oleh beberapa kalangan. Hal ini juga yang menjadi kendala untuk seseorang untuk bisa mencintai diri sendiri.


Sekali lagi. Coba tidak mengabaikan komentar yang diberikan orang pada anda. Terlebih bila anda ingin belajar untuk bisa mencintai diri sendiri.  Meskipun ada orang yang memberikan komentar negatif atas hal yang anda lakukan. 


Maupun terhadap pencapaian yang sudah anda raih. Usahakan jangan terpengaruh terhadap hal tersebut. Ada baiknya anda menjadikan komentar tersebut sebagai bumbu. Atau motivasi untuk terus berkarya dan menjalankan hal lainnya di waktu yang berbeda. 




4. Memendam Emosi Negatif 


Semua orang pasti tahu bila emosi  memiliki dampak cukup besar dalam kepribadian. Salah satu dampak yang bisa terjadi dari emosi yakni sulit mencintai diri sendiri.


Maka dari itu. Bila memang anda ingin mencintai diri sendiri setiap waktu. Coba hilangkan emosi negatif. Cukup mudah sebenarnya untuk menghilangkan emosi negatif yang timbul dalam pikiran anda.


Misalnya, ketika anda merasa terjadi sebuah emosi dalam pikiran anda. Coba alihkan pikiran tersebut dengan hal yang positif. 


Bisa saja dengan mengalihkan pikiran. Maupun melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan dan bercanda dengan teman anda. 


Dengan demikian emosi negatif tersebut perlahan bisa hilang dari pikiran anda. Serta bisa menuntun anda untuk bisa terus mencintai diri sendiri setiap waktu juga.




5. Belum Bisa Move On Terhadap Masa Lalu Yang Buruk


Poin terakhir ini cukup sering menjadi kendala untuk bisa mencintai diri sendiri. Masa lalu memang terlalu sering terlintas dalam pikiran seseorang. 


Terlebih lagi masa lalu yang begitu buruk. Entah itu masa lalu kegagalan dalam karier.  Kegagalan dalam usaha hingga menyangkut juga kegagalan dalam hubungan percintaan.


Sesuatu yang kurang baik terjadi di masa lalu.  Tentu sulit dilupakan dalam waktu yang singkat. Apalagi hal tersebut cukup merugikan. Baik itu merugikan dari segi ekonomi maupun melibatkan perasaan seseorang.


Pada dasarnya apapun kejadian buruk yang pernah anda alami di masa lalu. Hal tersebut bisa dihilangkan dengan waktu cepat. Bila memang anda mampu mengalihkan pikiran pada hal positif setiap waktunya. 


Ketika masa lalu belum hilang dalam pikiran anda apalagi pada kejadian buruk. Jelas sulit bagi anda untuk bisa mencintai diri sendiri. 


Maka dari itu hilangkan kejadian masa lalu. Bila memang ingin belajar mencintai diri sendiri. Sekalipun sebelumnya pernah terjadi hal yang kurang menyenangkan. Baik itu kejadian atas karier, pendidikan hingga percintaan.




Kesimpulan 


Sulitnya untuk mencintai diri sendiri. Terkadang karena adanya hal internal maupun eksternal yang kurang baik. Cukup jelas keadaan eksternal maupun internal tersebut pada titik yang kurang menyenangkan. 


Coba perbaiki dulu kondisi internal. Maupun eksternal anda bila ingin mencintai diri sendiri setiap saat. Termasuk mulai memperbaiki beberapa poin di atas. 


Bila beberapa poin di atas sudah anda perbaiki dengan benar. Tentunya mencintai diri sendiri bukan lagi hal sulit untuk dilakukan. 


Ketika anda sudah bisa mencintai diri sendiri. Tentunya ada banyak dampak positif yang bisa terjadi dalam hidup anda.


Akhir kata. Semoga apa yang disampaikan dalam tulisan ini bisa berguna bagi anda. Serta bisa menjadi sesuatu yang dapat mengubah pribadi anda lebih baik lagi. Maupun bisa menumbuhkan pola pikir yang selalu positif setiap waktu.


Selanjutnya giliran anda yang melakukan perubahan. Terlebih terhadap beberapa poin di atas dalam pribadi anda masing-masing. 


Well. Semoga beruntung.


Salam Blogger.

Post a Comment for "5 Alasan Mengapa Anda Sulit Mencintai Diri Sendiri"