Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bagaimana Melakukan Optimasi Visitor Dengan Target Negara Berbeda

Optimasi visitor luar negeri

Memang betul terkadang ada perbedaan signifikan dari pendapatan AdSense blog. Itu terlihat kontras antara blog bule dan blog berbahasa Indonesia.

Kamu pasti pernah melihat penghasilan beberapa blog dengan bahasa inggris mendapat pendapatan AdSense begitu besar. Bahkan itu jauh berbeda dengan blog dengan bahasa Indonesia.

Jadi apakah artikel ini mengharuskan kamu membuat blog bahasa bule? Jangan nekat. Apalagi belum mengetahui bahasa asing begitu baik.

Ya, betul. Bisa saja menggunakan beberapa tools untuk menciptakan konten bahasa inggris. Tetapi ingat, semua tools pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Sulit untuk mendekati bahasa yang pas atau sesuai aslinya.

Artikel ini cocok bagi kamu yang sedang mengerjakan blog dengan bahasa asing. Bagi blogger yang menggunakan bahasa Indonesia, apakah artikel ini kurang cocok di pelajari?

Bukan seperti itu pemahamannya. Artikel ini sebenarnya bisa diterapkan pada semua blog. Hanya saja harus pandai menerapkannya.

So, Mari kita lanjut.

Sebelum membahas bagaimana melakukan optimasi visitor dengan target negara berbeda

Ketahui dulu beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa blogger. Secara khusus mereka yang memiliki blog dengan bahasa asing.


  1. Keyword yang digunakan pada blog tidak pernah melewati proses riset. Termasuk riset untuk melihat keyword di beberapa negara.

  2. Keyword yang digunakan asal di ambil aja. Menganggap semua keyword bisa meningkatkan CPC AdSense. Padahal persepsi seperti ini salah besar. Perlu diketahui, inggris bukan satu-satunya negara yang memiliki nilai CPC besar.

  3. Kebanyakan pemilik blog tidak memeriksa artikel sebelum di publish. Ini biasanya terjadi bagi mereka yang menggunakan jasa penulis artikel.

    Melihat itu bahasa inggris, langsung saja di upload. Padahal artikel itu bisa saja menargetkan negara yang salah. Terlebih keyword pada artikel itu populer di satu negara dan tidak memberi nilai CPC besar.


Dari beberapa kesalahan itulah mengapa artikel ini saya buat. Tujuannya agar bisa membagi pengalaman maupun pemahaman terkait melakukan optimasi visitor dengan target negara yang berbeda.

Baca juga artikel lainnya: 

Lanjut ke pembahasan awal.

Untuk menargetkan visitor berbeda negara. Kamu bisa melakukan perubahan pada bagian setting. Perubahan setting seperti ini.


1. Lakukan setting target internasional

Saya yakin, bila blog mu sudah terdaftar di Google Webmaster. Bila kamu belum menautkan blog mu. Lakukan saat ini.

Setelah yakin blog mu sudah terhubung di Search Console (Webmaster). Selanjutnya yang perlu kamu lakukan yakni mengubah sedikit setting.

Masuk ke bagian Search Traffic lalu pilih International Targeting.

Artinya, kamu sudah menargetkan visitor blog ke beberapa negara. Tentunya negara luar. Ini bisa mempengaruhi CPC nantinya.

2. Segera tambah backlink dari negara yang menjadi target

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan yakni menambah porsi backlink dari negara yang di targetkan. 

Untuk melakukan hal ini. Itulah alasan saya untuk meminta mu membaca artikel sebelumnya. Lihat pada bagian artikel terkait sebelumnya. Pembahasan untuk melakukan Link Building.

Melakukan pekerjaan link building tidak sulit seperti yang kamu pikirkan selama ini. Terasa sulit, itu mungkin disebabkan kurangnya pemahaman terkait backlink. 

Pelajari lengkapnya di artikel yang saya sebutkan tadi.

3. Ambil target keyword yang tepat

Ini sekali lagi berkaitan dengan riset keyword. Pusing, butuh waktu, yang itu memang pekerjaan yang seharusnya dilakukan blogger dan selalu dialami. Namun sebanding dengan hasil yang diperoleh.

Ketika kamu melakukan riset keyword. Pastikan kamu memilih negara yang tepat. Lalu lihat keyword yang sedang populer di negara itu.

Semakin populer keyword yang kamu pilih lalu di tulis dengan artikel terbaik. Maka semakin besar kesempatan meningkatkan pengunjung blog. Ujungnya bakal mempengaruhi pendapatan AdSense blog mu juga bukan.

Kamu bisa mempelajari teknik menulis artikel seperti yang dilakukan oleh pakar SEO. Lihat bagaimana para pakar SEO menulis artikel berkualitas tinggi. Lalu terapkan juga pada blog mu saat ini.

Namun ingat, kombinasi dengan keyword yang sudah kamu miliki sebelumnya. Bisa juga kamu gabungkan dengan kata kunci turunan. Biasa sering di kenal dengan istilah keyword LSI.

Untuk mengetahui tingkat populer keyword target. Silahkan kamu gunakan Google trends. Masukkan keyword di sana. 

Lalu lihat bagian “interest by region.” Kamu bakalan tahu di negara mana aja keyword itu populer.


Beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan:

  • Pastikan nama domain menggunakan bahasa dari negara yang menjadi target mu.
  • Pastikan menggunakan domain TLD sesuai negara target.
  • Lalu lakukan setting pada bagian Hreflang (biasa sering di kenal dengan language meta tag)
  • Gunakan juga hosting dari negara target. Misalnya menargetkan negara United States. Maka gunaan hosting dari negara tersebut.

Hal lainnya yang mungkin perlu kamu pahami dari beberapa optimasi di atas yakni:

  • Coba buat website menggunakan Aged atau Expired Domain. Pastikan juga sudah memiliki backlink lumayan banyak dan berkualitas. Lihat lagi backlink yang dimiliki. Kamu harus memastikan backlink berasal dari negara yang di targetkan.

  • Ini perlu kamu ingat. Ketika mengubah negara target di Search Console kemungkinan membuat traffic menjadi drop. Namun itu enggak selalu terjadi dan bisa pulih secara berangsur.

  • Ketika mengubah title artikel ke bahasa asing. Misalnya artikel mu menggunakan bahasa Indonesia. Lalu kamu ingin menargetkan visitor dari negara Malaysia. Mengubah title itu tak serta selalu memberi hasil terbaik. Maka dari itu di perlu melakukan beberapa pengujian. Ya, betul. Ada beberapa blogger melakukan hal ini dan mendapat hasil maksimal. Namun tak semuanya mengalami hal sama.


Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan. Terlebih berkaitan bagaimana melakukan optimasi visitor dengan target negara berbeda.

Dengan panduan ini apakah kamu bakal mendapat hasil maksimal?

Ini hanya panduan dan teknik melakukan berbagai uji coba. Apapun hasilnya, tentu itu di luar kendali kita. 

Kita hanya perlu melakukan beberapa percobaan dan melakukan perbandingan. Baru nantinya memilih teknik yang berkerja dengan baik. Melakukan uji coba, itu yang sering dilakukan beberapa pakar SEO. 

Mereka tak mau bergantung pada satu teknik saja. Itu seharusnya yang perlu kamu lakukan. Apalagi berencana menjadi seorang blogger luar biasa.

So. Selamat mencoba, semoga mendapat keberuntungan.

Salam blogger.

Post a Comment for "Bagaimana Melakukan Optimasi Visitor Dengan Target Negara Berbeda"