Mengenal Iklan PPC Dan Cara Kerja Pemasaran Secara Berbayar
Apakah itu PPC? Bagaimana sistem kerja PPC? Serta bagaimana menerapkan PPC sampai menghasilkan uang?
Pembahasan ini akan menjelaskan semua hal berkaitan dengan pertanyaan tersebut. Artikel ini dibuat berdasarkan pertanyaan yang diajukan sahabat saya beberapa hari lalu.
Dari hal tersebut saya berniat membagi kepada audiens semua tentang PPC.
Mari kita mulai dengan hal yang paling mendasar.
Apakah Itu PPC?
PPC sering juga disebut dengan ( Pay-per-click). Istilah ini paling sering didapatkan pada iklan AdSense. Bahkan sering digunakan pengelola website. Baik itu website bersifat free maupun sudah TLD (Top level domain).
Ketika iklan yang ditampilkan mendapatkan klik dari audient maka PPC secara otomatis terhitung. Semakin banyak yang klik iklan maka semakin besar kemungkinan mendapatkan bayaran.
Namun PPC yang dihitung hanya yang bersifat sah. Bukan dilakukan klik secara mandiri. Dengan kata lain klik iklan sendiri pada website anda.
Iklan PPC juga bertujuan untuk mengarahkan semua audient untuk melakukan klik. Serta langsung diarahkan pada website dari pengiklan.
Bagaimana Cara Kerja PPC Berbayar
Apabila ada tempat iklan di halaman mesin pencari (SERP). maka pelelangan instan pasti terjadi pada sebuah kata kunci.
Faktor yang termasuk yakni jumlah tawaran, kualitas iklan. Serta pemenang yang muncul teratas SERP.
Dari lelang tersebutlah selalu terjadi pergerakan maupun perubahan dari PPC.
Pelelangan tersebut dimulai ketika ada audient mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu. Bila kata kunci mampu menarik perhatian pengiklan. Maka secara otomatis akan ditampilkan iklan yang relevan pada website tersebut.
Paling sering iklan menggunakan Google Ads. Bahkan digunakan untuk menentukan iklan. Diantaranya jenis iklan yang muncul maupun kapan waktu iklan tersebut ditampilkan.
Kata Kunci
Kata kunci terletak di pusat PPC akan menghubungkan pengiklan pada permintaan audient.
- Kueri – Merupakan kata aktual yang sudah diketik audient. Yakni pada kolom pencarian mesin Google.
- Kata Kunci – Hal ini berkaitan dengan pemilihan kata kunci oleh pengelola website. Misalnya bertujuan untuk menargetkan audient. Dengan kata lain kata kunci yang dirancang dengan volume pencarian besar.
Kata kunci memiliki pengaruh yang besar pada hasil pencarian. Semakin baik menentukan kata kunci maka semakin besar mendatangkan audient.
Selain pemilihan kata kunci yang tepat. Reputasi sebuah website juga memiliki pengaruh untuk mendukung hal tersebut.
Jenis Iklan
Bila anda sudah menyiapkan kata kunci dengan riset mendalam. Anda juga perlu melakukan persiapan kampanye untuk iklan anda.
Hal tersebut terletak dalam sebuah group iklan. Yakni menargetkan kata kunci yang sudah ditemukan sebelumnya.
Iklan biasanya berbentuk seperti berikut:
- Merupakan berita utama
- URL
- Deskripsi
Iklan bisa saja muncul di bagian atas maupun bagian bawah halaman. Bisa muncul sesuai pengaturan yang anda lakukan. Bahkan muncul secara otomatis bila memang memilih setting otomatis.
Pada Google Ads dan Bing Ads. Sudah disediakan ekstensi iklan bertujuan meningkatkan tampilan sebuah iklan. Diantaranya sebagai berikut:
- Ekstensi Berupa Sitelink – Mengisi iklan dengan berbagai tautan pada halaman situs.
- Ekstensi Berupa Panggilan – Memunculkan nomor telepon pada iklan selam jam kerja.
Ekstensi iklan yang bagus bila meningkatkan visibilitas iklan. Diantaranya membuat iklan lebih menarik untuk audient bahkan menampilkan lebih banyak informasi.
Anggaran Maupun Tawaran
Bila anda ingin berpartisipasi dalam pelelangan. Maka anda perlu membuat keputusan berapa banyak yang dibelanjakan untuk kata kunci tertentu. Lakukan hal tersebut menggunakan:
- Anggaran – Merupakan tingkat kampanye
- Tawaran – Tingkat grup iklan dan kata kunci
Anggaran akan ditetapkan pada tingkat kampanye bahkan dapat dilampaui setiap hari. Namun tidak akan melebihi anggaran setiap bulan.
Anggaran harus anda sesuaikan dengan strategi yang sudah ditetapkan sebelumnya. namun tawaran merupakan cara yang lebih baik untuk mengendalikan pengeluaran.
Semua group iklan memiliki tawaran. Namun tawaran tingkat kata kunci akan mengesampingkan tawaran tingkat group iklan.
Memahami Peringkat Iklan
Kemungkinan lebih besar memenangkan lelang bila dibandingkan dengan memberi tawaran tinggi.
Mesin pencari akan menentukan beberapa faktor untuk memberikan iklan. Terutama iklan yang dikhususkan ketika berada pada posisi teratas SERP. Jelasnya posisi SERP website mempengaruhi jenis iklan yang ditampilkan.
Pertimbangan yang sering dilakukan mesin pencari pada hal berikut:
- Melihat jumlah tawaran
- Relevansi serta kualitas iklan
- Konteks pada pencarian. (dinilai juga dari perangkat yang digunakan pengguna. Terlebih ketika menelusuri website)
- Format yang digunakan.
Perhatikan relevansi iklan. Semakin tinggi skor kualitas maka semakin rendah BPK iklan tersebut.
Mesin pencari akan memberikan sanksi. Terutama jika kata kunci dengan kualitas rendah bahkan jarang menampilkan iklan.
Maka dari itu diperlukan memiliki salinan iklan menarik serta relevan. Yakni yang mencakup kata kunci dengan volume pencarian tinggi.
Pastikan website yang anda miliki relevan dengan audient. Diantaranya loading yang cepat serta memberikan semua informasi berguna untuk audient.
Penargetan Iklan
Bila kata kunci yang ditargetkan memiliki volume pencarian tinggi. Maka semakin besar kemungkinan iklan akan tampil pada website. Iklan yang tampil juga relevan dengan audient anda.
Berikut ini opsi penargetan kampanye yang bisa dilakukan. Diantaranya:
- Alat
- Lokasi
- Hari beserta waktu
- Demografis
Opsi penargetan di atas sangat berharga. Semua itu dikarenakan salinan iklan yang berbeda. Mungkin juga bekerja lebih baik pada satu kelompok audient daripada yang lainnya.
Konversi
Perlu diperhatikan. Semua tindakan yang sudah dilakukan bukan hanya bertujuan mendapatkan klik iklan.
Semua itu bertujuan untuk mendapatkan sebuah konversi.
Konversi tersebut merupakan tindakan dari pengiklan. Yakni ingin melihat pengguna menyelesaikan klik iklan. Bergantung pada jenis bisnis yang dibuat iklan.
Konversi umum yang sering dilakukan yakni:
- Membeli sebuah layanan
- Mendaftar apabila ingin mendapatkan sebuah buletin
- Menempatkan panggilan telepon
Bagi anda yang sedang menggunakan iklan berbayar PPC. Maka lakukan pelacakan konversi. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kinerja kampanye PPC. Terutama yang sudah dibuat sebelumnya.
Gunakan layanan Google Analytic bila ingin melakukan konversi. Bahkan bisa memahami konversi apa yang didapatkan dalam website anda.
Itulah sekilas tentang PPC dan cara kerja iklan berbayar. Semoga bisa menambah pemahaman anda. Ada banyak manfaat didapatkan menggunakan iklan PPC.
Bila artikel ini masih kurang jelas, admin memohon maaf.
Trims.