Silabus Kelas 2 SD Semester 1 atau ATP Fase A Pada Kurikulum Merdeka
Sebentar
lagi siswa sekolah akan menyelesaikan semester 1 dan meningkat pada tahapan
semester 2. Tahun ini adalah masa peralihan dari kurikulum 2013 menuju
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Pada beberapa sekolah sudah menerapkan
kurikulum ini walau belum merata.
Ada
beberapa perbedaan yang menyolok pada IMK dibandingkan dengan kurikulum 2013,
salah satunya pada penggunaan istilah silabus dan RPP yang biasa digunakan di
kurikulum 2013 dan KTSP.
Silabus
yang merupakan rencana pembelajaran selama 1 semester dalam Kurikulum 2013
berubah menjadi ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.
Sementara RPP berubah menjadi Modul Ajar.
Perbedaan
Yang Mendasar Pada Kurikulum Merdeka
Implementasi
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang dicanangkan oleh pemerintah
menggantikan kurikulum 2013. Penerapan Kurikulum Merdeka secara bertahap agar
memberi ruang kepada para siswa dan guru untuk beradaptasi.
Banyak
sekali perbedaan yang terdapat pada Kurikulum Merdeka dan tidak ditemukan pada
kurikulum sebelumnya. Selain metode pengajaran, instrument dan komponen
pengajaran pun mengalami perubahan.
1. Tingkatan Kelas
Jika
pada kurikulum sebelumnya anda mengetahui tingkat pendidikan siswa berdasarkan
kelasnya, maka pada Kurikulum Merdeka tingkatan kelas tidak lagi diberlakukan
namun melebur menjadi Fase.
Hal
ini didasari oleh pemikiran bahwa kemampuan akademik seorang anak tidak diukur
berdasarkan kelasnya namun berdasarkan usianya. Disini siswa akan terbagi
menjadi beberapa fase yaitu:
·
Fase A meliputi siswa usia kelas 1 dan kelas
2
·
FAse B meliputi siswa usia kelas 3 dan kelas
4
·
Fase C meliputi siswa usia kelas 5 dan kelas
6
·
Fase D meliputi siswa usia kelas 7 dan kelas
8
·
Fase E meliputi siswa usia kelas 9 dan kelas 10
·
Fase F meliputi siswa usia kelas 11 dan kelas
12
2. Perangkat Ajar Pada Kurikulum Merdeka
Pada
kurikulum sebelumnya kita mengenal perangkat ajar dan administrasi kelas
seperti silabus, RPP, Promes dan Prota. Pada Kurikulum Merdeka anda tidak akan
mendengar lagi istilah tersebut.
Anda
akan sering mendengar istilah Capaian Pembelajaran (CP) Alur Tujuan
Pembelajaran (ATP), Modul Ajar (MA), Pendidikan berbasis Proyek dan Profil
Pelajar Pancasila.
Pada
Kurikulum Merdeka siswa tidak lagi menggunakan Buku Tematik melainkan buku
paket yang sesuai dengan mata pelajarannya.
Silabus
Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD Semester 1
Seperti
yang telah dibahas di atas, pada Kurikulum Merdeka tingkatan kelas dihapuskan
dan diganti dengan penggunaan Fase. Untuk kelas 2 SD maka berada pada Fase A.
Untuk
mengetahui silabus kelas 2 SD semester 1 maka sebelumnya anda perlu memahami
konsep Alur Tujuan Pembelajaran bagi siswa kelas 2 SD atau Fase A. Untuk siswa
Fase A kelas 2 SD, tidak ada lagi buku tema seperti yang sudah-sudah.
Mata
pelajaran yang akan diterima oleh siswa kelas 2 SD yaitu :
- ·
Matematika
- ·
Bahasa Indonesia
- ·
Pendidikan Pancasila
- ·
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
- ·
Seni meliputi Seni Tari, Seni Musik, Seni
Teater dan Seni Rupa.
- ·
Bahasa Inggris
- ·
Muatan Lokal
Bagaimana
cara menentukan silabus atau ATP untuk materi Fase A kelas 2 ?
Cara Menyusun ATP Untuk Fase
A (Kelas 1 dan 2 SD) Semester 1
Dengan
fungsi yang sama seperti silabus pada umumnya, guru sangat membutuhkan ATP
dalam merancang kegiatan pembelajaran dan menterjemahkannya dalam bentuk Modul
Ajar. Lalu bagaimana cara menyusun ATP yang benar?
Untuk
siswa di Fase A atau kelas 1 dan 2 SD, kemajuan hasil belajar siswa bisa
dilakukan melalui evaluasi pembelajaran. Lalu bagaimana caranya siswa dapat
mencapai kompetensi yang diharapkan?
Dalam
ATP, guru diarahkan untuk membuat metode pengajaran secara bertahap agar siswa
mampu mencapai kompetensi yang sudah distandarisasi dalam ATP. Apa saja
tahapannya?
1. Asesmen Diagnostik
Pada
tahap awal akan dilakukan asesmen untuk mengetahui dan menggali potensi,
karakter, kebutuhan dan tahapan perkembangan
serta capaian pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa.
2. Perencanaan
Pada
tahap selanjutnya guru akan menyusun sebuah proses pembelajaran yang
disesuaikan dengan hasil asesmen diagnostic yang sudah dilakukan sebelumnya.
Guru juga akan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya.
3. Pembelajaran
Pada
tahapan ini, guru akan melakukan asesmen formatif dengan durasi yang telah
diperhitungkan. Di akhir tahapan, dilakukan asesmen sumatif yang hasilnya akan
semakin mempermudah guru dalam merancang pembelajaran bagi siswa.
Contoh ATP Matematika Fase Kelas 1 dan 2 SD
Untuk
lebih jelasnya, berikut ini simak penjelasan tentang silabus kelas 2 SD
semester 1 atau ATP Fase A untuk mata pelajaran Matematika. Simak apa saja
materi yang menjadi dasar pembelajaran siswa.
1. Capaian Pembelajaran Umum
Untuk
ATP atau silabus mata pelajaran Matematika kelas 2 SD atau Fase A, dirancang
agar siswa dapat memahami dan melakukan operasi penghitungan penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah hingga angka 1000 atau maksimum 3 digit angka.
Siswa
juga dapat mengenal garis bilangan dan menentukan bilangan cacah tersebut pada
garis bilangan. Siswa juga dapat menyelesaikan persmaaan sederhana dan
menemukan pola gambar atau obyek sederhana serta pola bilangan.
Siswa
pun dapat mengukur panjang menggunakan satuan tidak baku dan mengenal serta
membandingkan satuan baku untuk menghitung panjang, berat, volume dan waktu.
Siswa
dapat mengenal bentuk bangun datar dan bangun ruang sederhana dan mampu
menyajikan data dalam bentuk diagram batang.
2. Capaian Pembelajaran Per Elemen
Untuk
capaian pembelajaran di materi bilangan, diharapkan :
- · Siswa dapat menunjukkan pemahaman dan dapat membandingkan bilangan cacah hingga maksimal 1,000 dengan menggunakan berbagai media dan alat mulai dari benda nyata hingga gambar dan model atau simbol matematika.
- · Siswa dapat menghubungkan pemahaman terhadap bilangan tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
- · Siswa dapat mengenal makna pecahan melalui berbagai konteks membagi objek sama rata.
Untuk capaian pembelajaran pada segi Aljabar,
diharapkan :
- ·
Pada akhir Fase A siswa dapat menyelesaikan persamaan sederhana
menggunakan operasi penjumlahan sampai dengan angka 1,000.
- ·
Siswa dapat membuat gambar, diagram maupun penyataan model matematika
yang diambil dari kehidupannya sehari-hari.
- ·
Siswa dapat mengenali, melanjutkan dan membuat pola.
Pada capaian pembelajaran di segi Pengukuran,
di akhir Fase A diharapkan:
- ·
Siswa mampu mengenali atribut benda yang terukur seperti panjang,
berat, luas dan volume dengan menggunakan jenis satuan yang tidak baku.
- ·
Siswa dapat mengetahui satuan baku yang digunakan untuk mengukur,
membuat perbandingan dan menggurutkan panjang, berat dan durasi watu.
Sementara di bagian Geometri, saat mendekati
fase A maka diharapkan :
- ·
Siswa dapat mengenal dan menjelaskan ciri berbagai bentuk bangun datar
dna bangun ruang.
- ·
Siswa memiliki kemmapuan untuk menyusun bentuk dan menggunakan gabungan berbeda dalam berbagai bentuk bangun datar.
- ·
Siswa dapat menentukan posisi benda terhadap benda lainnya.
Contoh
Silabus Matematika Kelas 2 SD Semester 1
Silabus merupakan sebuah perangkat yang sangat
penting dalam menunjang pembelajaran. Didalamnya memuat tujuan pembelajaran dan
jenis kegiatan yang akan berlangsung dalam kurun waktu 1 semester. Karena itu
sangat penting untuk memahami silabus terlebih dahulu sebelum beralih ke
perangkat ajar lainnya.
Post a Comment for "Silabus Kelas 2 SD Semester 1 atau ATP Fase A Pada Kurikulum Merdeka"
Terimakasih Telah Berkunjung Di Blog Ini, Jika Merasa Artikel Bermanfaat Jangan Lupa Untuk DiShare.
Atas Kerjasamanya Admin Mengucapkan Terimakasih.
----Katingo Take----