Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perbedaan Silabus dan RPP Dalam Menyusun Kegiatan Pembelajaran di Sekolah

 


Dalam menyusun instrument pembelajaran, dunia pendidikan di Indonesia mengenal yang namanya silabus dan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Apa perbedaan silabus dan RPP?

Kedua instrument tersebut merupakan dua hal yang sangat penting dan saling berkaitan dalam penyusunan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Walaupun pembelajaran saat ini memakai kurikulum yang baru, silabus dan RPP digunakan dengan nama yang berbeda.

Mari kita simak penjelasan mengenai Silabus dan RPP di bawah ini agar mengetahui dengan jelas apa saja perbedaannya.

Pengertian Silabus dan RPP

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan silabus dan RPP, sebelumnya kita harus mengetahui pengertian kedua instrument tersebut terlebih dahulu.

1. Pengertian Silabus

Istilah silabus menurut Kunandar (2011:244)  memiliki pengertian sebagai sebuah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang didalamnya mencakup standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu dan sumber pembelajaran.

Sedikit berbeda dengan Kunandar, Heri Maulana Sidik menyatakan bahwa silabus adalah sebuah rancangan sistem pembelajaran yang diterapkan dan dilaksanakan selama satu semester kegiatan demi tercapainya pembelajaran yang sistematis dan pragmatis.

Dari kedua pengertian di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa silabus merupana sebuah rencana pembelajaran yang disiapkan untuk dilaksanakan selama kegiatan belajar 1 semester.

2. Pengertian RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP menurut Kunandar (2011:263) adalah sebuah perencanaan yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang di tetapkan dalam standar isi dan yang dijabarkan dalam silabus.

Sementara menurut Heri Maulana Sidik, RPP adalah sebuah rancangan sistem pembelajaran yang akan diterapkan dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan tatap muka atau satu bagian materi pembelajaran yang akan disampaikan.

RPP dan silabus memiliki kesinambungan. Keduanya saling mendukung. Keselarasan antara silabus dan RPP akan mendukung kegiatan pembelajaran dan menghasilkan struktur materi yang berdampak positif bagi siswa.

Adanya RPP membuat pembelajaran lebih terarah baik dari segi pencapaian kompetenesi hingga evaluasi dan refleksi. Tentunya RPP dibuat berdasarkan silabus yang telah disusun sebelumnya.

Apa yang Menjadi Isi Silabus dan RPP ?

Perbedaan silabus dan RPP selain terletak pada pengertiannya, juga terletak pada isi keduanya. Masing-masing memiliki isi yang relevan dengan fungsi dan manfaatnya masing-masing dalam kegiatan belajar mengajar. Kita simak sampai tuntas berikut ini.

1. Apakah Isi Dari Silabus?

Sebagai sebuah rancangan sistem pembelajaran, Silabus memiliki isi yang setiap bagiannya memiliki manfaat dan fungsi penting dalam merencanakan kegiatan pembelajaran bagi siswa.

Standar isi dalam silabus tersebut yaitu :

·        Identitas Mata Pelajaran.

·       Standar Kompetensi (SK). Ini merupakan standar kompetensi yang harus di capai oleh siswa.

·         Kompetensi Dasar (KD). Ini adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh semua siswa.

·         Materi Pokok/Pembelajaran merupakan materi yang harus dipelajari oleh siswa dalam   rangka mencapai standar isi.

·         Kegiatan Pembelajaran, yaitu apa yang harus dilakukan oleh para guru agar siswanya   bisa memahami materi.

·     Indikator merupakan hal-hal apa saja yang harus dirumuskan untuk mengetahui apakah siswa sudah mencapai standar KD dan SK.

·         Penilaian adalah instrument untuk mengetahui pencapaian siswa terhadap standar KD dan SK, sebagai dasar untuk menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.

·      Alokasi Waktu diperlukan untuk mengetahui berapa lama siswa akan mencapai standar tersebut.

·     Sumber Pembelajaran, yaitu media apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran agar standar kompetensi yang diinginkan bisa tercapai.

2. Isi dari RPP

Sedikit berbeda dengan silabus, maka RPP yang merupakan penjabaran lebih sempit dan detail dari silabus, memiliki isi yang lebih mengerucut yaitu :

·        Identitas RPP berupa nama sekolah, nama mata pelajaran, bab yang sedang dipelajari dan durasi waktu.

·   Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi yang akan di capai oleh siswa melalui pembelajaran tersebut.

·         Indikator pencapaian kompetensi.

·         Tujuan materi.

·         Metode pembelajaran dan alokais waktunya.

·    Kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Tiga babak yang harus dirancang oleh guru dalam setiap kegiatan pemberian materi.

·         Penilaian dan Evaluasi hasil belajar

·         Alat bantu belajar.

·         Refleksi siswa dan guru.

Siapa Yang Membuat Silabus dan RPP ?

Perbedaan Silabus dan RPP yang merupakan dua instrument pembelajaran yang sangat penting juga terletak pada pembuat keduanya. Ada beberapa pihak yang memiliki kewajiban untuk membuat kedua jenis instrument ini.

1. Pihak Yang Membuat Silabus

Sebagai sebuah rancangan yang luas dan menyeluruh, silabus disusun oleh beberapa pihak terkait seperti :

·     Kelompok Guru, silabus dapat disusun secara mandiri oleh para guru di sebuah       sekolah atau beberapa sekolah dalam satu kelompok.

·         Intensitas Guru Mata Pelajaran (IGMP) yang merupakan gabungan beberapa sekolah   dalam sebuah wadah atau organisasi. Kelompok ini dapat meminta bantuan saran         teknis dari pihak terkait.

·         Dinas Pendidikan, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan              memfasilitasi para guru untuk melaksanakan kegiatan penyusunan silabus.

2. Pihak Yang Menyusun RPP

Sebagai sebuah perencanaan kegiatan belajar yang detail, maka RPP disusun oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. RPP ini akan menjadi acuan bagi guru dalam melaksanakan tahapan belajar.

Tahap Penyusunan Silabus dan RPP

Dalam pengembangannya, silabus dan RPP memiliki sedikit perbedaan dalam tahap penyusunannya. Simak apa saja perbedaan silabus dan RPP dalam konteks tahapan penyusunannya.

1. Tahap Penyusunan Silabus

Dalam penyusunannya, silabus memiliki 5 langkah penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, perbaikan, pemantapan dan penilaian. Sedangkan dalam pengembangannya, silabus memiliki tahapan sebagai berikut:

·         Mengisi identitas silabus yang terdiri dari nama sekolah, nama pelajaran, kelas dan       semester. Identitas ini ditulis di atas matriks silabus.

·         Menuliskan standar kompetensi dan kompetensi dasar.

·         Menentukan materi pokok pembelajaran.

2. Tahap Penyusunan RPP

Dalam menyusun RPP, ada langkah-langkah yang diperlukan dan sebisa mungkin diselaraskan dengan materi pembelajaran yang sdang berjalan. Adapun langkah untuk membuatnya adalah :

·         Menuliskan identitas RPP yaitu nama satuan pendidikan, nama pelajaran, bab yang      akan di pelajari dan durasi waktunya.

·         Menuliskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari materi tersebut.

·         Mencantumkan materi pembelajaran dan metode yang digunakan atau pendekatan       yang digunakan kepada siswa.

·         Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan,                kegiatan inti hingga penutup.

·         Mencantumkan sumber dan bahan alat ajar.

·         Menyertakan lembar penilaian, evaluasi dan refleksi.

Contoh Silabus dan RPP

Untuk lebih memperjelas apa perbedaan Silabus dan RPP, silahkan disimak contoh Silabus dan RPP berikut ini. Dari contoh ini dapat diketahui perbedaan yang menyolok baik dari segi format maupun isi dari Silabus dan RPP.

1. Contoh Silabus



2. Contoh RPP


Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan berbagai perbedaan silabus dan RPP. Perbedaan tersebut diantaranya :

·         Silabus merupakan rancangan kegiatan pembelajaran dalam satu semester,                  sementara RPP merupakan rancangan kegiatan pembelajaran untuk satu pertemuan.

·         Dalam silabus tidak dijelaskan langkah-langkah pembelajaran secara detail,                   sementara dalam RPP dijelaskan dengan terperinci setiap langkah kegiatannya mulai   dari pendahuluan hingga penutup.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Perbedaan Silabus dan RPP Dalam Menyusun Kegiatan Pembelajaran di Sekolah"