Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Hal Menandakan Anda Menjalin Pertemanan Yang Sehat



Pertemanan yang Sehat – Hal ini tentunya menjadi impian setiap orang. Cukup mustahil ada kalangan yang mau menjalin hubungan pertemanan yang kurang sehat. 


Pertemanan yang kurang sehat bukan hanya merusak mental. Bisa dipastikan hubungan pertemanan tersebut juga tidak bisa bertahan dalam waktu lama.


Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika anda menjalin hubungan pertemanan yang sehat. Baik itu membentuk karakter, menumbuhkan mental yang lebih kuat. Hingga bisa saling memberikan motivasi di kala mengalami situasi sulit. 


Apakah pertemanan yang anda jalin sudah masuk dalam kategori pertemanan yang sehat?


Mungkin masih bingung seperti apakah sebenarnya pertemanan yang sehat itu?


Ok. Mari lanjut baca konten ini!


Terlebih bila anda ingin mengetahui ciri dari pertemanan yang sehat. Dalam konten ini disampaikan beberapa poin. Terlebih yang menandakan sebuah hubungan pertemanan masuk dalam kategori sehat. 


ciri pertemanan yang sehat



Beberapa Ciri Bila Pertemanan Yang Anda Jalin Tergolong Dalam Pertemanan Yang Sehat.


Perhatikan beberapa poin berikut ini terkait ciri pertemanan yang sehat. Pastikan pertemanan yang anda jalin saat ini memiliki salah satu poin yang dijelaskan. 


Bila salah satu pertemanan yang anda jalani tidak terdapat salah satu poin ini. Sudah pasti pertemanan tersebut tidak bisa dikatakan dalam pertemanan sehat.



1. Merasa Nyaman Ketika Sharing Atau Bercerita Pada Teman


Ciri pertama yang menandakan sebuah pertemanan masuk dalam kategori sehat. Yakni merasa nyaman ketika menyampaikan sesuatu hal. 


Entah itu menyampaikan permasalahan pribadi. Baik itu yang menyangkut hubungan asmara, terkait pekerjaan, pendidikan dan lainnya.


Intinya ketika anda bercerita. Di saat itu juga anda begitu nyaman. Tanpa mengalami rasa malu, maupun takut. Terlebih takut hal private nantinya disebar luaskan oleh teman anda pada orang lain.


Sejatinya. Bila pertemanan anda tergolong sehat. Apapun cerita yang anda bagikan pada teman. 


Baik itu hanya hal biasa hingga menyangkut sesuatu yang private. Pasti teman anda tidak mungkin menyebar luaskan cerita tersebut pada orang lain.


Kemudian ketika anda mendapatkan suatu masalah pada kondisi tertentu. Sebagai teman yang baik dan sudah menjalin hubungan pertemanan yang sehat. 


Tentu dirinya bisa memberikan anda solusi terbaik. Tujuannya agar masalah yang anda alami bisa diselesaikan dengan hal positif.


Bila hal ini sudah terjadi dalam pertemanan anda. Bisa dipastikan hubungan pertemanan yang anda jalin tergolong dalam pertemanan yang sehat.



2. Anda tidak Merasa di Hina Maupun di Rendahkan


Setiap orang pasti memiliki perbedaan. Begitu pula dengan pertemanan. Cukup mustahil bila anda dengan sahabat karib anda memiliki sebuah kesamaan. 


Memang ada juga kesamaan dari keduanya. Misalnya saja dari segi hobi atau yang lainnya. Namun yang jelas kesamaan tersebut tidak mungkin terkait semua hal. 


Sekalipun banyak perbedaan diantara pertemanan anda. Tentunya hal ini bukan menjadi masalah. Serta tidak seharusnya hal tersebut membuat anda merasa di hina maupun di rendahkan.


Anggap saja anda dengan sahabat karib memiliki warna kulit yang berbeda. Seharusnya perbedaan tersebut tidak selayaknya menimbulkan perselisihan. Maupun merupakan objek yang dijadikan bahan ejekan. 


Dalam pertemanan yang sehat. Setiap perbedaan yang ada jelas bukan sebuah permasalahan. Malahan dengan adanya perbedaan tersebut seharusnya hubungan anda dengan sahabat karib semakin dekat.



3. Sahabatmu Seharusnya Menghargai Privasi Mu


Ketika anda menjalin hubungan pertemanan cukup lama. Sudah menjadi rahasia umum nyaman menceritakan keluh kesah kehidupan anda pada dirinya.


Baik itu keluh kesah yang biasa hingga yang berkaitan dengan privasi. Ketika anda menyampaikan keluh kesah terkait privasi. 


Seharusnya sahabat anda mampu menjaga hal tersebut. Dalam artian tidak membagikan yang anda sampaikan pada orang yang berbeda.



Pertemanan



Bila sahabat anda mampu menjaga semua privasi yang pernah anda ceritakan pada dirinya. Bisa dikatakan pertemanan anda masuk dalam kategori sehat.


Bila memang privasi mu tidak bisa dijaga oleh sahabatmu. Ada baiknya mempertimbangkan kembali untuk menceritakan hal lainnya pada dirinya. 


Terlebih lagi yang berkaitan dengan hal pribadi atau privasi mu. Tujuannya agar nanti anda tidak merasa kecewa maupun dipermalukan karena hal tersebut.



4. Pertemanan Mu Bukanlah Sebuah Kompetisi 


Setiap orang pasti memiliki tujuan maupun goal yang berbeda-beda. Hal ini juga sering terjadi dalam pertemanan. 


Sekalipun diantara kalian memiliki tujuan atau goal yang berbeda. Tidak seharusnya menjadikan hubungan sahabat menjadi sebuah kompetisi. Hubungan sahabat bukanlah sesuatu untuk menentukan siapa yang menang dan kalah.


Menentukan siapa yang menang dan kalah. Namun hal tersebut kategori bermain atau sekadar mencairkan suasana boleh saja dilakukan. 


Misalnya saja anda bermain sebuah permainan dengan sahabat. Tentu ingin tahu siapa pemenangnya dan siapa yang kalah. Tujuannya agar pertemuan anda dengan sahabat tidak kaku.


Namun hal seperti ini tidak seharusnya terjadi pada hal lainnya. Misalnya saja dalam kebutuhan pribadi. Ketika anda ingin memiliki kendaraan pribadi. Sama halnya dengan sahabat anda.


Kemudian anda berencana siapa yang bisa mendapatkan kendaraan pribadi tersebut dengan harga fantastis. Nota bene uang untuk membelinya masih dari budget orang tua. Jelas hal seperti ini tidak seharusnya dilakukan.


Selain bisa merusak hubungan pertemanan anda. Tentu hal seperti ini juga berdampak kurang baik untuk orang tua. 


Bila orang tua anda berada pada ekonomi menengah ke atas bisa saja bukan menjadi masalah. 


Namun coba bayangkan bila keluarga anda dengan ekonomi menengah ke bawah. Jelas ini menambah beban permasalahan baru dalam keluarga anda.



5. Tetap Bisa Menjadi Dirimu Apa Adanya


Hal lainnya yang menandakan hubungan pertemanan yang sehat yakni berkaitan menonjolkan jati diri. Ketika anda merasa nyaman untuk menampilkan jati diri pada sahabat anda. 


Bahkan tidak merasa terbebani atau malu melakukan hal tersebut. Bisa dikatakan hubungan persahabatan yang anda jalani masuk dalam kategori sehat.


Banyak sekali hubungan persahabatan yang tidak berani untuk tampil apa adanya. Terlebih menampilkan dirinya sesuai pribadi bawaan. 


Sampai saat ini banyak sekali hubungan persahabatan yang kurang transparan. Dalam artian selalu ingin terlihat istimewa didepan sahabatnya.


Misalnya saja ingin tampil dengan pakaian mewah. Jam tangan mewah, kendaraan yang mahal dan lainnya. Padahal untuk mendapatkan kemewahan tersebut harus mengorbankan keuangan keluarganya.


Apakah hal seperti ini baik dilakukan dalam sebuah pertemanan? Jawabannya jelas tidak.


Pertemanan yang sehat tentunya tidak menuntut hal demikian. Sekalipun anda dengan latar belakang yang memiliki ekonomi jauh di bawah sahabat anda. Seharusnya sahabat anda mau menerima anda dengan tulus tanpa harus melihat perbedaan. 



6. Saling Memberi Dukungan Satu Sama Lain


Anggap saja saat ini anda memiliki keinginan.  Contohnya agar bisa masuk di salah satu jenjang pendidikan tinggi. 


Kemudian sahabat anda juga memiliki keinginan yang sama. Namun instansi pendidikan yang anda inginkan berbeda dengan sahabat anda.


Suatu ketika anda mengalami kegagalan masuk instansi pendidikan yang anda dambakan selama ini. Kemudian sahabat anda bisa dengan mudah mendapatkan hal yang dirinya inginkan.


Dengan kegagalan yang anda alami. Seharusnya sahabat anda tidak hanya tinggal diam. Atau mencela kegagalan yang telah anda dapatkan.


Sebagai sahabat yang baik dan sudah menjalin hubungan pertemanan yang sehat. Seharusnya sahabat anda memberikan dukungan pada anda. Sekalipun anda mendapatkan hasil yang tidak diinginkan.


Dukungan bisa saja memberikan nasihat, penyemangat, maupun menghibur anda agar melupakan kegagalan tersebut. Kemudian mengajak anda untuk terus berusaha di waktu yang berbeda.


Inilah yang dinamakan saling memberi dukungan dalam sebuah pertemanan. Entah itu dukungan moril, saran, kata penyemangat, hingga dukungan hal lainnya.



7. Mencoba tidak Memaksakan Kehendak 


Entah itu anda maupun sahabat anda. Tentu dalam diri masing-masing memiliki keinginan maupun sebuah pendapat.


Anggap saja saat ini anda dan sahabat anda memiliki pendapat yang berbeda. Terlebih terkait menilai sesuatu. Maupun pendapat yang berbeda untuk memecahkan suatu masalah.


Sekalipun pendapat anda berbeda. Tidak seharusnya anda memaksakan pendapat tersebut bisa diterima sahabat anda. 


Begitu juga sebaliknya. Tidak seharusnya sahabat anda memaksa anda untuk mengikuti semua pendapat yang dimilikinya.


Ketika diantara anda terdapat pendapat yang berbeda. Jalan terbaik yang bisa diambil yakni menjalani dua pendapat tersebut secara bersamaan. 


Kemudian lihat hasil yang didapatkan dari keduanya. Ketika sudah mendapatkan hasil yang diinginkan. Barulah ambil kesimpulan bersama. Mana sebaiknya yang layak diikuti untuk memecahkan sebuah masalah.


Hal seperti ini sebenarnya salah satu trik membuat hubungan pertemanan terjaga dengan baik. Bahkan menumbuhkan persahabatan yang sehat. Sekalipun sering mengalami perbedaan pendapat. 


Intinya ketika anda dan sahabat tidak saling egois. Bisa dipastikan hubungan persahabatan anda bisa bertahan lebih lama. Bahkan bisa terus menimbulkan hal positif.



sahabat terbaik



8. Dapat Menikmati Kebersamaan Dengan Sahabat


Kebersamaan ini bisa saja terjadi dengan hal sederhana. Entah itu hanya sekadar bercanda tawa terhadap hal sepele dan lainnya. 


Namun hal seperti ini seharusnya bisa anda nikmati dengan nyaman. Bila memang persahabatan yang anda jalin tergolong persahabatan yang sehat.


Persahabatan yang sehat biasanya tidak harus memiliki hal istimewa. Apalagi untuk bertemu maupun bercanda tawa. Dengan hal sederhana saja itu sudah cukup bahkan bisa menikmati suasana.


Ketika dalam hubungan persahabatan anda sudah ada hal seperti ini. Selamat anda sudah masuk dalam pola pertemanan yang sehat.



9. Terus Termotivasi Agar Tumbuh Menjadi Versi Terbaik 


Poin terakhir yang menandakan pertemanan yang sehat. Yakni timbulnya keinginan untuk terus tumbuh menjadi versi terbaik. Bahkan tumbuh menurut versi mu sendiri.


Ketika hal ini muncul dalam pertemanan anda. Mungkin dengan tujuan agar pertemanan yang dijalani bisa memberikan dampak positif. 


Sebaiknya jangan tinggalkan pola pertemanan seperti ini. Hal seperti inilah yang seharusnya tetap anda jaga dalam hubungan pertemanan.




Kesimpulan 


Menjalin pertemanan memang sesuatu hal yang tidak begitu sulit dilakukan. Terlebih lagi menjalin hubungan dengan orang baru. Namun yang menjadi tantangan yakni menemukan pertemanan yang sehat setiap waktunya.


Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari pertemanan yang sehat. Baik itu membentuk karakter lebih baik lagi. 


Hingga bisa dijadikan saran untuk saling bertukar cerita. Tanpa harus takut privasi pribadi diketahui orang lain.


Akhir kata. Semoga melalui artikel singkat ini bisa berguna bagi anda. Terlebih cara mengetahui seperti apakah sebenarnya jenis pertemanan yang sehat.


Semoga melalui artikel ini bisa mengarahkan hubungan pertemanan pada jalan yang lebih baik.


Salam Blogger.

Post a Comment for "10 Hal Menandakan Anda Menjalin Pertemanan Yang Sehat"