Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menyembunyikan Run Pada Komputer

windows run

Fasilitas Run di komputer atau windows adalah memberikan kemudahan bagi para pengguna komputer untuk mencari atau menjelajai data tertentu yang ingin dicari.

Dengan adanya menu Run, pengguna bisa mengetikkan nama aplikasi atau registry sehingga hal yang dicari langsung ditemukan.

Tetapi jika kita mempunyai data penting yang tidak ingin dilihat atau diganti oleh orang lain, misalnya komputer digunakan untuk fasilitas warnet. 

Maka menyembunyikan RUN pada komputer harus dilakukan. Hal ini bisa menjaga keamanan komputer serta data yang terdapat didalamnya.

Apabila sesorang sudah familiar denga menu RUN ini, maka banyak hal yang bisa dilakukan baik hal yang positif maupun yang berbau negatif.

Misalnya mengubah system32 pada komputer, jika hal itu terjadi maka bisa membuat komputer atau windows tidak akan bekerja dengan sempurna sebagai mana mestinya.


Untuk proses disable RUN pada komputer silahkan simak caranya dibawah ini:
  1. Buka registry editor
  2. akses/buka key 
    (HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer) 
  3. Buat value DWORD baru dengan nama NoRUN. 
  4. Ganti nilainya menjadi 1
  5. Kemudian klik ok
  6. Setelah selesai, restart komputer kalian dan lihathasilnya. Jika tahap yang dilakukan sudah benar, maka menu RUN pada komputer akan tersembunyi

Jika ingin mengembalikannya ke pada data sebelumnya, hapus DWORD yang barusan dan restart komputer maka menu RUN akan muncul kembali.

Sangat disarankan untuk Backup registry terlebih dahulu, karena jika terjadi eror maka bisa mengembalikan registry ke posisi awal.

Sekian artikel saya kali ini, admin berharap bisa membantu kalian semua, Terimakasih