Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Allo Bank Yang Patut Diketahui?

 


Allo Bank berdiri dibawah naungan CT Corp yang juga menaungi berbagai perbankan lain seperti Bank Mega dan media seperti TransTV. Apa saja kekurangan dan kelebihan Allo Bank yang harus anda ketahui?

Allo Bank merupakan sebuah produk perbankan digital yang ingin disempurnakan oleh CT Corp dengan menggabungkan produk Fintech di dalamnya. Melalui Allo Bank, CT Corp berharap masyarakat dapat menikmati pengalaman perbankan yang lebih baik.

Asal Usul Allo Bank

Tahukah kamu bagaimana sejarah berdirinya Allo Bank? Perbankan digital ini tidak berdiri begitu saja, namun memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada awalnya ini adalah sebuah bank konvensional bernama Bank Harda International Tbk.

Pada tahun 2021 Bank Harda di akuisisi oleh CT Corp melalui PT. Mega Corpora yang dikenal sebagai Bnk Mega. Sejak itu, Bank Harda berubah menjadi Allo Bank dan dirubah total dari logo hingga visi, misi dan pelayanannya.

Namun walau telah berubah menjadi Allo Bank, kode bank 567 yang merupakan kode Bank Harda masih bisa digunakan oleh Allo Bank. Kode Allo Bank sendiri sampai saat ini masih belum ditentukan.

Walau belum memiliki kode bank, namun anda tidak usah ragu karena Allo Bank sudah terdaftar di OJK dan mendapatkan izin resmi untuk beroperasi sebagai bank digital di Indonesia mulai Sptember 2021.

Kini Allo Bank tercatat sebagai bank yang memiliki lisensi resmi dan merupakan gabungan dari berbagai layanan Fintech termasuk Paylater, InstantCash hingga deposito berjangka. Allo Bank juga dapat digunakan sebagai dompet digital yang memiliki fitur transfer, pembelian dan pembayaran.

Apa Saja Fitur Aplikasi Allo Bank

Mengingat ketatnya persaingan di dunia perbankan digital, Allo Bank harus berpikir keras untuk menghadirkan layanan keuangan yang dipercaya oleh masyarakat. Kekurangan dan Kelebihan Allo Bank menjadi salah satu hal yang turut menjadi pertimbangan.

Jika hanya memiliki sedikit kelebihan dibanding bank digital lainnya, tentu apa bedanya Allo Bank dengan bank serupa lainnya?. Simak apa saja fitur Allo Bank yang semakin lengkap dan terpercaya berikut ini.

·         Tersedia fitur layanan perbankan pada umumnya seperti pembukaan rekening pribadi, rekening bisnis, tabungan dan deposito.

  1. ·         Adanya layanan dompet digital seingga anda tidak repot-repot harus ke ATM.
  2. ·         Bisa melakukan top up dengan aneka metode.
  3. ·         Bisa melakukan pembayaran ke berbagai merchant.
  4. ·         Memiliki Jasa Transfer
  5. ·         Terdapat fitur paylater.
  6. ·         Terdapat fitur instant cash.

 

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Allo Bank

 


Sebagai bank digital yang muncul belakangan sesudah maraknya bank digital serupa, Allo Bank harus memiliki fitur dan diversifikasi layanan perbankan agar menarik konsumen untuk menggunakan Allo Bank alih-alih bank lainnya.

Apa saja kelebihan Allo Bank yang berbeda dibandingkan perbankan lainnya?

1. Memiliki Lebih Banyak Fitur

 Kelebihan dan kekurangan Allo Bank yang pertama yaitu memiliki lebih banyak fitur dan layanan yang dapat dimanfaatkan nasabah dibandingkan bank digital lainnya. Salah satu layanan yang tersedia yaitu cardless transactions.

Ini adalah transaksi yang bisa anda gunakan tanpa perlu menggunakan kartu dan hanya menggunakan QRIS MPS. Ada juga layanan lainnya seperti e-wallet, paylater, bayar tagihan, tarik tunai hingga dana instant.

Limit dana instant yang dapat dipinjam oleh nasabah Allo bank mencapai 100 juta rupiah per bulan.

2. Ada Fitur  Voucher Potongan Harga

Satu lagi program dalam MPC adalah kupon. Nasabah dapat menikmati manfaat kupon tersebut dalam bentuk potongan harga. Kupon itu dapat digunakan saat melakukan transaksi di berbagai merchant. 

Terdapat banyak merchant yang bisa melakukan transaksi menggunakan Allo Bank, diantaranya adalah TransMart, Trans World, Snow World, Coffebean dan masih banyak lagi. Anda akan mendapatkan diskon yang snagat menarik jika melakukan pembayaran dengan Allo Bank.

3. Memiliki Level Keanggotaan dan Membership

Allo Bank memberikan fitur Membership atau keanggotaan. Layanan  ini merupakan salah satu dari 3 layanan Membership, Points dan Coupon (MPC). Ini adalah program loyalitas nasabah yang terdiri dari keanggotaan, poin, dan kupon. 

Terdapat 3 jenis keanggotaan nasabah dengan manfaat yang berbeda-beda. Jenis tersebut tergantung pada jumlah poin dan kupon yang dikumpulkan. Keanggotaan Allo bank terdiri dari starter, advance, dan premium.

Starter merupakan level keanggotaan yang didapat pemula dengan nilai akumulasi 1,9 juta poin. Advance merupakan level keanggotaan lanjutan yang didapat nasabah dengan nilai akumulasi 4,9 juta poin. Terakhir premium, merupakan level keanggotaan dengan minimal akumulasi sebesar 5 juta poin. 

4. Konsep All For One

Kelebihan lain dari Allo Bank dibandingkan perbankan digital lainnya tentu saja konsep All for One yang diusung bank ini. Sederhananya, Hanya melalui satu platform yaitu Allo App, anda dapat melakukan berbagai transaksi yang telah difasilitasi oleh Allo Bank. 

Contohnya adalah anda dapat melakukan transaksi melalui Allo Pay dan Allo Pay+ dengan maksimal saldo Rp2 juta dan limit per bulan Rp10 juta. Anda juga bisa mendapatkan limit paylater hingga 100 juta.

Anda juga bisa menggunakan berbagai fasilitas lain yang tersedia seperti tersedia seperti e-wallet, paylater, deposito dan lainnya. Nasabah juga bisa meng-upgrade akun nya menjadi Allo prime untuk menabung dengan suku bunga 4 persen. 

Konsep ini tentu saja dianggap lebih praktis dan fleksibel oleh sebagian besar nasabah karena tidak perlu menggunakan banyak platform untu berbagai keperluan. Anda bisa melakukan banyak hal hanya menggunakan Allo Bank saja.

5. Tukar Poin Untuk Pembayaran

Keseruan lain yang bisa anda terima dari Allo Bank adalah poin yang anda kumpulkan bisa ditjadikan alat pembayaran. Poin yang tadi telah didapatkan nasabah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran diberbagai merchant. 

Semakin banyak and amengumpulkan poin maka semakin tinggi level keanggotaan yang anda miliki, dan semakin besar pula bonus yang ada dapatkan. 1 poin bernilai 1 rupiah dan Jumlah poin yang didapat disesuaikan dengan tingkat keanggotaan. 

Kekurangan Yang Dimiliki Oleh Allo Bank

Kekurangan dan kelebihan Allo Bank memang sudah merupakan hal yang wajar. Dibalik banyaknya kelebihan tentu aka nada kekurangan. Sebagai pendatang baru yang pasti kepercayaan masyarakat menjadi kekurangan Allo Bank.

Hal ini disebabkan konsistensi Allo Bank dalam menjawab kebutuhan masyarakat dengan pelayanan yang baik masih harus terus dibuktikan. Allo Bank juga dinilai belum mampu menjamin kenyamanan nasabah dalam menggunakan layananya.

Hal ini masuk akal karena tentunya Allo Bank membutuhkan waktu lebih lama untuk membuktikan kemampuannya. Dan merupakan hal yang wajar bila masyarakat masih ragu mempercayakan keuangan kepada para pemain baru.

Jika diperhatikan lebih seksama, pengaturan fitur yang terlalu banyak juga mengganggu kenyamanan beberapa nasabah yang hanya membutuhkan bberapa fitur saja. Sehingga fitur lainnya dirasa mubazir.

Rating Allo Bank yang masih  berada di level 3,7 di Play Store menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Allo Bank masih belum cukup tinggi. Hal ini menjadi PR bagi CT Corp untuk terus menggenjot manajemen Allo Bank agar terus berinovasi.

Kelebihan dan kekurangan Allo Bank yang telah kita bahas di atas semoga menjadi informasi yang berguna. Khususnya bagi anda yang tertarik mencoba mengunduh Allo Bank dan merasakan fitur-fiturnya.

 


 

 


Post a Comment for "Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Allo Bank Yang Patut Diketahui?"