Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sosial Media yang Cocok untuk Promosi Online Shop Saat Ini

Sosial media yang cocok untuk promosi online shop – Apakah kamu juga salah satu diantara lainnya sedang mencari media sosial yang cocok?

Hingga saat ini begitu banyak media sosial yang bisa digunakan kalangan masyarakat. Baik untuk tujuan berkomunikasi hingga dijadikan media untuk memperkenalkan usaha yang sedang dijalankan.


Sosial Media yang Cocok untuk Promosi Online Shop


Sekalipun sudah banyak media sosial yang beredar hingga saat ini. Ternyata masih ada beberapa di antara mereka yang masih kebingungan. 

Rasa bingung bukan karena tidak tahu bagaimana menggunakan media sosial tersebut. Namun bingung mana yang paling cocok untuk mempromosikan usaha mereka.

Online shop memang menjadi salah satu jenis usaha yang sedang trends saat ini. 

Jenis usaha ini bisa dijalankan semua kalangan. Baik kalangan orang tua, kaula muda hingga kalangan remaja. 

Mereka bisa menjadi penyedia produk atau produsen, reseller hingga tanpa modal sekalipun seperti dropship.

Sekalipun online shop yang dijalani tanpa mengeluarkan modal sedikit pun. 

Jelas tidak bisa menjamin kemudahan mendapat konsumen. Tentu diperlukan tindakan untuk mendapat konsumen apalagi secara konsisten.

Langkah terbaik mengenalkan online shop yang sedang dikerjakan ialah menggunakan media sosial.

Maka dari itu konten ini di buat. Tujuannya agar kamu bisa mengetahui mana jenis media sosial yang memiliki potensi. 

Terlebih potensi untuk mendapatkan konsumen hingga bisa melakukan transaksi pada bisnis yang sedang dijalankan salah satunya online shop.

Mari kita mulai. Media sosial mana saja yang berpotensi baik untuk mengembangkan atau promosi online shop.


Media Sosial yang Cocok untuk Promosi Online Shop yang Kamu Miliki

Media sosial memang sedang naik daun saat ini. Begitu banyak hal yang bisa dilakukan pada media sosial. 

Entah untuk menyimpan moment tertentu. Misalnya berupa foto, video dan jenis lainnya.

Menyimpan foto di beberapa media sosial tentunya bertujuan untuk memberi tahu banyak kalangan. 

Apalagi foto itu misalnya berupa tempat wisata. Jelas sangat senang bila banyak lagi kalangan yang mengetahui tempat yang sedang dikunjungi. 

Melihat kegunaannya, maka tak salah bila melakukan promosi online shop di beberapa media sosial. 

Tujuannya sudah pasti agar bisa meningkat jumlah konsumen yang melakukan transaksi setiap waktu.

Bila saat ini kamu memiliki online shop. Coba gunakan beberapa media sosial berikut yang akan dijelaskan sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis tersebut.

1. Instagram

Pada awalnya Instagram hanya merupakan media sosial yang dikhususkan untuk menyimpan foto maupun video. 

Begitu banyak jenis foto maupun video yang tersimpan di Instagram. Entah foto maupun video pribadi hingga foto maupun video dengan suatu moment.

Seiring berjalannya waktu, Instagram bukan lagi sekadar wadah untuk memamerkan foto maupun video. Namun perlahan digunakan untuk melakukan promosi online shop.

Hingga saat ini, sudah begitu banyak jenis online shop yang ada di Instagram. Tentunya hal ini sudah kamu ketahui sejak lama bahkan bisa kamu jumpai setiap waktu ketika mengakses Instagram.

Melihat promosi online shop yang dilakukan beberapa kalangan di media sosial Instagram. Mengapa tidak ikut mempromosikan online shop kamu menggunakan media sosial ini.

Bahkan kamu tak perlu keahlian khusus untuk menggunakan media sosial Instagram untuk promosi online shop. 

Cukup mengambil foto maupun video terhadap jenis bisnis yang dijalankan. Kemudian langsung upload di Instagram. 

Ya memang tak langsung mendapat konsumen. Tetapi setidaknya online shop yang sudah kamu bangun bisa dikenal oleh banyak kalangan. 

Bahkan dikenal oleh kalangan yang berada ditempat yang berbeda.

Perlu kamu ketahui, saat ini Instagram merupakan salah satu media online yang paling populer. Bahkan populer untuk mengembangkan bisnis ke tingkat selanjutnya. 

Coba lihat, ada banyak kalangan yang sudah sukses di bidang online shop dengan memanfaatkan Instagram sebagai media promosi.

2. Facebook 

Sosial media yang cocok untuk promosi online shop selanjutnya yakni Facebook. Bisa dikatakan jenis media sosial ini sudah cukup lama didirikan. 

Sekalipun sudah berdiri lama. Bukan berarti media sosial ini kalah bersaing dengan jenis media sosial lainnya.

Buktinya hingga saat ini Facebook masih menjadi media sosial yang banyak digunakan kalangan masyarakat. 

Baik untuk melakukan komunikasi, menyimpan foto, video, bahkan dijadikan wadah untuk mempromosikan berbagai macam jenis usaha.

Apabila kamu memiliki online shop. Baik yang baru dijalankan maupun sudah berdiri lama. Mengapa tak memanfaatkan Facebook sebagai sarana promosi. 

Tujuannya tetap sama, yakni meningkatkan konsumen dan penjualan setiap waktu.

Cukup mudah menggunakan Facebook sebagai sarana promosi online shop. Bisa berupa foto maupun video bahkan jenis lainnya. 

Hanya saja perlu dilakukan secara konsisten, maupun selalu kreatif dalam promosi.

Hingga saat ini saja, sudah banyak contoh kalangan yang sukses menjalankan online shop. Awalnya mereka menggunakan Facebook sebagai media share atau promosi. 

Mengapa kamu tidak melakukan strategi seperti itu. Tak menutup kemungkinan kelak kamu juga bisa sukses seperti mereka.

3. YouTube

Media sosial YouTube awalnya hanya digunakan untuk melakukan upload video. Berbagai macam jenis video yang di upload beberapa kalangan masyarakat. 

Seiring berjalannya waktu, YouTube bukan hanya untuk sarana menyimpan video.

Saat ini YouTube mulai digunakan sebagai sarana untuk media promosi online shop. 

Bukan hanya satu jenis saja online shop yang dipromosikan melalui YouTube. Berbagai macam jenis usaha yang bisa ditemui.

Video promosi online shop tak harus dengan durasi yang panjang. Bisa saja dengan video singkat. 

Pastikan video yang dibuat sesuai dengan target pasar. Maupun sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Secara keseluruhan video yang dibuat harus relevan.

Melihat besarnya pengguna YouTube hingga saat ini. Mengapa hal tersebut tak kamu manfaatkan untuk menarik konsumen terhadap online shop. 

Mulai buat video yang menarik. Bisa berupa pesan teks maupun jenis lainnya. 

Lakukan dengan konsisten, dan lihat hasil yang bisa kamu peroleh berkat promosi online shop melalui YouTube tersebut.

4. Twitter

Media promosi online yang lainnya bisa kamu coba untuk mengembangkan online shop ialah twitter. Hingga saat ini twitter masih diminati banyak kalangan masyarakat. 

Banyak yang menggunakan twitter untuk menyampaikan pesan, posting berita dan jenis informasi berbeda.

Sekalipun tingkat popularitas twitter begitu besar. Masih banyak yang belum paham bagaimana memanfaatkan twitter sebagai sarana promosi online shop. Padahal promosi pada media sosial twitter tidak begitu sulit.

Promosi online shop bisa berupa gambar, poster, pesan teks dan jenis lainnya. Sekali promosi memang tidak langsung memberikan dampak. 

Coba lakukan dengan konsisten, pasti dampak positif bisa dirasakan dan terjadi pada bisnis yang sedang ditekuni.

Bila kamu masih bingung memilih media sosial untuk promosi online shop. Twitter salah satu media online yang bisa kamu pertimbangkan. 

Mulai saja dengan hal sederhana namun terus konsisten. 

5. Pinterest

Kamu pasti sudah kenal dengan media sosial Pinterest. 

Media sosial ini bisa dikatakan situs kumpulan gambar maupun video. Beragam gambar maupun video yang bisa didapatkan melalui situs ini.

Pinterest sebenarnya salah satu sosial media yang cocok untuk promosi online shop. Kamu cukup menyiapkan gambar yang sudah sesuai dengan online shop. 

Lalu posting di Pinterest. Lalu tambahkan link yang mengarah ke online shop yang sedang dikelola.

Melalui Pinterest, bisnis online shop kamu bukan hanya dikenal lingkup sekitar saja. Promosi yang dilakukan secara rutin bisa memperkenalkan online shop kamu lebih luas lagi. 

Hal seperti ini nantinya yang berpotensi mendatangkan konsumen baru dan meningkatkan penjualan setiap hari.

6. Path

Path merupakan media sosial yang cukup lama. Namun hingga saat ini masih ada kalangan yang menggunakannya dengan berbagai macam tujuan. Baik untuk posting foto, video dan jenis lainnya.

Melihat masih banyaknya yang terlibat menggunakan path. Mengapa peluang seperti ini tidak kamu manfaatkan untuk melakukan promosi online shop. 

Sama seperti sosial media sebelumnya. Besarnya perkembangan konsumen dan tingkat penjualan bergantung pada tingkat kekonsistenan kamu.

7. Kaskus

Pada awalnya kaskus hanya digunakan sebagai wadah untuk berdiskusi. 

Banyak kalangan yang membagikan berbagai macam informasi melalui kaskus. Entah terkait info kejadian di sekitar, berbagai macam tips. 

Hingga saat ini kaskus masih diminati banyak kalangan. Alasannya karena salah satu media yang cocok untuk berdiskusi.

Berkembangnya zaman hingga saat ini. Kaskus bukan lagi hanya sekadar forum diskusi. Sudah banyak kalangan yang memanfaatkan forum ini untuk melakukan promosi online shop.

Bahkan tidak sedikit yang mampu mengembangkan bisnis mereka berkat melakukan promosi di media sosial kaskus. 

Melihat kesuksesan beberapa kalangan tersebut. Mengapa kamu tidak mencobanya untuk mempromosikan online shop yang sudah ada.

Memang tak langsung memberi keuntungan besar. Namun setidaknya bisnis online shop kamu bisa dikenal kalangan luas. Hingga akhirnya nanti berpotensi menjadi konsumen setia.

8. Blog

Memang sudah menjadi rahasia umum bila blog menjadi salah satu media online cukup banyak peminatnya. 

Melalui blog, kalangan masyarakat bisa menuangkan ide mereka. Baik berupa tulisan, video, hasil desain dan berbagai macam jenis lainnya.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mulai membangun bisnis online melalui media blog. Ada yang berjualan produk pakaian, makanan, layanan jasa dan masih banyak lagi.

Tentunya online shop yang kamu miliki berpeluang besar bisa di promosikan melalui blog. Pastinya berpeluang besar juga untuk meningkatkan konsumen dan penghasilan setiap waktunya. 

Cara promosi yang dilakukan bisa kamu sesuaikan dengan jenis online shop masing-masing. Tak ada batasan untuk kamu menuangkan segala ide kreatif melalui blog. 

Agar perkembangan bisnis online shop meningkat dengan signifikan. Ada baiknya melakukan promosi dengan teknik yang sesuai dengan aturan dari blog. 

Tujuannya agar tidak mengalami permasalahan di kemudian hari yang bisa berdampak negatif terhadap online shop kamu.

9. Email Marketing

Email marketing memang sedikit berbeda dari beberapa jenis sosial media lainnya. 

Media sosial ini mengharuskan kamu untuk mengirimkan pesan pada konsumen saat melakukan promosi online shop.

Namun pesan yang dikirimkan bisa juga disertai dengan gambar. Misalnya berupa poster, pamflet dan jenis lainnya. 

Email marketing juga masih memiliki peluang besar untuk membantu mengembangkan bisnis.

Kamu cukup mengumpulkan email konsumen. Lalu kirimkan pesan secara berkala. Bisa menyertakan pesan dengan teknik copy writing. 

Agar nantinya konsumen lebih tertarik melakukan transaksi untuk membeli pada online shop kamu.

10. Group WhatsApp

Apabila kamu masih bingung menggunakan beberapa media sosial sebelumnya. Terlebih untuk melakukan promosi online shop. 

Sebenarnya kamu masih bisa menggunakan teknik berbeda dengan media sosial yang berbeda juga.

Media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan online shop ialah WhatsApp. Cukup mudah kamu bisa melakukan melalui media sosial ini.

Pastikan WhatsApp yang kamu miliki sudah terdapat group. Terserah mau group apapun, asal sudah memiliki anggota yang lumayan banyak.

Share jenis bisnis online shop yang kamu miliki di beberapa group WhatsApp. 

Mempromosikan bisnis di media sosial ini tak perlu waktu lama. Cukup klik beberapa kali maka sudah bisa menyebarkan bisnis yang dimiliki.

Ada baiknya pastikan group yang digunakan. Lebih baik memilih group dengan anggota sedikit namun relevan dengan promosi. 

Ini juga bertujuan agar tidak terlihat spam nantinya. Maupun mengganggu info yang ada pada group tersebut.

Sudah banyak sebenarnya kalangan yang mendapat keuntungan besar berkat melakukan promosi di group WhatsApp. Jadi mengapa kamu tak mencobanya juga.

11. Telegram

Banyak yang mengatakan bila telegram merupakan media sosial yang mulai usang. Padahal kenyataannya tidak demikian. 

Telegram hingga saat ini masih menjadi salah satu media sosial yang cukup populer.

Begitu banyak hal yang bisa dilakukan pada media sosial ini. Baik berbagi informasi berupa video, teks dan jenis lainnya. 

Bahkan Telegram juga sering digunakan untuk melakukan promosi online shop.

Melihat masih banyak kalangan yang menggunakan telegram. Mengapa kamu tak memanfaatkan kondisi tersebut. Promosi bisa berupa video maupun pesan teks. 

Pastikan setiap objek tersebut terkait dengan situs online shop maupun kontak kamu. Agar nantinya memudahkan konsumen saat ingin melakukan transaksi.

Contoh media promosi offline online shop

Bila memang kamu masih bingung untuk menggunakan beberapa media sosial di atas. 

Tenang, masih ada cara berbeda bisa kamu gunakan agar bisa mempromosikan online shop.

Salah satu promosi yang bisa dilakukan ialah secara offline. Sekalipun bisnis kamu berbasis online. Tak ada salahnya melakukan promosi offline.

Promosi offline bisa dilakukan dari mulut ke mulut. 

Dalam artian memberi tahu kalangan di sekitar bila saat ini kamu memiliki bisnis online yang menjual produk tertentu.

Bila ada di antara mereka yang ingin melakukan pembelian. 

Bisa saja kamu melakukan transaksi langsung. Bila memang kamu memiliki ketersediaan produk yang dijual.

Sekalipun promosi secara offline. Masih banyak contoh kalangan yang bisa sukses. Hanya saja harus disertai dengan ketekunan dan terus melakukan inovasi.


Penutup 

Begitu panjang penjelasan yang sudah disampaikan dalam konten ini. Terlebih berkaitan dengan sosial media yang cocok untuk promosi online shop.

Dari penjelasan yang cukup panjang ini. Semoga nantinya bisa membantu kamu untuk memilih media sosial yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani.

Intinya, apapun jenis media sosial yang digunakan untuk promosi. Semua bisa memberikan hasil maksimal asal dikerjakan dengan ketekunan.

Akhir kata. Semoga konten ini bermanfaat.

Selamat mencoba.

Salam Kuasai SEO

Post a Comment for "Sosial Media yang Cocok untuk Promosi Online Shop Saat Ini"