Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Allo Bank Yang Patut Diketahui?
Allo Bank berdiri dibawah naungan CT Corp yang juga menaungi
berbagai perbankan lain seperti Bank Mega dan media seperti TransTV. Apa saja
kekurangan dan kelebihan Allo Bank yang harus anda ketahui?
Allo Bank merupakan sebuah produk perbankan digital yang ingin
disempurnakan oleh CT Corp dengan menggabungkan produk Fintech di dalamnya. Melalui
Allo Bank, CT Corp berharap masyarakat dapat menikmati pengalaman perbankan
yang lebih baik.
Asal Usul Allo Bank
Tahukah kamu
bagaimana sejarah berdirinya Allo Bank? Perbankan digital ini tidak berdiri
begitu saja, namun memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada awalnya ini adalah
sebuah bank konvensional bernama Bank Harda International Tbk.
Pada tahun 2021 Bank
Harda di akuisisi oleh CT Corp melalui PT. Mega Corpora yang dikenal sebagai
Bnk Mega. Sejak itu, Bank Harda berubah menjadi Allo Bank dan dirubah total
dari logo hingga visi, misi dan pelayanannya.
Namun walau telah
berubah menjadi Allo Bank, kode bank 567 yang merupakan kode Bank Harda masih
bisa digunakan oleh Allo Bank. Kode Allo Bank sendiri sampai saat ini masih
belum ditentukan.
Walau belum memiliki
kode bank, namun anda tidak usah ragu karena Allo Bank sudah terdaftar di OJK
dan mendapatkan izin resmi untuk beroperasi sebagai bank digital di Indonesia
mulai Sptember 2021.
Kini Allo Bank
tercatat sebagai bank yang memiliki lisensi resmi dan merupakan gabungan dari
berbagai layanan Fintech termasuk Paylater, InstantCash hingga deposito
berjangka. Allo Bank juga dapat digunakan sebagai dompet digital yang memiliki
fitur transfer, pembelian dan pembayaran.
Apa Saja Fitur Aplikasi Allo Bank
Mengingat ketatnya persaingan di dunia perbankan digital, Allo
Bank harus berpikir keras untuk menghadirkan layanan keuangan yang dipercaya
oleh masyarakat. Kekurangan dan Kelebihan Allo Bank menjadi salah satu hal yang
turut menjadi pertimbangan.
Jika hanya memiliki sedikit kelebihan dibanding bank digital
lainnya, tentu apa bedanya Allo Bank dengan bank serupa lainnya?. Simak apa
saja fitur Allo Bank yang semakin lengkap dan terpercaya berikut ini.
·
Tersedia fitur layanan perbankan pada umumnya seperti pembukaan
rekening pribadi, rekening bisnis, tabungan dan deposito.
- ·
Adanya layanan dompet digital seingga anda tidak repot-repot
harus ke ATM.
- ·
Bisa melakukan top up dengan aneka metode.
- ·
Bisa melakukan pembayaran ke berbagai merchant.
- ·
Memiliki Jasa Transfer
- ·
Terdapat fitur paylater.
- ·
Terdapat fitur instant cash.
Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Allo Bank
Sebagai bank digital yang muncul belakangan sesudah maraknya bank digital serupa, Allo Bank harus memiliki fitur dan diversifikasi layanan perbankan agar menarik konsumen untuk menggunakan Allo Bank alih-alih bank lainnya.
Apa saja kelebihan Allo Bank yang berbeda dibandingkan perbankan lainnya?
1. Memiliki Lebih Banyak Fitur
Ini adalah transaksi yang bisa anda gunakan tanpa
perlu menggunakan kartu dan hanya menggunakan QRIS MPS. Ada juga layanan
lainnya seperti e-wallet, paylater, bayar tagihan, tarik tunai hingga dana
instant.
Limit dana instant yang dapat dipinjam oleh nasabah
Allo bank mencapai 100 juta rupiah per bulan.
2. Ada Fitur Voucher Potongan Harga
Satu
lagi program dalam MPC adalah kupon. Nasabah dapat menikmati manfaat kupon tersebut
dalam bentuk potongan harga. Kupon itu dapat digunakan saat melakukan transaksi
di berbagai merchant.
Terdapat banyak merchant yang bisa melakukan
transaksi menggunakan Allo Bank, diantaranya adalah TransMart, Trans World,
Snow World, Coffebean dan masih banyak lagi. Anda akan mendapatkan diskon yang
snagat menarik jika melakukan pembayaran dengan Allo Bank.
3. Memiliki Level Keanggotaan dan Membership
Allo
Bank memberikan fitur Membership atau keanggotaan. Layanan ini merupakan salah satu dari 3 layanan Membership, Points dan Coupon (MPC). Ini adalah program
loyalitas nasabah yang terdiri dari keanggotaan, poin,
dan kupon.
Terdapat 3 jenis keanggotaan nasabah dengan manfaat
yang berbeda-beda. Jenis tersebut tergantung pada jumlah poin dan kupon yang
dikumpulkan. Keanggotaan Allo bank terdiri dari starter, advance, dan premium.
Starter merupakan
level keanggotaan yang didapat pemula dengan nilai akumulasi 1,9 juta poin. Advance merupakan level keanggotaan lanjutan yang
didapat nasabah dengan nilai akumulasi 4,9 juta poin. Terakhir premium,
merupakan level keanggotaan dengan minimal akumulasi sebesar 5 juta poin.
4. Konsep All For One
Kelebihan
lain dari Allo Bank dibandingkan perbankan digital lainnya tentu saja konsep
All for One yang diusung bank ini. Sederhananya, Hanya melalui satu platform
yaitu Allo App, anda dapat melakukan berbagai transaksi yang telah difasilitasi
oleh Allo Bank.
Contohnya
adalah anda dapat melakukan transaksi melalui Allo Pay dan Allo Pay+ dengan
maksimal saldo Rp2 juta dan limit per bulan Rp10 juta. Anda juga bisa
mendapatkan limit paylater hingga 100 juta.
Anda
juga bisa menggunakan berbagai fasilitas lain yang tersedia seperti tersedia
seperti e-wallet, paylater, deposito
dan lainnya. Nasabah juga bisa meng-upgrade akun nya menjadi Allo prime untuk
menabung dengan suku bunga 4 persen.
Konsep ini tentu saja dianggap lebih praktis dan
fleksibel oleh sebagian besar nasabah karena tidak perlu menggunakan banyak
platform untu berbagai keperluan. Anda bisa melakukan banyak hal hanya
menggunakan Allo Bank saja.
5. Tukar Poin Untuk Pembayaran
Keseruan
lain yang bisa anda terima dari Allo Bank adalah poin yang anda kumpulkan bisa
ditjadikan alat pembayaran. Poin yang tadi telah didapatkan nasabah dapat
digunakan untuk melakukan pembayaran diberbagai merchant.
Semakin banyak and amengumpulkan poin maka semakin
tinggi level keanggotaan yang anda miliki, dan semakin besar pula bonus yang
ada dapatkan. 1 poin bernilai 1 rupiah dan Jumlah poin yang didapat disesuaikan
dengan tingkat keanggotaan.
Kekurangan Yang Dimiliki Oleh Allo Bank
Kekurangan dan kelebihan Allo Bank memang sudah merupakan hal
yang wajar. Dibalik banyaknya kelebihan tentu aka nada kekurangan. Sebagai
pendatang baru yang pasti kepercayaan masyarakat menjadi kekurangan Allo Bank.
Hal ini disebabkan konsistensi Allo Bank dalam menjawab
kebutuhan masyarakat dengan pelayanan yang baik masih harus terus dibuktikan. Allo
Bank juga dinilai belum mampu menjamin kenyamanan nasabah dalam menggunakan
layananya.
Hal ini masuk akal karena tentunya Allo Bank membutuhkan waktu lebih lama untuk membuktikan kemampuannya. Dan merupakan hal yang wajar bila masyarakat masih ragu mempercayakan keuangan kepada para pemain baru.
Jika diperhatikan lebih seksama, pengaturan fitur yang terlalu
banyak juga mengganggu kenyamanan beberapa nasabah yang hanya membutuhkan
bberapa fitur saja. Sehingga fitur lainnya dirasa mubazir.
Rating Allo Bank yang masih
berada di level 3,7 di Play Store menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan
masyarakat terhadap Allo Bank masih belum cukup tinggi. Hal ini menjadi PR bagi
CT Corp untuk terus menggenjot manajemen Allo Bank agar terus berinovasi.
Kelebihan dan kekurangan Allo Bank yang telah kita bahas di atas
semoga menjadi informasi yang berguna. Khususnya bagi anda yang tertarik
mencoba mengunduh Allo Bank dan merasakan fitur-fiturnya.
Post a Comment for "Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Allo Bank Yang Patut Diketahui?"
Terimakasih Telah Berkunjung Di Blog Ini, Jika Merasa Artikel Bermanfaat Jangan Lupa Untuk DiShare.
Atas Kerjasamanya Admin Mengucapkan Terimakasih.
----Katingo Take----