Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Persiapan Wajib Dimiliki Sebelum Bekerja



persiapan sebelum bekerja

Dunia kerja memang ada hal menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Tetapi tetap kembali lagi bagaimana membuat keadaan selalu menyenangkan, termasuk bagaimana menjalani pekerjaan yang ditekuni. 

Bila mampu menciptakan suasana menyenangkan maka semua jenis pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Sekalipun pekerjaan yang dijalankan tergolong berat.

Intinya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika sudah masuk dunia kerja. Termasuk bisa menghasilkan uang sendiri, sampai bisa mencukupi semua keperluan pribadi secara mandiri. Namun tetap tidak bisa dilepaskan dari persiapan matang sebelum bekerja.

Ada banyak persiapan yang perlu diperhatikan sebelum masuk dunia kerja. Maka dari itu dalam artikel ini akan dibahas hal apa saja yang dimaksudkan. Lanjut membaca artikel ini hingga selesai guna memahami beberapa persiapan wajib tersebut.


Persiapan Yang Wajib Dipenuhi Sebelum Masuk Dunia Kerja

Persiapan yang benar-benar tidak bisa dilepaskan sebelum masuk dunia kerja yakni seperti penjelasan pada beberapa poin berikut ini. 


1. Persiapan Mental 

Persiapan sebelum masuk dunia kerja sebenarnya bukan hanya berkaitan dengan pakaian yang direkomendasikan. Namun sebenarnya jauh lebih penting adanya persiapan mental bila dibandingkan dengan pakaian maupun perlengkapan lainnya.

Ketika masuk dunia kerja, sangat penting sekali memiliki mental yang kuat. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika sudah memiliki mental yang kuat maupun bagus. 

Anggap saja anda mendapatkan problema dalam pekerjaan, entah itu kurang baiknya komunikasi antar karyawan maupun atasan. 

Dengan mental yang kuat, hal tersebut akan mudah diselesaikan dengan cepat bahkan tidak merusak ritme dari kerja. 

Namun jangan berharap bisa menyelesaikan permasalahan dunia kerja dengan baik bila mental belum terbentuk dengan baik juga.


2. Motivasi Kerja

Hal berikutnya yang perlu dipersiapkan sebelum masuk dunia kerja ialah berkaitan dengan motivasi. Sangat mustahil ada orang mampu bertahan kerja dalam jangka waktu lama bila tidak memiliki motivasi kerja.

Motivasi kerja bisa saja berasal dari hal sederhana. Misalnya saja untuk menambah penghasilan yang ada sebelumnya. Maupun dengan tujuan untuk mengembangkan skill serta menambah pengalaman baru.

Intinya setiap orang memiliki motivasi berbeda-beda, namun jangan sampai melewatkan untuk mempersiapkan motivasi kerja sebelum terjun langsung di dunia kerja.


3. Pengalaman atau Skill

Kadang kala memang ada pekerjaan yang mengharuskan calon karyawannya memiliki pengalaman kerja. Tetapi masih ada juga pekerjaan yang tidak menuntut pengalaman kerja, hanya saja mementingkan skill dari karyawan.

Bila memang anda belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka usahakan memiliki skill yang berkaitan dengan dunia kerja yang sudah dipilih sebelumnya. 

Melalui skill yang dimiliki maka semakin mudah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan setiap waktu pada anda.

Ketika sudah memiliki skill, maka untuk mendapatkan pengalaman kerja juga akan semakin mudah nantinya. Bahkan semakin banyak peluang kerja yang terbuka berkat skill yang anda miliki.

4. Belajar Adaptasi

Ketika masuk dunia kerja, jelas akan mengerjakan segala pekerjaan secara bersama. Beda lagi bila anda seorang freelance. Maka pekerjaan akan diselesaikan secara mandiri. 

Namun tidak akan pernah terjadi bila anda masuk dalam sebuah sistem seperti perusahaan maupun sistem lainnya.

Semakin banyak karyawan yang ada maka semakin dituntut juga anda untuk bisa beradaptasi satu sama lain. Adaptasi yang baik jelas akan mempengaruhi hasil kerja. 

Akan semakin mudah menyelesaikan pekerjaan secara bersama, maupun bertanya pada karyawan lainnya ketika tidak memahami suatu pekerjaan. Asal awalnya sudah dilakukan adaptasi dengan benar.

Namun pastikan juga adaptasi bisa disesuaikan dengan lawan bicara. Misalnya berkaitan dengan adaptasi antar karyawan yang beda usia, jabatan dan perbedaan lainnya. 

Semakin berbeda posisi umur maupun jabatan maka berbeda juga adaptasi yang dilakukan. Jadi sesuaikan masing-masing adaptasi seperti apa yang akan anda jalankan nantinya ditempat kerja.


5. Turunkan Ego

Hal yang tidak kalah penting lainnya untuk dipersiapkan sebelum masuk dunia kerja, yakni berkaitan dengan ego. Ketika sebuah perusahaan atau tempat kerja jenis lainnya memiliki karyawan lebih dari satu, jelas akan ada perbedaan pendapat maupun ego.

Sedikit sulit memang untuk terus menurunkan ego sendiri ketika berada di dunia kerja. Namun hal ini perlu dilakukan. Ada banyak hal yang bisa didapatkan ketika sudah mampu menurunkan ego sendiri ketika berada di dunia kerja. 

Diantaranya mampu menjalin hubungan antar karyawan, atasan dan lainnya berjalan dengan baik.
Menurunkan ego bukan hanya berkaitan selalu mengalah akan orang lain. Tetapi menurunkan ego juga salah satu cara untuk menyatukan pendapat guna bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Jadi ada baiknya tidak memaksakan ego sendiri bila memang ingin menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang sudah diberikan.


6. Pengaturan Jadwal

Poin terakhir yang perlu diperhatikan sebelum masuk dunia kerja yakni berkaitan dengan pengaturan jadwal. Anggap saja anda masih seorang anak muda, jelas akan ada kegiatan luar lainnya terlepas dari pekerjaan.

Ketika memiliki kegiatan luar, tentunya anda harus bisa menyesuaikan jadwal pekerjaan dengan kegiatan luar. Pastikan pengaturan jadwal sudah benar agar tidak mengganggu pekerjaan anda nantinya. 

Dari beberapa poin yang sudah disampaikan, semoga anda bisa memiliki persiapan matang sebelum masuk dunia kerja. Ketika sudah menerapkan beberapa poin di atas, bisa dipastikan anda termasuk salah satu kalangan yang sudah siap masuk dunia kerja.