Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengatasi Laptop Lemot Dalam Hitungan Menit




Mengatasi Laptop Lemot

Laptop sebenarnya bukan lagi perangkat baru untuk saat ini. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya kalangan yang menggunakan perangkat laptop dengan berbagai macam kegiatan. 

Baik itu digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah, kantor, dan lainnya.

Perangkat laptop juga semakin memudahkan semua kalangan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Hanya saja hal tersebut harus didukung juga dengan laptop yang bisa berjalan normal, atau bukan laptop lemot.

Bagi anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi laptop lemot, anda sudah berada pada tempat yang benar. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana mengatasi laptop lemot dalam hitungan menit.

Simak lebih lanjut terkait mengatasi masalah pada laptop anda, yakni dengan membaca artikel ini hingga selesai. Dikarenakan bisa menjamin laptop anda akan bebas dari masalah loading lama atau lemot.

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Dalam Hitungan Menit

1. Restart Laptop

Pada semua operasi sistem, sebenarnya sudah disediakan beberapa pilihan menu selain shutdown. Diantaranya terdapat Sleep, Hibernate, Restart dan lainnya. 

Sekalipun sudah memiliki fungsi masing-masing, ternyata masih banyak yang kurang memahami hal tersebut terlebih lagi dengan kegunaan menu Restart.

Menu restart sebenarnya memiliki manfaat yang cukup besar, terlebih lagi bila anda ingin mengatasi permasalahan lemot pada laptop. 

Penggunaan menu restart ini akan lebih baik digunakan ketika perangkat laptop digunakan dalam waktu yang cukup lama. Baik itu menjalankan program berat maupun program komputer ringan sekalipun.

Melakukan restart pada laptop bisa dikatakan salah satu solusi tercepat untuk mengatasi permasalahan laptop lemot. Maka lakukan hal tersebut bila memang saat ini laptop anda mengatasi permasalahan tersebut.


2. Kurangi Aplikasi Tidak Penting

Memiliki aplikasi lengkap memang diperlukan. Terlebih lagi aplikasi tersebut bisa mendukung pekerjaan yang sedang dilakukan. 

Namun perlu diketahui juga bila aplikasi yang terlalu banyak juga bisa menjadi salah satu penyebab dari laptop lemot.

Maka dari itu ada baiknya hanya memasang aplikasi yang diperlukan saja. Bila memang aplikasi jarang digunakan, coba anda hapus saja dari perangkat laptop tersebut. 

Hal ini berguna untuk mengantisipasi tidak terjadinya loading lama atau laptop lemot.


3. Defrag Laptop Secara Berkala

Defrag pada dasarnya sangat berguna mengatasi permasalahan pada hard disk. Namun melakukan defrag pada laptop juga berguna untuk mengatasi laptop lemot. 

Dengan defrag ini nantinya kinerja hard disk akan semakin baik, dan mengurangi banyaknya cache maupun perintah yang tertinggal dalam hard disk. 

Kemudian berguna juga untuk mengetahui kerusakan perangkat keras hard disk laptop.


4. Hindari Multitasking Terlalu Banyak

Ada kalanya pengguna laptop harus melakukan multitasking. Terlebih bila laptop sedang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya saja dengan membuka aplikasi lebih dari satu. 

Namun multitasking pada laptop juga tidak pasti dilakukan setiap waktu. Maka dari itu lebih baik membuka aplikasi yang digunakan saja dalam satu waktu. Hal ini berguna untuk mengatasi laptop lemot nantinya.

Cara ini terlihat sederhana, namun sangat sering dilupakan oleh pengguna laptop, bahkan sering kali dilakukan berulang kali dengan beranggapan tidak mempengaruhi kinerja laptop. 

Padahal tindakan ini sangat berpengaruh pada performa laptop ketika digunakan.


5. Gunakan Laptop Dengan Waktu Normal

Sekalipun perangkat laptop diciptakan bisa digunakan pada waktu yang cukup lama, namun kenyataannya perangkat tersebut juga memerlukan waktu untuk istirahat layaknya manusia. 

Fungsinya tentu tidak lepas dari mendinginkan perangkat yang ada dalam laptop tersebut, serta bisa menjaga performa laptop tidak menurun terlebih lagi mengalami permasalahan lemot atau loading lama. 

Ada baiknya mematikan laptop anda bila memang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya saja sudah digunakan dalam waktu seharian. Tentunya bisa mengurangi risiko terjadinya kerusakan lebih parah lagi terlepas dari permasalahan lemot.


6. Tambah Kapasitas Perangkat Keras

Ketika anda sudah menjalankan beberapa poin yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hal lain yang bisa dilakukan guna mengatasi laptop lemot yakni menambah kapasitas perangkat keras laptop tersebut. 

Beberapa perangkat keras yang bisa ditambah kapasitasnya diantaranya, RAM, Hard disk, serta bisa juga upgrade processor bila memang laptop yang digunakan mendukung tindakan tersebut.

Dengan adanya penambahan perangkat keras laptop berarti berusaha memberikan kinerja lebih cepat lagi. Kemudian mencegah laptop mudah mengalami loading lama.

7. Install Ulang Laptop

Poin terakhir ini sebenarnya bisa dikatakan tindakan terakhir. Terlebih bila sudah menjalankan beberapa poin sebelumnya namun laptop tetap lemot. Dengan adanya install ulang operasi sistem, berarti mengembalikan OS pada posisi awal. 

Ketika laptop sudah dilakukan install ulang, jelas permasalahan loading lama tidak akan dialami lagi, selagi semua perangkat keras dalam laptop masih berjalan dengan normal atau tidak mengalami permasalahan atau masih layak digunakan.

Baca juga artikel terkait:

  1. Notebook yang cocok untuk kebutuhan harian
  2. Notebook pilihan gaming dan multimedia
  3. Mengenal processor AMD Ryzen

Itulah beberapa cara yang bisa langsung diterapkan pada laptop anda, bila memang saat ini laptop yang digunakan mengalami loading lama atau lemot. 

Dengan tujuh poin di atas sudah cukup untuk mengatasi permasalahan yang dialami hingga tuntas. Selanjutnya giliran anda menerapkan semua poin di atas agar mendapatkan performa laptop lebih maksimal.